Tidur Dengan Bantal Berbahaya Bagi Bayi

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 03/12/2019 . 4 mins read
Bagikan sekarang

Bantal mungkin adalah benda yang paling kita butuhkan saat tidur. Banyak orang tidak dapat tidur jika tidak memakai bantal. Bantal membuat tidur kita lebih nyaman karena posisi kepala kita sedikit lebih tinggi daripada badan. Namun, bagaimana dengan bayi?

Banyak orangtua yang sudah menyiapkan bantal untuk bayinya yang baru lahir. Bentuk bantal untuk bayi pun berbeda dengan bentuk bantal biasanya, ada yang berbentuk U dan ada juga yang bagian tengah bantalnya lebih datar dan membentuk lingkaran. Banyak orangtua berpendapat hal ini dilakukan untuk membantu pembentukan kepala bayi agar bundar sempurna. Benarkah bayi membutuhkan bantal saat tidur?

Perlukah bantal untuk bayi?

Bayi tidak memerlukan bantal untuk tidur. Penggunaan bantal pada bayi, terutama yang berusia di bawah satu tahun, akan meningkatkan risiko bayi terkena sudden infant death syndrome (SIDS) atau kematian mendadak yang terjadi pada bayi. National Institute of Child Health and Human Development (NICHHD) merekomendasikan untuk tidak memberikan bantal pada bayi di bawah usia satu tahun.

Bayi dan orang dewasa berbeda. Orang dewasa mungkin tidak nyaman jika tidur tidak memakai bantal. Sedangkan bagi bayi, bantal dapat membahayakan nyawanya. Bantal dapat menutupi mulut dan hidung bayi saat tidur sehingga menyebabkan bayi susah bernapas. Jika bayi tidur tanpa pengawasan orangtua dan bantal tersebut lama menutupi mukanya, bisa saja bayi tersebut mengalami SIDS. Rata-rata, ada 32 kematian bayi per tahun karena bantal yang digunakan sebagai alas tidur atau untuk menopang kepala bayi. Sebagian besar kematian ini melibatkan bayi yang berusia tiga bulan atau kurang.

Untuk mengurangi risiko SIDS dan kejadian fatal saat tidur, sebaiknya:

  • Tidurkan bayi dengan posisi telentang agar pernapasan bayi tidak terganggu
  • Jangan tutupi kepala dan wajah bayi saat tidur
  • Jauhi bayi dari asap rokok
  • Sediakan lingkungan yang nyaman saat bayi tidur pada siang maupun malam hari
  • Tidurkan bayi pada tempat tidurnya yang nyaman dengan ruangan yang sama dengan ibu selama 6-12 bulan pertamanya
  • Berikan ASI pada bayi

Kapan sebaiknya bayi diberi bantal saat tidur?

Bantal sangat berguna bagi orang dewasa untuk menopang kepalanya sehingga tidur menjadi lebih nyaman. Tetapi untuk bayi, bantal menjadi sesuatu yang berbahaya. Kepala bayi kecil dan bayi belum bisa melakukan apa-apa sehingga jika posisi bantal menutupi muka bayi maka bayi tidak mampu untuk menolong dirinya sendiri. Oleh karena itu disarankan untuk tidak memberikan bantal pada bayi.

Kapan waktu yang tepat bayi tidur dengan bantal? Anda bisa memberikan bantal kepada bayi Anda saat usianya menginjak usia 2 tahun. Pada usia ini, bayi sudah dirasa mampu untuk membuat gerakan-gerakan sehingga jika ada bantal yang menutupi mukanya maka ia sudah bisa menyingkirkannya. Walaupun berbagai macam bantal, mulai dari bentuk, warna, gambar, tersedia untuk bayi Anda, tetapi pilihlah bantal yang kecil dan datar sehingga dapat menopang lehernya dengan baik.

Apa yang harus diperhatikan agar bayi tidur dengan nyaman dan aman?

