Ini Kelebihan Dokter Gigi Spesialis Anak (Sp. KGA)

    Ini Kelebihan Dokter Gigi Spesialis Anak (Sp. KGA)

    Jika ini adalah kali pertama si kecil untuk periksa gigi ke dokter, sebaiknya Anda membawa si kecil ke dokter gigi spesialis anak (Sp.KGA) lebih dulu, bukan langsung ke dokter gigi umum (drg). Memang apa perbedaan dokter gigi anak dan dewasa?

    Perbedaan dokter gigi anak dan dewasa

    anak takut ke dokter gigi

    Dokter gigi anak adalah dokter gigi (drg) yang melanjutkan pendidikan spesialisasi gigi anak-anak dan sudah menuntaskan praktek kerja (residensi) di bidang kesehatan gigi dan mulut anak selama beberapa tahun.

    Spesialis gigi anak ini bertugas khusus menangani masalah mulut yang spesifik terjadi pada anak-anak, mulai dari usia bayi sampai remaja. Kenapa?

    Struktur gigi dan mulut anak-anak tentu jauh berbeda dengan apa yang dimiliki orang dewasa. Sehingga masalah pada gigi anak biasanya berbeda dan memiliki cara penanganan khusus yang berbeda dari dewasa.

    Dokter gigi spesialis anak juga lebih tepat untuk diajak berkonsultasi mengenai pertumbuhan gigi. Gigi bayi bisa muncul pada usia yang bervariasi.

    Ada bayi yang giginya sudah muncul pada usia 4-5 bulan dan ada juga bayi yang terlambat tumbuh gigi sampai usia 7-9 bulan. Dokter gigi anak dapat memeriksa apa yang membuat si kecil terlambat tumbuh gigi dan memberikan solusinya.

    Meski begitu, bukan berarti dokter gigi umum tidak bisa menindaklanjuti kasus-kasus sederhana tentang masalah ini.

    Apa yang dilakukan oleh spesialis kedokteran gigi anak (Sp.KGA)?

    dokter gigi anak

    Jika masalah gigi susu pada anak sudah di luar kemampuan dokter gigi umum, biasanya Anda akan diberi surat rujukan ke dokter spesialis ini agar pengobatannya lebih tepat sasaran.

    Dokter spesialis ini biasanya menangani masalah seperti di bawah ini.

    • Pemeriksaan kesehatan mulut bayi dan balita secara keseluruhan.
    • Mengatasi kerusakan gigi bayi yang terjadi akibat kebiasaannya, misalnya akibat penggunaan dot dan akibat mengisap jari.
    • Mendiagnosis dan memberikan perawatan untuk masalah alur gigi yang tidak rata, dan memperbaiki posisi gigitan anak yang tidak tepat.
    • Menangani penyakit dan kondisi gusi yang bermasalah, misalnya akibat karies rampan atau karies botol.
    • Memberikan perawatan untuk masalah gigi susu, komplikasi tumbuh gigi (teething), dan cedera gigi pada anak, misalnya gigi retak atau patah.

    Ilmu kedokteran spesialis gigi anak

    lergi susu sapi pada bayi

    Mengutip dari Harvard School of Dental Medicine, pelatihan spesialis gigi anak membutuhkan pendidikan dan pengalaman klinis selama bertahun-tahun. Kandidat harus menerima gelar sarjana, menyelesaikan sekolah kedokteran gigi, dan lulus serangkaian ujian sertifikasi .

    Mahasiswa pascasarjana kemudian mendaftar di program residensi. Mereka dapat memilih untuk berlatih dalam satu atau beberapa spesialisasi berikut ini.

    • Kedokteran gigi anak
    • Orthodonsi
    • Endodontik
    • Periodontik
    • Perawatan Pencegahan
    • Prostetik
    • Operasi mulut
    • Kedokteran Gigi Restoratif

    Kenapa harus menemui spesialis gigi anak?

    kebiasan baik sebelum tidur untuk anak

    Menurut Pediatric Oral Health Research and Policy Center, kesehatan mulut memainkan peran penting dalam kesehatan secara keseluruhan. Mulut merupakan titik masuk ke seluruh tubuh Anda yang penuh dengan bakteri. Beberapa tidak berbahaya, tetapi kuman tertentu dapat menyebabkan penyakit.

    Membangun kebiasaan gigi yang baik, seperti menyikat gigi dan flossing, menjaga bakteri tetap terkendali, dan mencegah infeksi di mulut dan bagian tubuh lainnya. Perawatan gigi yang konsisten juga sangat penting untuk anak-anak yang masih bertumbuh setiap hari.

    Dokter gigi anak mengajarkan orang tua dan anak-anak pentingnya menciptakan kebiasaan baik untuk bertahan seumur hidup. Mereka juga mendiagnosis dan mengobati penyakit pada bayi dan anak-anak dan berspesialisasi dalam menangani anak-anak yang memiliki kebutuhan kesehatan khusus.

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Ditinjau secara medis oleh

    dr. Nurul Fajriah Afiatunnisa

    General Practitioner · Klinik Chika Medika


    Ditulis oleh Ilham Fariq Maulana · Tanggal diperbarui 28/10/2022

    Iklan
    Iklan
    Iklan
    Iklan