Perkembangan Balita 51 Bulan atau 4 Tahun 3 Bulan

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 29/01/2020
Bagikan sekarang

Perkembangan Balita 51 Bulan

Bagaimana seharusnya perkembangan balita 51 bulan atau 4 tahun 3 bulan?

Pada perkembangan balita 51 bulan atau 4 tahun 3 bulan, kemampuan si kecil semakin bertambah. Umumnya ia sudah memiliki beberapa kemampuan, seperti:

  • Ucapan sudah sangat jelas dan mudah dimengerti.
  • Mampu menghitung balok yang sedang dimainkan.
  • Mengucapkan 1-4 jenis warna.
  • Mengerti 2-4 kata sifat dan merangkai dalam satu kalimat yang baik (misalnya, aku sangat lapar, ibu cantik sekali).
  • Menentukan kata yang ingin diucapkan.
  • Memakai pakaian sendiri.
  • Menyikat gigi sendiri tanpa bantuan orang lain.
  • Mampu bermain kartu dan papan.
  • Menyebutkan nama teman.
  • Menyiapkan sarapan sederhana, seperti sereal atau roti.

Kemampuan motorik kasar

Dalam perkembangan balita 51 bulan dari segi kemampuan motorik kasar, anak Anda semakin aktif bergerak dan semakin tidak bisa diam.

Pada grafik perkembangan anak Denver II, perkembangan balita  51 bulan atau 4 tahun 3 bulan, anak sudah mampu menyeimbangkan tubuh selama 1-6 detik dengan mengangkat satu kaki, berjalan dengan melompat, juga melompat di tempat seperti sedang bermain tali. Cara jalan si kecil juga semakin baik dengan telapak kaki menapak penuh ke lantai. 

Saat berlarian dan anak Anda menangkap bola juga termasuk perkembangan balita 51 bulan atau perkembangan anak 4 tahun 3 bulan dalam hal kemampuan motorik kasar. Di fase ini, Anda perlu pengamanan ekstra agar anak tidak terluka saat sedang berlari.

Kemampuan motorik halus

Apakah anak Anda senang menuangkan air ke dalam gelas? Centers for Disease Control and Prevention menjelaskan bahwa ini salah satu kemampuan motorik halus dalam masa perkembangan balita 51 bulan atau 4 tahun 3 bulan.

Selain itu, kemampuan anak menggambar juga semakin baik. Di usia ini, gambar si kecil tidak lagi berupa coretan, tetapi mulai membentuk. Ia juga sudah bisa meniru gambar yang Anda buat. Anda akan melihat anak mampu menggambar lingkaran, segitiga, kotak, tanda tambah. 

Bahkan pada masa perkembangan balita 51 bulan atau 4 tahun 3 bulan, anak perlahan mencoba menggambar orang-orangan dengan bentuk sederhana hanya kepala, tangan, dan kaki. 

Kemampuan bahasa dan komunikasi

Bertanya “kenapa” menjadi hobi anak di usia ini. Tidak mengherankan karena dalam perkembangan balita 51 bulan atau  4 tahun 3 bulan (perkembangan balita 51 bulan), kemampuan berpikir dan bahasa pada anak semakin baik.

Pada perkembangan anak usia 4 tahun 3 bulan, umumnya ucapan anak sudah sangat jelas dan dimengerti, ia tidak lagi berbicara dengan “bahasa bayi” yang masih belum jelas.

Selama masa perkembangan balita 51 bulan, anak Anda juga semakin mahir menghitung. Biasanya si kecil sudah bisa menghitung 1-5 balok yang dimainkannya dan menyebutkan 1-6 jenis warna.

Umumnya, si kecil akan mengenali warna-warna terang terlebih dulu, seperti warna merah, kuning, hijau, biru. Hal ini adalah tanda perkembangan balita 51 bulan atau 4 tahun 3 bulan dalam keadaan baik.

Kemampuan sosial dan emosional

Bagaimana perkembangan balita 51 bulan atau 4 tahun 3 bulan dari sisi kemampuan sosial dan emosional? Bila dilihat dari grafik perkembangan anak Denver II, di usia ini kemandirian anak semakin terlihat dan terasah. Anak sangat menikmati melakukan segala sesuatu sendiri.

Si kecil sudah mampu menyiapkan makanan sederhana seperti sereal dan roti, memakai pakaian, mencuci tangan dan mengeringkannya, bermain kartu dan papan interaktif, sampai menyikat gigi tanpa bantuan orang lain. 

Bila Anda melihat si kecil asyik bermain sendiri, biarkan dia tenggelam dalam imajinasinya.

Selain itu, dalam perkembangan anak 4 tahun 3 bulan, nak sedang menikmati melakukan sesuatu hal yang baru. Kreativitas anak juga semakin terasah dengan permainan yang dibuatnya sendiri.

Bagaimana cara membantu perkembangan balita 51 bulan atau 4 tahun 3 bulan?

Berikut cara yang dapat Anda lakukan untuk mendukung perkembangan balita 51 bulan atau 4 tahun 3 bulan:

Ajak anak bermain bersama teman-teman

Dalam perkembangan balita 51 bulan atau 4 tahun 3 bulan, bila anak Anda cenderung pendiam dan ingin melatih kemampuan sosialnya, Anda bisa mengajak si kecil bermain bersama teman-temannya di taman.

Anda dapat melakukan playdate bersama anak teman Anda yang sudah dikenal, sehingga pendekatannya lebih mudah.

Anak juga bisa belajar berinteraksi dengan teman sebaya, meski masih malu-malu atau sungkan. Tidak perlu buru-buru, beri waktu agar anak beradaptasi. Ini salah satu cara untuk meningkatkan perkembangan balita 51 bulan.

