home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Perubahan Tubuh yang Muncul Pada Menstruasi Pertama Anak Perempuan

Perubahan Tubuh yang Muncul Pada Menstruasi Pertama Anak Perempuan

Menarche atau menstruasi pertama adalah salah satu tanda bahwa anak perempuan sudah memasuki usia puber. Sebelum anak perempuan mengalami menarche, juga sudah terjadi berbagai perubahan fisik dan mental sebagai persiapan anak perempuan menuju remaja. Apa saja perubahannya?

Kapan anak perempuan mengalami menstruasi pertama?

Menstruasi pertama atau menarche biasanya terjadi antara usia 11 sampai 14 tahun. Namun, ini bisa terjadi lebih awal, yaitu pada usia 9 tahun, atau juga dapat lebih lambat, yaitu pada usia 15 tahun atau lebih.

Perbedaan waktu menarche antar anak perempuan ini normal terjadi karena banyak faktor yang dapat memengaruhi menarche. Misalnya pola makan, aktivitas fisik, dan stres. Sebaiknya anak perempuan tidak perlu merasa dirinya tidak normal atau malu jika ia sudah lebih dulu atau ia belum mendapatkan menarche dibandingkan dengan teman sebayanya yang lain.

Pada menstruasi pertama, biasanya menstruasi terjadi secara tidak teratur. Menstruasi baru akan mulai teratur memasuki tahun kedua. Pada menstruasi yang terjadi di tahun-tahun awal juga biasanya lebih lama berlangsung dan lebih banyak.

Periode menarche atau menstruasi biasanya akan berlangsung selama 3 sampai 7 hari setiap bulannya. Namun, jangan khawatir, menstruasi setiap bulan tidak akan menghalangi Anda untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Perubahan tubuh yang terjadi saat menstruasi pertama

Seiring dengan mulainya menstruasi pertama, tubuh Anda mulai mengalami perubahan. Perubahan yang mulai terjadi yaitu payudara yang membesar, tumbuhnya rambut kemaluan, dan rambut ketiak. Pinggul Anda juga mulai melebar. Menarche juga berarti jika Anda berhubungan seks, Anda bisa hamil. Anda bahkan bisa hamil di bulan sebelum menstruasi pertama dimulai.

1. Keputihan

Beberapa bulan sebelum menstruasi pertama atau menarche, anak perempuan biasanya mengalami keputihan. Hal ini adalah gejala yang normal terjadi sebagai persiapan untuk terjadinya menstruasi pertama. Kemudian, pada saat sistem reproduksi anak perempuan sudah matang, Anda akan mengalami menstruasi pertama.

2. Muncul flek

Pada saat menarche, anak perempuan akan menemukan darah di celana dalamnya. Darah ini keluar dari vagina. Darah ini berwarna kecoklatan dan baru keluar dalam jumlah sedikit pada beberapa hari pertama menarche, kemudian akan berubah menjadi merah dan jumlahnya bertambah banyak pada hari-hari berikutnya. Pada saat ini, anak perempuan harus memakai pembalut untuk membantu menampung darah yang keluar.

3. Perubahan emosi

Sebelum mendapat menstruasi pertama, mungkin anak perempuan akan merasa lebih tegang dan emosional. Anda menjadi lebih mudah marah atau lebih mudah menangis dari biasanya tanpa alasan yang jelas. Ini wajar karena tubuh Anda sedang mengalami perubahan hormon yang akhirnya memengaruhi kondisi emosional Anda.

4. Perubahan fisik lain yang menyertai atau mendahului menarche

Perkembangan payudara mungkin dimulai antara usia 8 sampai 13 tahun dan berlanjut sampai masa pubertas. Perkembangan payudara dimulai dengan daerah datar di sekitar puting susu yang menjadi membesar dan beberapa jaringan payudara terbentuk di bawah puting susu. Saat perkembangan payudara selesai, masing-masing payudara dan areola tidak lagi nampak bengkak. Payudaranya mungkin juga menjadi lebih sensitif. Hal ini biasanya disebut dengan premenstrual syndrome (PMS).

Selain itu, sebelum atau saat menarche, Anda juga akan mengalami lonjakan pertumbuhan tinggi badan, yang kadang juga disertai dengan kenaikan berat badan.

Penambahan berat badan ini normal dan merupakan bagian dari pubertas. Tanpa mendapatkan berat badan ini, Anda tidak bisa tumbuh lebih tinggi, mengembangkan payudara, atau mendapatkan menstruasi pertama Anda.

Rambut di ketiak Anda juga mulai tumbuh, dan kelenjar penghasil minyak juga mulai berkembang. Maka tak jarang saat masa menuju menstruasi pertama, Anda mulai berjerawat saat kelenjar ini tersumbat. Beberapa anak perempuan juga mungkin mengalami jerawat saat menstruasi pertamanya.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Menarche http://www.womens-health-advice.com/menstruation/menarche.html diakses 15 Februari 2018.

All About Menstruation https://kidshealth.org/en/teens/menstruation.html# diakses 15 Februari 2018.

Normal Menstrual Cycle – Menarche and the Teenage Menstrual Cycle https://www.webmd.com/women/tc/normal-menstrual-cycle-menarche-and-the-teenage-menstrual-cycle diakses 15 Februari 2018.

Puberty: Changes for Females http://www.pamf.org/teen/health/puberty/girlschanges.html diakses 15 Februari 2018.

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh Andisa Shabrina
Tanggal diperbarui 04/03/2018
x