Awas, Anak-anak Juga Bisa Alami Penyakit Tremor. Apa Penyebabnya?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Apakah anak Anda pernah mengeluhkan tangannya tiba-tiba gemetaran? Hati-hati, sebab bisa jadi, itu penyakit tremor. Meskipun memang sebagian besar menyerang orang tua yang sudah memasuki usia 40 tahunan. Namun ternyata, anak-anak dan remaja dapat mengalami penyakit ini. Lalu seberapa sering anak-anak mengalami penyakit ini? Apa yang menyebabkan penyakit tremor pada anak-anak? Bagaimana menanganinya?

Penyakit tremor juga bisa terjadi pada anak dan remaja

Penyakit tremor memang lebih banyak ditemukan pada orang yang telah memasuki usia 40 tahunan. Amun bukan berarti anak-anak dan remaja tak bisa mengalaminya. Bahkan sebuah studi menyatakan bahwa penyakit ini dapat diidap oleh anak yang baru saja lahir.

Tremor yang identik dengan tangan yang gemetaran ini, pada dasarnya tak hanya membuat tangan gemetar saja. Bagian tubuh lain juga dapat gemetaran, seperti lengan, kaki, wajah, kepala, pita suara, dan area tubuh lainnya.

Penyakit tremor yang dialami oleh anak-anak, dapat memengaruhi kemampua motoriknya, seperti kemampuan menulis dan mencengkram suatu benda. Bahkan, bila anak sedang kelelahan atau stres, gerakan gemetar yang terjadi akan semakin buruk.

Apa yang menyebabkan anak mengalami penyakit tremor?

Gerakan gemetar pada anak dapat disebabkan oleh gangguan fungsi otak yang mengatur pergerakan suatu otot tubuh. gangguan ini bisa diakibatkan oleh berbagai hal seperti cedera kepala, penyakit saraf, genetik, dan beberapa obat-obatan yang mungkin memengaruhi kerja otak.

Jenis penyakit tremor apa saja yang dapat dialami anak?

Penyakit ini memiliki beberapa jenis, hal ini didasarkan dengan penyebab dan bagian tubuh mana yang bergetar. Berikut adalah tipe tremor berdasarkan dengan bagian tubuh yang gemetar dan kapan terjadinya:

  • Resting tremor, yaitu kondisi tubuh gemetar yang terjadi ketika istirahat
  • Postural tremor, yaitu terjadi ketika seseorang sedang melakukan gerakan tubuh tertentu.
  • Intention tremor, adalah tremor yang semakin memburuk ketika tubuh bergerak aktif.

Sementara, berikut adalah tremor pada anak berdasarkan penyebabnya:

  • Tremor esensial, adalah tremor yang paling sering terjadi. kondisi ini biasanya dirasakan pada bagian tangan, namun bisa juga terjadi pada bagian kepala, lidah, dan kaki.
  • Tremor fisiologis, adalah tremor yang dapat terjadi pada anak yang sehat sekali pun. Tremor jenis ini dapat memengaruhi bagian tubuh manapun dan akan bertambah buruk jika anak mengalami kelelahan serta kadar gula darah rendah. Kondisi ini tak disebabkan oleh gangguan otak.
  • Tremor distonik, merupakan tremor yang sering terjadi pada anak yang mengalami distonia, yaitu gangguan kontraksi otot.
  • Tremor serebelar, ditandai dengan gerakan gemetar perlahan, yang biasanya disebabkan oleh gangguan fungsi otak akibat multiple sklerosis, tumor otak, atau cedera pada otak.
  • Tremor Parkinson, adalah tremor yang sangat jarang terjadi pada anak-anak – namun kemungkinan untuk terjadi masih ada.

Apakah penyakit tremor pada anak dapat disembuhkan?

Pada dasarnya, tremor tidak dapat sepenuhnya disembuhkan. Pengobatan yang dilakukan hanya dapat meringankan gejala yang dialami oleh anak. Namun jangan khawatir, Anda juga bisa mengurangi intensitas tremor yang dialami anak dengan menghindari pemicu dari kondisi ini seperti kelelahan atau stres pada anak. Anda juga dapat mendiskusikan pilihan pengobatan dengan dokter anak Anda agar anak mendapatkan penanganan yang terbaik.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca