Membuat Menu Makanan Bayi 8 Bulan Tidak Sulit, Kok! Ini Inspirasi yang Bisa Dicoba

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 23/03/2020
Bagikan sekarang

Selepas selesai mendapatkan ASI eksklusif, di usianya yang ke-6 bulan bayi mulai belajar makan makanan pendamping ASI (MPASI). Perkenalan bayi dengan makanan padat bertujuan untuk memastikan asupan nutrisi yang ia dapat mampu memenuhi kebutuhan gizi hariannya. Atas dasar itulah, Anda sebaiknya menyajikan beragam menu makanan untuk bayi 8 bulan agar ia terbiasa dengan berbagai macam jenis makanan.

Selama Anda tahu tekstur, porsi, serta frekuensi makan bayi 8 bulan, menyajikan menu untuk si kecil tentu bukanlah hal yang sulit. Yuk, sontek informasinya berikut ini!

Makanan seperti apa yang baik untuk bayi 8 bulan?

Sumber: Made for Mums

Makanan untuk bayi 8 bulan sebenarnya tidak jauh berbeda dengan makanan saat masih 7 bulan. Jika di usia sebelumnya si kecil masih makan makanan dengan tekstur lumat, di usia bulan ke-8 ini pun demikian.

Menurut badan kesehatan dunia WHO, menu makanan untuk bayi 8 bulan sebaiknya diawali dengan tekstur lumat seperti bubur.

Setelah cukup handal, di usia 8 bulan ini biasanya bayi sudah boleh makan makanan lumat dengan menu keluarga. Secara rincinya, umumnya bayi di usia ini diberikan makanan saring (puree) dan makanan lumat (mashed).

Jadi, bahan makanan apa pun yang Anda olah sebelum disajikan kepada bayi sebaiknya dimasak hingga mendapatkan tekstur yang sangat lumat dan halus.

Ini karena bayi masih dalam masa pertumbuhan gigi. Susunan giginya yang belum lengkap ini akan menyulitkannya untuk mengunyah makanan yang bertekstur kasar.

Terlebih lagi kemampuan makan si kecil di usia 8 bulan ini belum terlatih dengan baik sehingga masih harus makan makanan yang bertekstur lumat.

Seiring bertambahnya usia, tekstur makan bayi biasanya akan semakin meningkat sampai nantinya ia mampu makan makanan dengan tekstur yang sama dengan Anda.

Anda juga bisa melatih si kecil sejak dini agar tidak pilih-pilih makan dan susah makan saat dewasa. Cara agar anak di kemudian hari mau makan aneka jenis makanan yakni memperkenalkannya dengan beragam makanan sedari kecil.

Inspirasi menu makanan bayi 8 bulan

jadwal makan bayi

Mulailah berikan sumber karbohidrat, protein, lemak sehat, vitamin, serta mineral dengan aneka jenis. Selain agar terbiasa, mengenalkan si kecil dengan beragam makanan selama masa MPASI ini juga akan membantu memenuhi kebutuhan gizi hariannya.

Anda bisa mengolah sumber karbohidrat seperti pasta, kentang, dan nasi secara bergantian agar bayi tidak mudah bosan.

Tambahkan makanan sumber karbohidrat tersebut dengan aneka sumber protein dan lemak sehat dari daging merah, daging ayam, hati ayam, hati sapi, dan telur.

Tempe dan tahu juga bisa Anda berikan untuk melengkapi asupan protein nabati bayi. Biasakan juga si kecil untuk mengenal aneka buah dan sayur-sayuran sejak dini, misalnya bayam, wortel, brokoli, labu, kembang kol, pisang, pepaya, alpukat, dan lainnya.

Nah, sekarang Anda bisa berkreasi menciptakan menu makanan yang sehat dan bergizi untuk si kecil. Berikut inspirasi menu makanan harian untuk bayi di usia 8 bulan:

Menu makanan sarapan bayi 8 bulan

Jadwal makan bayi usia 8 bulan bisa dimulai dengan pemberian ASI di pagi hari yang kemudian baru dilanjutkan dengan makanan padat untuk sarapan.

Menu makanan sarapan yang bisa Anda olah untuk bayi 8 bulan misalnya kentang dengan daging cincang dan brokoli.

Mulai dengan tumbuk dan haluskan kentang hingga menghasilkan tekstur yang lumat, kemudian lanjutkan dengan masak daging cincang bersama brokoli.

Anda sebenarnya bisa memasak daging cincang dan brokoli berbarengan maupun secara terpisah. Jangan lupa, pastikan tekstur daging cincang dan brokoli juga sudah lumat sehingga memudahkan bayi saat memakannya.

Agar rasa makanan yang Anda masak lebih lezat, sah-sah saja menambahkan sedikit gula, garam, dan micin ke dalam makanan bayi.

Penambahan perasa tersebut justru dianjurkan agar bayi lebih semangat makan. Sebab bukan tidak mungkin bayi malah akan malas makan karena rasa makanan yang hambar tanpa tambahan penyedap.

Selain cara manual seperti yang dijelaskan tadi, Anda bisa mempersingkat proses memasak menu makanan si kecil dengan menggunakan alat slow cooker. 

Menu makanan siang bayi 8 bulan

Ketika di pagi hari bayi 8 bulan mendapat kentang sebagai sumber karbohidratnya, kini Anda bisa membuat nasi tim sebagai menu makanan siang hari.

