Tabel Berat Badan Bayi Prematur untuk Melihat Perkembangannya

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 10 September 2020 . Waktu baca 6 menit
Bagikan sekarang

Tidak hanya orang dewasa, bayi juga memiliki takaran berat badan ideal yang nantinya menjadi tolak ukur perkembangannya. Hal ini juga berpengaruh pada bayi yang lahir secara prematur. Perlu diketahui bahwa perkembangan bayi yang lahir secara normal dengan bayi prematur mempunyai perbedaan. Simak penjelasan mengenai tabel berat badan bayi prematur agar Anda bisa melihat perkembangannya.

Hal yang memengaruhi bayi lahir prematur

Dikutip melalui Stanford Chidren’s Health, bayi yang lahir lebih dulu atau sebelum 37 minggu kehamilan dianggap prematur atau lahir terlalu dini. Sampai sekarang, belum ada penjelasan pasti mengenai penyebab bayi lahir secara prematur.

Maka dari itu, Anda tidak ada salahnya untuk tetap waspada serta menjaga kesehatan untuk mencegah bayi lahir prematur.

Namun, hal yang bisa langsung terlihat dari bayi prematur adalah ukuran serta berat tubuh yang tidak seperti bayi yang lahir dalam usia seharusnya.

Selain itu, karena tidak mendapatkan nutrisi maksimal sampai waktu lahir yang seharusnya, ada kemungkinan bayi mengalami masalah kesehatan tertentu.

Bayi prematur juga mempunyai kondisi kesehatan yang cukup rumit, sulit diprediksi, serta mempunyai risiko komplikasi.

Bagaimana tabel berat badan bayi prematur?

tabel berat badan bayi prematur

Seperti yang sudah dijelaskan sedikit di atas, bahwa bayi tergolong prematur apabila mengalami kelahiran di waktu sebelum 37 minggu.

Biasanya, bayi prematur pun mengalami kondisi berat badan lahir rendah yaitu kurang dari 2.5 kg. Oleh karena itu dibutuhkan perawatan intensif untuk mencapai berat badan bayi yang normal.

Apalagi di tahun 2006, WHO mengeluarkan kurva pertumubuhan standar untuk menggambarkan pertumbuhan anak di usia 0-59 bulan. Hal ini diklaim perlu untuk mendukung dan memantau pertumbuhan anak secara optimal.

Walaupun begitu, kelahiran bayi prematur pun tidak bisa dihindari.

Ini bisa terlihat dari tabel berat badan bayi prematur menurut kurva Lubchenco, yang juga membuat golongan berat badan menurut usia kehamilan dengan pembagian sebagai berikut:

  • Kecil masa kehamilan (KMK). Apabila bayi lahir dengan berat badan di bawah persentil ke 10. Merupakan bayi dengan berat 0,5 kg hingga 2,5 kg.
  • Sesuai masa kehamilan. Apabila bayi lahir dengan berat badan di antara persentil ke 10 dan ke 90. Merupakan bayi dengan berat 2,7 kg hingga 3,7 kg.
  • Besar masa kehamilan. Apabila bayi lahir dengan berat badan di atas persentil ke 90 pada kurva pertumbuhan janin.

Penjelasan mengenai tabel

Dalam kurva Lubchenco atau tabel berat badan bayi prematur, bayi yang berada dalam usia 24 hingga 37 minggu dapat dikatakan tergolong prematur.

Dalam data statistik WHO tahun 2013, setidaknya terdapat 1,5 juta bayi di Indonesia lahir dalam keadaan prematur.

Tidak hanya itu saja, di dalam tabel berat badan bayi prematur juga terlihat periode gestasi. Gestasi adalah rentang waktu dari proses pembuahan sel telur hingga proses melahirkan.

Apabila berat pada bayi prematur di bawah 1500 gram, angka kematian bisa mencapai 25 hingga 50%.

Jika dilihat dari tabel berat badan bayi prematur, berat badan yang kurang merupakan salah satu dari ciri-ciri bayi prematur. Hal yang bisa dilakukan selain menjaga keseimbangan temperatur adalah memberikan cairan serta nutrisi melalui jalur intravena (IV).

Lalu, bayi akan dirawat di dalam neonatal intensive care unit (NICU) yang bermanfaat untuk menambah berat pada tubuh bayi prematur, bernapas dengan baik, serta belajar menyusui.

Tidak hanya dari tabel berat badan bayi prematur, nantinya Anda akan diberikan buku catatan dengan grafik pertumbuhan untuk membantu perumbuhan bayi. Nantinya buku catatan ini juga akan dijadikan panduan serta perbandingan untuk melihat perkembangannya.

Cara menambah berat badan bayi prematur

Dilihat dari tabel, berat badan bayi prematur memang tergolong cukup rendah. Maka dari itu, diperlukan perawatan yang tepat untuk bayi prematur serta cara-cara tertentu agar berat pada tubuh bayi prematur juga dapat bertambah.

Dalam berbagai kondisi, bayi prematur biasanya membutuhkan perawatan khusus setelah kelahiran yaitu observasi  lebih lanjut kondisinya di ruang NICU atau perina.

