Manfaat Baby Oil untuk Kesehatan Bayi Anda

Oleh

Apa Anda suka menggunakan baby oil untuk kulit sehari-hari? Baby oil yang sejatinya memang ditujukan untuk badan bayi. Manfaat baby oil untuk bayi bukan hanya membuat kulit bayi lembut tapi masih banyak lagi. Yuk, simak penjelasan dibawah tentangi kandungan dan manfaat baby oil untuk bayi.

Kandungan di dalam baby oil

Baby oil adalah minyak mineral yang mengandung lanolin yang dapat berfungsi sebagai pelembab alami kulit. Minyak mineral dan lanolin yang ada pada baby oil memiliki kegunaan sebagai pencegah kulit kering, kasar, bersisik, dan dapat juga mengobati iritasi ringan pada kulit.  Walaupun mengandung lanonin, baby oil aman untuk kulit sensitif bayi.

Manfaat baby oil tidak hanya untuk bayi. Bagi orang dewasa baby oil bisa digunakan sebelum mencukur, setelah bercukur, membuat kulit lebih lembab.  Berikut kandungan-kandungan vitamin baby oil yang bermanfata untuk kulit bayi:

Minyak mineral

Minyak ini adalah minyak yang diperoleh dari minyak bumi yang sebenarnya baik untuk kulit. Mineral ini bersifat ringan, tidak berwarna, dan tidak memiliki bau. Hal ini juga dikenal sebagai parafin cair. Cairan ini berguna untuk mencegah dehidrasi kulit pada bayi.

Ekstrak lidah buaya

Pada baby oil terdapat kandungan lidah buaya yang dapat diproses untuk menghilangkan reaksi kulit luar dari paparan bahan kimia tertentu yang memicu alergi terhadap kulit bayi.

Vitamin E

Baby oil mengandung vitamin E, karena memang khasiatnya sangat bagus untuk kulit. Vitamin E ini berguna sebagai antioksidan dan melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas

Vitamin A

Pada bahan krim kecantikan wajah biasanya terdapat kandungan retinol yang  terbentuk  dari vitamin A. Vitamin A digunakan untuk mengobati masalah kulit yang umum seperti kulit kering bagian tubuh bayi yang terdapat lipatan-lipatan.

Manfaat baby oil untuk bayi

Sebetulnya, apa kegunaan baby oil? Dan bagaimana ibu bisa memanfaatkannya untuk kebaikan si kecil? Simak berbagai manfaat baby oil berikut ini.

Menjaga kelembaban kulit bayi

Baby oil dapat dioleskan secara langsung sambil dipijat lembut pada kulit bayi yang kering. Oleskan sehabis proses menjemur bayi di pagi hari agar kulit bayi tetap terawat. Baby oil juga bisa diteteskan ke dalam air mandi bayi agar kulit bayi senantiasa halus dan lembut, karena pemakaian sabun mandi yang berlebihan juga bisa menyebabkan kulit bayi menjadi kering.

Membersihkan lipatan kulit bayi

Baby oil baik untuk membersihkan bagian tubuh bayi seperti daun telinga, pusar, lipatan-lipatan kulit bayi seperti lipatan leher, siku, dan paha untuk mencegah terjadinya iritasi pada kulit bayi.

Untuk mengatasi masalah pada kulit kepala bayi

Pada umumnya, bayi yang baru lahir sering mengalami pembentukan kerak di belakang leher, kerak ini seperti serpihan kulit kering persis seperti ketombe. Kerak ini harus dibersihkan karena jika dibiarkan akan semakin tebal dan semakin sulit untuk dihilangkan.

Cara membersihkannya adalah dengan membersihkan kepala bayi menggunakan air hangat. Setelah bersih, oleskan baby oil secara perlahan pada leher belakang bayi, lalu diamkan. Kemudian, pijat lembut kulit kepala bayi, bilas dan keringkan dengan lap hangat atau handuk bersih.

Untuk memijat bayi

Baby oil juga bisa digunakan pada saat memijat bayi. Oleskan baby oil secara lembut pada kulit bayi sebelum dilakukan pemijatan, agar tidak menimbulkan iritasi pada kulit bayi.

Baca Juga:

Sumber