Bernyanyi untuk memperkaya kosakata anak

Di perkembangan balita 51 bulan atau 4 tahun 3 bulan, tidak hanya dengan membaca buku, anak bernyanyi juga bisa menjadi cara untuk memperkaya kosakata.

Melansir dari WebMD, di usia ini, anak sangat menikmati saat bernyanyi bersama atau sekadar bersenandung. Ketika bernyanyi, anak akan mengenal kosakata baru yang belum pernah didengarnya.

Variasikan nyanyian dengan gerakan tari sederhana yang enerjik karena di usia ini, ia sedang senang bergerak aktif dan Anda bisa memanfaatkannya. Ini salah satu cara untuk meningkatkan perkembangan balita 51 bulan atau 4 tahun 3 bulan.

Kesehatan Balita Usia 51 Bulan

Apa yang harus didiskusikan dengan dokter untuk membantu perkembangan balita 51 bulan atau 4 tahun 3 bulan?

Perkembangan balita 51 bulan atau 4 tahun 3 bulan memang berbeda, tidak bisa disamakan antara satu anak dengan yang lain. Ada anak yang perkembangannya cepat tapi ada juga yang lambat.

Meski demikian, Anda perlu hati-hati dan waspada ketika si kecil mengalami hal ini:

  • Tidak bisa melompat di tempat.
  • Tidak antusias atau tertarik dengan permainan interaktif.
  • Mengabaikan anak lain atau orang-orang yang berada di luar lingkungannya.
  • Tidak mau ke toilet, memakai baju, bahkan tidur.
  • Tidak bisa menceritakan dongeng anak atau kisah kesukaannya.
  • Tidak bisa mengikuti arahan yang sederhana (misalnya, menutup pintu, mengambilkan mainan).
  • Bicara masih tidak jelas.
  • Kehilangan salah satu kemampuan yang sudah dimiliki sebelumnya.

American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan skrining pada untuk perkembangan umum dan mendeteksi apakah anak Anda memiliki masalah. Biasanya, untuk pemeriksaan autisme dilakukan saat anak usia 18 – 24 bulan untuk membantu perkembangan balita 51 bulan.

Anda bisa bertanya pada dokter untuk dilakukan skrining, bila anak Anda mengalami beberapa hal di atas untuk membantu perkembangan balita 51 bulan atau 4 tahun 3 bulan.

Apa yang harus diketahui untuk perkembangan ba;ita 51 bulan atau 4 tahun 3 bulan?

Berbeda dengan usia sebelumnya yang emosi anak lebih meledak-ledak dan sulit dikendalikan, di masa perkembangan balita 51 bulan, anak sudah mampu mengontrol emosi dalam dirinya. Anak juga sudah mulai mengerti tentang perasaan orang lain. Apakah sedang sedih, kesal, marah, atau senang.

Melansir dari WebMD, Anda akan melihat anak lebih sering mengekspresikan perasaannya dengan ucapan dibanding fisik. Kemampuan mengontrol emosi ini membuat anak lebih menikmati waktu bermain dengan temannya. Ini membantu perkembangan balita 51 bulan atau 4 tahun 3 bulan.

Hal yang Harus Diperhatikan

Apa yang harus diperhatikan di perkembangan balita 51 bulan atau 4 tahun 3 bulan?

Di perkembangan balita 51 bulan atau 4 tahun 3 bulan ini, anak sangat aktif bergerak dan pergerakannya sering tidak terduga. Penting untuk Anda memerhatikan aspek keamanan dan keselamatan anak saat sedang bermain.

Awasi anak Anda ketika sedang memanjat atau berguling di taman. Bila ingin bermain di air, dampingi si kecil dan ingatkan dia agar tidak terlalu aktif di dalam kolam renang agar tidak terjadi kecelakaan.

Kemudian, bagaimana perkembangan balita 54 bulan?

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Usia Berapa Anak Mulai Belajar Berlari?

Sudah mampu berdiri dan berjalan sendiri, di usia berapa anak mulai akan belajar berlari? Dan bagaimana cara ortu bantu melatihnya?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri

4 Pilihan Les untuk Balita Sekaligus Manfaatnya

Ingin anak jadi lebih aktif dengan kegiatan yang bermanfaat? Anda bisa mengikutsertakan anak pada kelas atau les untuk balita. Berikut pilihannya.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji

Idealnya, Berapa Kali Balita Buang Air Besar dalam Seminggu?

Tidak sedikit orangtua yang khawatir saat balitanya sering atau jarang BAB. Adakah patokan angka normal untuk balita buang air besar dalam sehari?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri

Walaupun Sehat, Seberapa Banyak Anak Boleh Makan Buah?

Buah-buahan mengandung vitamin dan mineral yang bermanfaat. Namun, buah juga mengandung gula. Jadi, seberapa banyak anak boleh makan buah?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu

Direkomendasikan untuk Anda

kebutuhan cairan anak balita

Seberapa Banyak Kebutuhan Cairan Anak Balita Usia 2-5 Tahun?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Dipublikasikan tanggal: 14/04/2020
kebutuhan protein balita

Panduan Seputar Kebutuhan Protein untuk Balita Usia 2-5 Tahun

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Dipublikasikan tanggal: 10/04/2020
gizi pada balita

Panduan Memenuhi Kebutuhan Gizi Balita Usia 2-5 Tahun

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Dipublikasikan tanggal: 20/03/2020
makanan penambah berat badan balita

Jenis dan Porsi Makanan Penambah Berat Badan untuk Balita

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Dipublikasikan tanggal: 20/03/2020