Perkembangan Bayi 20 Bulan yang Perlu Anda Ketahui

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Perkembangan & Perilaku

Bagaimana perkembangan bayi 20 bulan atau 1 tahun 8 bulan?

Ketika anak menginjak usia 20 bulan atau 1 tahun 8 bulan, umumnya sudah memiliki kemampuan beberapa hal, yaitu:

  • Berlari
  • Melempar dan menendang bola
  • Berusaha melompat
  • Menaiki anak tangga
  • Bisa mengatakan dua kata
  • Menunjuk satu gambar dan menyebutkannya
  • Mengenal anggota tubuh
  • Bicara mulai jelas

Kemampuan motorik kasar

Anak Anda semakin banyak tingkah? Perkembangan bayi 20 bulan atau bayi 1 tahun 8 bulan memang membuat anak semakin aktif. Grafik milestones Denver II menunjukkan bahwa anak mulai lancar untuk berlari, menaiki anak tangga, menendang dan menangkan bola.

Kemampuan motorik halus

Si kecil sering asyik menyusun balok? Ini adalah salah satu kemampuan motorik halus dalam perkembangan bayi 20 bulan atau bayi 1 tahun 8 bulan. Dalam grafik milestones Denver II, bayi 20 bulan sudah mampu menyusun 2-4 balok dan lempar barang. Beberapa anak bahkan ada yang mulai berusaha menyusun 6 balok.

Kemampuan komunikasi dan berbahasa

Si kecil semakin cerewet? Grafik milestones Denver II Perkembangan bayi 20 bulan atau 1 tahun 8 bulan yang berjalan dengan baik, anak mulai bisa menggabungkan dua kata. Jumlah kata yang diucapkannya juga semakin banyak, setidaknya ada 6 kata yang sudah bisa diucapkan dengan jelas. Si kecil juga mulai belajar untuk mengenal dan mengucapkan anggota tubuhnya. 

Tidak hanya itu, dalam perkembangan bayi 1 tahun 8 bulan, anak Anda akan sangat ingin tahu dengan buku. Ini adalah cara yang tepat untuk mendorongnya membaca bahkan anak dapat mempunyai buku favorit yang ia ingin Anda bacakan. 

Ketika sedang membaca buku, ia bisa menunjuk beberapa gambar yang terlihat di sana.  Ini tanda yang baik akan perkembangan kemampuan komunikasi dan kognitifnya.

Kemampuan sosial dan emosional

Pernah melihat si kecil memukul atau mendorong temannya? Ini adalah salah satu tahap perkembangan bayi 20 bulan atau 1 tahun 7 bulan. Melansir dari Babycenter, sikap tersebut merupakan salah satu respon kemampuan sosial dan emosional anak.

Saat anak Anda melakukan hal tersebut, jangan beri reaksi berlebihan seperti memarahinya. Berikan pengertian secara pelan namun tegas, bahwa hal yang dilakukannya adalah salah. Meski sulit, ini cara yang baik agar si kecil memahami apa yang boleh dan tidak untuk dilakukan.

Selain itu, perkembangan bayi 20 bulan terlihat dari kemampuannya untuk memakai sendok dan garpu sendiri ketika sedang makan, belajar mencuci tangan dengan air dan sabun sendiri, berusaha membantu pekerjaan rumah, dan menyikat gigi sendiri. Semakin besar, anak akan belajar bagaimana cara untuk mandiri.

Bagaimana cara membantu perkembangan bayi 20 bulan?

Perkaya kosakata anak dengan membacakan buku cerita

Cara terbaik memperkaya kosakata anak adalah membacakan buku cerita ketika waktu luang.  Anda bisa membuat jadwal waktu baca sebelum tidur. Ini adalah cara yang tepat untuk menenangkan anak sebelum tidur. Anda juga dapat menggabungkan waktu baca dengan waktu bermain, sebelum tidur siang, atau bahkan saat buang air besar.

Anda dapat memilih beberapa jenis buku seperti buku sajak atau buku menamakan gambar. Anda juga dapat membawa anak Anda ke toko buku dan melihat jenis buku apa yang ia dekati. Libatkan anak Anda dalam memilih buku. Ini akan menambah kesenangannya.

