Perkembangan Balita 60 Bulan atau 5 Tahun

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Perkembangan Balita Usia 60 Bulan

Bagaimana seharusnya perkembangan balita 60 bulan atau 5 tahun?

Selamat, anak Anda genap berusia 5 tahun! Umumnya pada masa perkembangan balita 60 bulan atau 5 tahun, kemampuan anak meliputi:

  • Menyeimbangkan tubuh selama 1-6 detik dengan mengangkat satu kaki.
  • Jungkir balik dan melompat.
  • Memanjat.
  • Mampu menggambar manusia dengan bagian tubuhnya (misalnya kepala, tangan, kaki, jari, telinga, mulut, mata, hidung).
  • Meniru atau menyalin bentuk gambar orang lain (misalnya segitiga, kotak, lingkaran).
  • Mampu memakai sendok garpu sendiri.
  • Mengulang cerita yang didengar.
  • Membuat kalimat terdiri dari 5 kata.
  • Menyikat gigi sendiri.
  • Menyiapkan sarapan sendiri.
  • Melepaskan dan memakai pakaian sendiri.
  • Menunjuk dan mengucapkan 1-6 jenis warna.

Kemampuan motorik kasar

Dilihat dari grafik Denver II, perkembangan balita 60 bulan atau 5 tahun dari aspek motorik kasar, tampak anak semakin aktif bergerak. Ia akan banyak berlari, memanjat, melompat di tempat.

Si kecil juga sudah mampu menyeimbangkan tubuh selama 1-6 detik dengan mengangkat satu kaki, melompat-lompat seperti kelinci, bahkan sampai jungkir balik.

Anda mungkin merasa si kecil terlalu banyak gerak dan terkesan pecicilan. Namun, hal ini sebenarnya termasuk dalam perkembangan motorik kasar anak. Biarkan anak aktif bergerak, tapi tetap dengan pengawasan.

Melihat gerakan anak yang semakin lincah, tentu Anda merasa khawatir dengan keamanannya. Ini termasuk ke dalam perkembangan balita 60 bulan atau anak 5 tahun. Tidak perlu sampai melarang, awasi anak dari jauh dan ajak anak bermain di tempat yang aman.

Kemampuan motorik halus

Bagaimana cara mengetahui kemampuan motorik halus di perkembangan balita 60 bulan atau anak 5 tahun, dalam keadaan baik? Semua terlihat dalam grafik Denver II, yaitu gambar anak tidak lagi berupa coretan, tapi lebih terlihat bentuknya. 

Bahkan, di perkembangan balita 60 bulan, anak mampu meniru atau menyalin gambar orang lain, seperti bentuk kotak, segitiga, lingkaran, kerucut, dan lainnya.

Bahkan, si kecil juga sudah bisa menggambar orang, lengkap dengan bagian tubuhnya. Anda akan melihat si kecil bisa menggambar kepala, tangan, kaki, telinga, rambut, mata, hidung, dan mulut. 

Selain itu, perkembangan balita 60 bulan bergerak lebih baik ditandai ketika anak sudah bisa menyusun balok menjadi menara dengan memakai 5-9 buah balok. Kreativitas anak semakin terasah dalam perkembangan anak 5 tahun.

Kemampuan bahasa dan komunikasi

Di usia perkembangan balita 60 bulan atau 5 tahun, apakah anak Anda banyak bertanya banyak hal yang sering kali sulit dijelaskan dengan sederhana?

Semakin anak sering bertanya, sebenarnya itu tanda bahwa kemampuan bahasa anak semakin baik. Saat ini, pelafalan anak juga semakin jelas dan mudah dimengerti.

Lauren Krause, Kepala Patologi Bahasa-Bicara di Rumah Sakit Anak La Rabida Chicago menjelaskan bahwa di perkembangan balita 60 bulan, si kecil Anda sudah bisa mengekspresikan diri dengan lebih jelas. 

Di perkembangan balita 60 bulan atau 5 tahun, si kecil sudah bisa menceritakan kembali kisah yang didengarnya, lalu menyusun kalimat yang membuat anak lebih dimengerti. 

“Di usia ini, anak juga mulai proses membaca, jadi penting untuk membacakan anak cerita dan melatih kemampuan baca sendiri,” jelas Krause. 