Oleh karena itu, perawatan khusus ini diperlukan hingga berat badannya cukup dan tidak ada kesulitan pernapasan sehingga dapat dirawat di rumah.

Hal yang perlu diperhatikan adalah tubuh serta organ bayi prematur masih perlu beradaptasi dengan lingkungan di sekitar.

Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menambah berat badan bayi prematur:

1. Memberikan asupan ASI

Sama seperti bayi dengan waktu kelahiran normal, bayi prematur pun juga perlu asupan ASI dari sang ibu. Tidak hanya untuk menambah nutrisi, ASI juga dapat melindungi bayi dari infeksi.

Jangan khawatir, walaupun bisa menyusui bayi prematur secara langsung, masih ada cara lain untuk memberikan ASI yaitu dengan menggunakan botol atau tabung khusus.

Botol atau tabung khusus ini mempunyai tekstur yang sangat lembut serta langsung menuju lambung.

Selain menggunakan botol, ASI untuk menambah berat pada tubuh bayi prematur juga bisa diberikan melalui cup khusus. Kebanyakan bayi prematur membutuhkan 8 sampai 10 kali menyusui dalam sehari.

2. Berikan suplemen atau susu formula khusus

Bayi prematur tidak cukup mendapatkan nutrisi termasuk vitamin dan mineral yang seharusnya didapatkan pada minggu-minggu terakhir di dalam kandungan.

Untuk menambah berat pada tubuh bayi prematur, dibutuhkan suplemen yang dapat menambah daya tahan tubuh. Suplemen tersebut mempunyai kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin D, juga asam folat.

Dalam kasus tertentu, bayi prematur juga bisa mendapatkan asupan susu formula khusus apabila ASI belum juga keluar dari payudara. Susu formula khusus untuk bayi prematur diklaim dapat memberikan kandungan yang dibutuhkan tubuh mirip dengan ASI.

Simpulan

Idealnya, berat pada tubuh bayi prematur akan bertambah dan sesuai dengan berat lahir nomrla sekitar 14 hari setelah dilahirkan. Namun dalam kondisi tertentu, waktunya bisa juga bisa lebih lama.

Setidaknya, berat pada bayi prematur dapat bertambah 5 gram dalam sehari untuk anak dengan usia kelahiran 24 minggu.

Sementara itu, penambahan berat pada tubuh bayi prematur umumnya sebanyak 20 gram sehari untuk bayi dengan usia kelahiran 33 minggu.

Bagaimanapun, berat badan bayi prematur setidaknya akan bertambah sekitar 15 gram per hari atau 112 hingga 200 gram setiap minggunya sampai berusia 4 bulan.

Alat Pengingat Jadwal Imunisasi

Anda baru punya anak? Mau tahu informasi lengkap soal jenis vaksin dan jadwal pemberiannya? Atau butuh pengingat agar tidak lupa?

Cek Di Sini!
parenting

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Metode Kangguru untuk Bayi Prematur atau Berat Lahir Rendah

Metode kangguru terbukti manjur memulihkan kondisi bayi yang lahir prematur atau memiliki berat badan lahir rendah. Bagaimana cara melakukannya?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Bayi, Bayi Prematur, Parenting 16 Oktober 2020 . Waktu baca 7 menit

9 Panduan Perawatan Bayi Prematur di Rumah

Bayi prematur berisiko tinggi mengalami masalah kesehatan. Berikut cara merawat atau perawatan bayi prematur yang bisa dilakukan di rumah.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Bayi, Bayi Prematur, Parenting 16 Oktober 2020 . Waktu baca 8 menit

Semua Hal yang Perlu Diketahui Seputar Kelahiran Bayi Prematur

Bayi prematur merupakan sebutan untuk bayi yang lahir kurang dari 3 minggu sebelum waktu hari perkiraan lahir. Apa penyebab ibu harus melahirkan prematur?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rena Widyawinata
Bayi, Bayi Prematur, Parenting 16 Oktober 2020 . Waktu baca 12 menit

Apa yang Terjadi Pada Bayi Jika Ibu Stres Saat Hamil?

Stres saat hamil memang normal. Tetapi jika ibu hamil mengalami stres hingga mengganggu aktivitasnya, dampak stres tersebut bisa memengaruhi janin.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Perkembangan Janin, Kehamilan 15 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

seks saat hamil kelahiran prematur

Benarkah Berhubungan Seks Saat Hamil Sebabkan Kelahiran Prematur?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 25 November 2020 . Waktu baca 3 menit
bayi prematur bertahan hidup

Seberapa Besar Kemungkinan Bayi Prematur Bertahan Hidup?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Dipublikasikan tanggal: 17 November 2020 . Waktu baca 3 menit
tabel berat badan bayi prematur

Aturan Imunisasi untuk Bayi Prematur Ini Penting Diketahui

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 13 November 2020 . Waktu baca 8 menit
Cara menyusui bayi prematur

Ini Cara Menyusui Bayi Prematur Agar Pertumbuhannya Optimal

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Dipublikasikan tanggal: 13 November 2020 . Waktu baca 7 menit