Dalam perkembangan bayi 20 bulan, anak mulai mulai lebih mandiri. Ia mungkin akan mulai berteriak “Aku saja yang melakukan” atau “Aku sendiri!” Anda dapat mendukung anak Anda dengan memberinya pekerjaan rumah ringan seperti meletakkan sendok kotor di wastafel atau membersihkan tumpahannya sendiri.

Ini akan membuatnya merasa penting. Selalu berikan pujian pada setiap hal yang dilakukannya, sempurna ataupun tidak: “Wow, terima kasih sudah menaruh sendok kotornya!” Cara tersebut mampu meningkatkan perkembangan bayi 20 bulan atau 1 tahun 8 bulan yang sedang aktif-aktifnya.

Kesehatan & Keamanan

Apa yang harus saya diskusikan dengan dokter di perkembangan bayi 20 bulan?

Kunjungan kontrol selanjutnya mungkin bukan bulan ini. Anda hanya harus pergi ke dokter jika Anda tidak datang kontrol di usia 18 bulan atau jika ada keperluan darurat. Jika anak Anda aktif dan sehat, Anda dapat menunggu hingga kontrol berikutnya di usia 24 bulan.

Sebagai orang tua, terkadang Anda bingung menentukan kapan waktunya ke dokter. Ada beberapa tanda bahaya yang membuat Anda perlu berkonsultasi dengan dokter, dilansir Babycenter:

  • Tidak berinteraksi dengan orang lain saat bermain (misalnya, menunjuk sesuatu, memberi mainan, atau bereaksi terhadap sesuatu)
  • Tidak mengenali orang atau gambar ketika diperlihatkan gambar atau foto
  • Tidak terlibat dalam permainan peran. Misalnya, menyuapi boneka, mengaduk makanan, atau menyisir rambut.

Apa yang harus saya ketahui di perkembangan bayi 20 bulan?

Menjaga gigi anak Anda adalah hal yang penting. Pasta gigi yang mengandung fluoride tidak dianjurkan hingga minimal usia 2 tahun. Alasannya adalah anak usia ini belum tahu cara meludah. Sangat berbahaya jika ia menelan terlalu banyak fluoride. Anda dapat menemukan pasta gigi yang tidak mengandung fluoride. Banyak orangtua kesulitan mengajak anak menggosok giginya. Berikut beberapa tip yang dapat membantu:

  • Biarkan anak mengikuti gaya Anda. Gosok gigi bersama dengan anak sehingga ia juga dapat menggosok giginya. Ini dapat menjadi kegiatan favorit yang kalian lakukan bersama.
  • Lakukan meludah secara berlebihan. Banyak balita senang melakukannya saat ia sudah mahir. Tunjukan padanya cara berkumur lalu mengeluarkannya – dan biarkan ia berlatih sebanyak yang ia mau.
  • Biarkan ia berdiri di anak tangga jadi ia dapat bercermin. Lalu hitung gigi bersama saat menggosoknya.
  • Sikat gigi berbaterai atau bermusik dapat menarik anak yang enggan menggosok gigi.
  • Sikat gigi yang kecil dan lembut adalah sikat paling nyaman.

Tip ini dapat membantu anak Anda mulai menggosok gigi sendiri.

Perhatian saya

Apa yang harus saya perhatikan dalam perkembangan bayi 20 bulan?

Di usia 1 tahun 8 bulan, anak mulai sering menolak dan tidak selalu menuruti keinginan Anda. Kondisi ini wajar karena anak belum belajar tentang pengendalian diri. Bila si kecil merengek ingin bermain di tempat yang menurut Anda tidak aman, bawa ia keluar atau pergi ke tempat yang lebih aman, lalu beri pengertian bahwa tempat sebelumnya berbahaya bila dipakai bermain.

Kecemasan berikutnya adalah kata-kata yang dimiliki si kecil, apakah bertambah atau tidak. Kalau jeli, sebenarnya anak sering mengucapkan kata sambil menunjuk benda tersebut. Anda bisa mengucapkan nama benda atau sesuatu yang ingin diucapkan anak. Anda juga bisa mengajaknya berjalan lalu menunjuk sesuatu yang ada di sekeliling. Misalnya, motor, mobil, pohon, burung, daun. Biarkan dan beri waktu si kecil mengikuti ucapan Anda.  Cara ini bisa dipakai agar anak bisa mengungkapkan apa yang ada di pikirannya.

Tak sabar untuk melihat apa yang ia dapat lakukan di usia 21 bulan!

Sumber
Yang juga perlu Anda baca