Coba campur nasi tim dengan tofu dan wortel. Cara membuat menu makan siang ini juga sama seperti menu sarapan.

Anda hanya perlu memasak semua bahan sampai mendapatkan tekstur yang lembuat dan lumat sehingga mudah saat dimakan si kecil.

Proses memasak tofu dan wortel bisa dilakukan dengan beberapa cara seperti dikukus, direbus, maupun ditumis dengan sedikit minyak.

Anda tidak perlu khawatir karena menambahkan minyak ke dalam makanan bayi tentu diperbolehkan. Bahkan, minyak dalam jumlah yang cukup sebenarnya membantu memberikan asupan lemak bagi si kecil.

Tak lupa tambahkan perasa untuk menambah kelezatan dalam makanan bayi.

Menu makanan malam bayi 8 bulan

Kreasi lain yang bisa Anda buat sebagai menu makanan bayi 8 bulan di malam hari yaitu nasi tim dengan kacang merah dan daging.

Sama halnya dengan mengolah makanan bayi di pagi dan siang hari, menu makan malam ini juga harus Anda haluskan sampai teksturnya lumat.

Beberapa jam setelah makan selesai makan malam, bayi mungkin akan merengek atau menangis tanda masih lapar.

Jika ini yang terjadi, sebaiknya jangan memberikan si kecil makanan padat lagi karena sudah di luar jam makannya.

Agar tangisnya mereda, Anda bisa memberikan ASI pada bayi dengan menyusu langsung di payudara maupun mengambil persediaan yang telah disimpan.

Mengatur waktu makan bayi sesuai jadwal bertujuan supaya ia terlatih untuk mengenal rasa lapar dan kenyang.

Menu makanan selingan bayi 8 bulan

Sesuai namanya, makanan selingan atau camilan bayi adalah sajian yang diberikan untuk mengganjal perut bila ia lapar di luar waktu makan utama.

Menu makanan selingan yang bisa Anda berikan untuk bayi usia 8 bulan contohnya irisan kecil buah dengan tekstur lumat, seperti pisang.

Selain buah, pilihan lainnya bisa dengan memberikan sayuran, contohnya labu dan brokoli, yang sudah diiris kecil kemudian dikukus atau direbus.

Bayi usia 8 bulan memang seharusnya masih makan makanan bertekstur lumat. Akan tetapi, Anda bisa mulai memperkenalkannya dengan makanan selingan berupa finger food sesekali.

Cara ini akan membantu buah hati Anda untuk belajar mengunyah sembari melatih kemampuan giginya yang sedang tumbuh (teething).

Selebihnya, Anda juga dapat memberikan buah saring atau puree buah dari buah naga, mangga, dan alpukat.

Frekuensi dan porsi makanan untuk bayi 8 bulan

madu untuk bayi

Frekuensi makan bayi 8 bulan menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) yakni sebanyak 2-3 kali makan utama dengan 1-2 kali camilan.

Di samping frekuensi makan, Anda juga perlu memberikan porsi makan yang tepat untuk si kecil. Dalam sekali makan, bayi bisa diberikan sekitar ½ mangkuk ukuran 250 mililiter. 

Ajarkan juga agar si kecil dapat mengerti lama waktu makan dengan membatasi durasi makannya hanya sekitar 30 menit.

Hal ini bertujuan agar bayi mengerti dan terbiasa untuk fokus pada makanannya sejak dini. Jadi, jika sudah dewasa kelak si kecil sudah terbiasa untuk tidak menyambi dengan kegiatan lain saat makan.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Panduan Menerapkan Jadwal MPASI Usia 6-24 Bulan Beserta Aturannya

Sejak dini bayi sebaiknya punya jadwal MPASI yang teratur. Agar lebih optimal, ortu perlu tahu seperti apa jadwal makan yang tepat untuk bayi.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri

Aneka Macam Resep Makanan Bayi yang Sehat dan Menggugah Selera

Menyajikan menu makanan bayi dalam masa MPASI sebenarnya tidak sulit. Berbekal resep ini, mari buat aneka makanan yang sehat dan lezat untuk bayi yuk, Bu!

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri

Bayi Kurang dari 6 Bulan Diberikan Makanan, Boleh atau Tidak, Ya?

Bayi yang belum genap 6 bulan seharusnya masih menyusu ASI. Namun, bolehkah memberikan makanan untuk bayi di bawah 6 bulan?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri

Panduan Menyiapkan dan Memberikan Makanan Bayi Sampai Usia 2 Tahun

Pemberian makanan untuk bayi penting guna memenuhi kebutuhan gizi hariannya. Namun, jangan asal, pahami dulu berbagai hal penting seputar makanan si kecil.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri

Direkomendasikan untuk Anda

kebutuhan lemak untuk bayi

Tidak Selalu Buruk, Ini Jumlah Kebutuhan Lemak untuk Bayi yang Harus Dipenuhi

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 10/04/2020
kebutuhan protein bayi

Memahami Kebutuhan Protein Bayi dan Pilihan Sumbernya

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 09/04/2020
menu makanan bayi 7 bulan

Agar Lebih Bervariasi, Begini Cara Membuat Menu Makanan Bayi 7 Bulan

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 05/04/2020
jadwal makan bayi di bawah 6 bulan

Ketika Sudah Mulai MPASI, Ini Jadwal Makan Bayi di Bawah Usia 6 Bulan

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 04/04/2020