Orangtua biasanya sudah menyiapkan boks bayi untuk bayi tidur dan mengisinya dengan bantal, selimut, dan mainan bayi. Namun, bantal, selimut, dan mainan justru mengganggu tidur bayi dan dapat memberi dampak negatif pada bayi, seperti dapat menutupi mulut dan hidung bayi sehingga pernapasan bayi terganggu. Singkirkan semua benda tersebut agar tidak menutupi wajah bayi sehingga bayi tidur lebih nyaman.

Selain itu, yang juga harus diperhatikan adalah temperatur ruangan. Jangan biarkan bayi kedinginan atau kepanasan. Jika cuaca sedang dingin, sebaiknya pilih untuk membedong bayi daripada memberinya selimut untuk memberinya kehangatan. Dikhawatirkan selimut akan menutupi wajah bayi sehingga mengganggu pernapasan bayi saat tidur. Hati-hati juga saat membedong bayi, beri sedikit kelonggaran agar bayi masih dapat bebas bergerak dan tidak sulit bernapas.

Biasakan untuk selalu menempatkan bayi di tempat tidurnya saat bayi tidur. Hal ini dilakukan untuk memberi kenyamanan pada bayi dan juga agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, seperti bayi terjatuh saat tidur. Usahakan juga untuk memasang kelambu pada tempat tidur bayi agar mencegahnya dari gigitan nyamuk.

BACA JUGA

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

    Apakah artikel ini membantu Anda?
    happy unhappy"
    Sumber

    Yang juga perlu Anda baca

    Ternyata Ayah Juga Bisa Kena Depresi Pasca Melahirkan

    Postpartum depression tak cuma menyerang wanita yang baru melahirkan. Depresi pasca melahirkan juga bisa dialami para ayah. Inilah tanda-tandanya.

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Parenting, Tips Parenting 14/06/2020 . 5 mins read

    Mimpi Buruk Saat Demam Tinggi? Inilah Penyebabnya

    Waktu kecil atau bahkan saat dewasa, Anda mungkin pernah mengalami mimpi buruk saat demam atau sakit. Pasti sangat mengganggu, kan? Nah, ini dia alasannya!

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Hidup Sehat, Fakta Unik 14/06/2020 . 5 mins read

    Hai Para Suami, Ini 15 Tanda Istri Anda Sedang Hamil

    Tak hanya wanita yang harus memerhatikan perubahan pada dirinya. Sebagai suami Anda juga harus peka melihat tanda istri hamil dan segera mempersiapkan diri.

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Kesuburan, Kehamilan, Hidup Sehat 13/06/2020 . 6 mins read

    Apa Akibatnya pada Janin Jika Ibu Merokok Saat Hamil?

    Merokok saat hamil adalah ancaman nomor satu untuk kesejahteraan anak. Ada hubungan antara ibu perokok dan anak berbibir sumbing. Masih kurang seram?

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Ajeng Quamila

    Direkomendasikan untuk Anda

    cara memandikan bayi yang baru lahir

    Agar Tidak Bingung, Berikut Cara Memandikan Bayi Baru Lahir

    Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Riska Herliafifah
    Dipublikasikan tanggal: 25/06/2020 . 9 mins read

    Ini Akibatnya Jika Bayi Memakai Popok Terlalu Lama

    Ditulis oleh: Arinda Veratamala
    Dipublikasikan tanggal: 25/06/2020 . 5 mins read
    pelukan bayi perkembangan bayi 14 minggu perkembangan bayi 3 bulan 2 minggu

    Ilmuwan Jepang Ungkap Cara Sempurna Memeluk Bayi

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
    Dipublikasikan tanggal: 25/06/2020 . 4 mins read
    kista saat hamil di usia tua

    Apa yang Akan Terjadi Jika Muncul Kista Saat Hamil?

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Dipublikasikan tanggal: 19/06/2020 . 5 mins read