Apa yang dijelaskan Krause sejalan dengan grafik Denver II, dalam perkembangan balita 60 bulan atau 5 tahun dari segi kemampuan bahasa, si kecil sudah mengerti penempatan kata dan merangkai kalimat dengan 5 kata. Anak juga sudah bisa menyebutkan dan menunjukkan 1-6 jenis warna.

Kemampuan sosial dan emosional

Kemandirian anak semakin terlihat dalam perkembangan balita 60 bulan atau anak 5 tahun. Ia semakin mahir untuk melakukan kegiatan sendiri. Sebagai contoh, ia sudah bisa menyiapkan sarapan, melepas dan memakai pakaian, bermain papan interaktif, mampu memahami peraturan dalam permainan.

Menurut Childmind, anak juga sudah memiliki kesukaan dengan menyanyi, menari, dan berakting. 

Tidak perlu heran kalau anak Anda sudah cukup kooperatif saat bermain dengan temannya. Di perkembangan balita 60 bulan atau 5 tahun, ia sudah bisa mengerti bahwa ada orang lain yang harus dipedulikan. Meskipun, di perkembangan balita 60 bulan, tidak jarang pula si kecil egois dan ingin menang sendiri.

Bagaimana cara membantu perkembangan balita 60 bulan atau 5 tahun?

Anda ingin membantu perkembangan balita 60 bulan atau 5 tahun agar bergerak positif? Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar pertumbuhan anak Anda tetap dalam keadaan baik.

Ajak menggambar sebagai sarana melampiaskan emosi

Di perkembangan balita 60 bulan atau 5 tahun, emosi anak sedang meledak-ledak dan terkadang sulit dikendalikan. Melansir dari Verywellfamily, sangat penting untuk mengajarkan anak mengendalikan emosinya, seperti senang, sedih, marah, atau saat anak merasa stres.

Anda bisa mengajarkan kegiatan menggambar sebagai sarana melampiaskan emosi tersebut. Bila  kurang berpengaruh, ajak anak untuk menarik napas panjang agar emosi bisa lebih diredam. Ini mampu meningkatkan perkembangan balita 60 bulan atau 5 tahun.

Kesehatan Balita Usia 60 Bulan

Apa yang harus didiskusikan dengan dokter untuk perkembangan balita 60 bulan atau 5 tahun?

Di perkembangan balita 60 bulan, ada anak yang sudah mulai sekolah sehingga perkembangan anak Anda dan yang lain bisa terlihat. Memang perkembangan anak berbeda-beda, tapi Anda perlu waspada bila si kecil terlihat menunjukkan hal ini:

  • Tidak bisa fokus pada suatu kegiatan selama 5 menit.
  • Tidak merespon ketika diajak bicara.
  • Memiliki sikap yang ekstrim (misalnya, agresif, mudah marah, menangis, atau malu).
  • Tidak bisa membuat kalimat yang benar.
  • Tidak bisa menggambar.
  • Tidak bisa melakukan beberapa kegiatan sendiri (misalnya, menyikat gigi, mencuci dan mengeringkan tangan, melepas baju).
  • Kehilangan kemampuan yang sudah dimiliki sebelumnya.
  • Tidak bisa menyebutkan nama secara lengkap.
  • Tidak antusias saat diajak bermain interaktif dan imajinatif.

Bila anak Anda mengalami beberapa kondisi di atas, segera berkonsultasi dengan dokter agar segera ditangani. Dokter memiliki beberapa terapi untuk membantu perkembangan balita 60 bulan atau anak 5 tahun menjadi lebih baik.

Hal yang Harus Diperhatikan

Apa yang harus diperhatikan di perkembangan balita 60 bulan atau 5 tahun?

Dalam perkembangan balita 60 bulan atau perkembangan anak 5 tahun, Anda akan menyadari bahwa si kecil sudah tidak lagi memiliki pipi gembil atau tubuh yang berisi.

Melansir dari Verywellfamily, anak usia 5 tahun mulai kehilangan lemaknya dan mulai menambah otot. Jadi, jangan khawatir ketika si kecil tidak lagi menggemaskan dengan lemak yang banyak di tubuhnya, karena ini adalah hal wajar. Namun, tetap berikan asupan gizi terbaik untuk anak guna menunjang perkembangannya.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: November 25, 2019 | Terakhir Diedit: Januari 30, 2020

Sumber
Yang juga perlu Anda baca