home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

5 Manfaat Baby Oil untuk Bayi Selain Melembapkan Kulit

5 Manfaat Baby Oil untuk Bayi Selain Melembapkan Kulit

Sebagai orangtua, pastinya Anda tahu bahwa kulit bayi tergolong sangat lembut, halus, dan juga cukup sensitif. Maka dari itu, Anda membutuhkan produk perawatan kulit khusus bayi seperti baby oil. Tak hanya menenangkan dan melembapkan kulit, ada pula manfaat lainnya dari baby oil untuk bayi. Berikut adalah penjelasan lengkapnya yang perlu orangtua ketahui.

Kandungan utama baby oil

manfaat baby oil untuk bayi

Bayi mempunyai kondisi kulit yang berbeda dengan orang dewasa sehingga ia membutuhkan perawatan ekstra. Hal yang perlu diperhatikan terutama perawatan saat bayi baru lahir.

Dari berbagai produk untuk merawat kulit bayi, biasanya orangtua sudah menyiapkan baby oil karena bermanfaat untuk menambah kelembapan kulit bayi.

Berikut adalah beberapa kandungan utama yang biasanya ada dalam produk baby oil, seperti:

  • mineral oil,
  • vitamin E,
  • vitamin A,
  • minyak zaitun, dan
  • minyak almond.

Mengutip dari Chemical Safety Facts, mineral oil adalah kandungan utama dalam produk baby oil yang telah diizinkan oleh US Food & Drug Administration sebagai bahan aktif.

Minyak mineral ini tergolong ringan, tidak berwarna, tidak mengandung pewangi, serta bahan alami yang berasal dari bumi.

Manfaat baby oil untuk bayi

Manfaat baby oil untuk bayi

Sebagai orangtua, Anda yang paling tahu kebutuhan kulit si kecil. Saat Anda masih belum yakin dengan penggunaan baby oil, tidak ada salahnya untuk mencari tahu terlebih dahulu manfaatnya.

Hal yang perlu Anda ingat adalah sebaiknya bayi menggunakan produk perawatan kulit dengan jumlah kandungan yang paling sedikit.

Dalam The Royal Children’s Hospital Melbourne orangtua disarankan untuk memilih produk perawatan kulit bayi yang dapat menjaga kelembapan serta mengatasi iritasi.

Berikut adalah berbagai macam manfaat baby oil untuk bayi yang perlu orangtua ketahui.

1. Melembapkan kulit

Manfaat utama dari baby oil untuk bayi adalah menjaga kelembapan kulitnya yang sensitif serta tidak menyumbat pori-pori.

Hal ini karena kandungan utama berupa mineral oil dapat membantu menjaga kandungan air dalam kulit sehingga kelembapan tidak berkurang.

Tak hanya itu saja, mineral oil juga merupakan salah satu kandungan bahan pelembap yang tergolong paling aman untuk kulit sensitif.

Saat kulit si kecil terasa terlalu kering, Anda bisa mengoleskan baby oil setelah mandi dalam kondisi kulit yang masih terasa lembap.

2. Membersihkan lipatan kulit

Terkadang, orangtua tidak sadar bahwa masih ada kotoran yang tertinggal pada kulit bayi. Apalagi, pada area tubuh yang terlupakan seperti lipatan tangan, kaki, paha, leher, telinga, hingga bagian dalam pusar.

Sebagai contoh, pada area tersebut tertinggal kotoran atau kotoran sisa bedak. Anda bisa menggunakan baby oil karena juga bermanfaat untuk membersihkan area lipatan kulit bayi.

3. Meredakan ruam

Kondisi lainnya yang umum terjadi pada sebagian besar bayi adalah timbulnya ruam termasuk ruam popok. Bahkan, tak jarang munculnya ruam adalah tanda atau gejala dari infeksi.

Sebelum mengakibatkan masalah kulit lainnya seperti iritasi, Anda bisa mengaplikasikan baby oil pada tubuh si kecil.

Ini karena manfaat lainnya dari baby oil untuk bayi adalah membantu meredakan peradangan akibat keringat berlebih serta ruam popok.

Kandungan vitamin E yang kaya antoksidan dalam baby oil bermanfaat untuk melembapkan, menyembuhkan, sekaligus memperkuat perlindungan kulit.

Selain itu, vitamin E juga mempunyai fungsi meredakan rasa gatal, reaksi alergi, serta infeksi tertentu pada kulit bayi. Namun, Anda tetap harus berhati-hati saat mengaplikasikannya.

4. Mengatasi masalah kulit kepala

Masalah kulit kering pada bayi juga bisa terjadi cukup parah hingga kulitnya terlihat bersisik hingga mengelupas. Kondisi ini tak hanya pada kulit tubuh, tetapi juga pada area kepala bayi.

Manfaat lainnya dari penggunaan baby oil untuk bayi adalah untuk membantu meredakan kulit kepala bayi yang kering.

Oleskan beberapa tetes minyak ini pada kulit kepala bayi lalu diamkan beberapa saat. Setelah itu, Anda bisa memijat lembut area kepala agar kerak pelan-pelan menghilang.

Pastikan Anda membilasnya dengan menggunakan sampo untuk menghilangkan sisa kerak dan minyak yang tertinggal.

Selain itu, kandungan minyak mineral juga membantu melembutkan dan menguatkan rambut si kecil.

5. Menenangkan tubuh

Selain di baby spa, ibu juga bisa melakukan pijat bayi di rumah. Pijat bayi di rumah tak hanya bermanfaat untuk membentuk ikatan antara orangtua dengan bayi.

Akan tetapi, juga membuat bayi menjadi lebih rileks sekaligus merangsang saraf dan otot.

Untuk itu, manfaatkan baby oil untuk memijat bayi karena kandungannya aman untuk kulit sensitifnya.

Bolehkah menggunakan baby oil untuk wajah bayi?

Produk baby oil tentunya sudah menyesuaikan dengan kebutuhan serta kondisi kulit bayi. Formulanya hipoalergenik, bebas paraben, pewarna, serta bahan yang menimbulkan reaksi alergi.

Tak hanya itu saja, kandungan minyak mineral pada baby oil mempunyai sifat non comedogenic.

Artinya, tidak menyumbat pori-pori sehingga Anda juga boleh menggunakannya pada area wajah bayi untuk mencegah kulit kering.

Perlu Anda ingat, hindari mengoleskan baby oil pada area wajah seperti mata, hidung, mulut.

Konsultasikan pula dengan dokter untuk agar si kecil mendapatkan perawatan yang tepat sesuai dengan kondisi kulitnya.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Baby massage: tips and benefits. (2020). Retrieved 28 April 2021, from https://www.nct.org.uk/baby-toddler/everyday-care/baby-massage-tips-and-benefits

Melbourne, T. (2021). Kids Health Information : Skincare for babies . Retrieved 28 April 2021, from https://www.rch.org.au/kidsinfo/fact_sheets/Skincare_for_babies/

Bathing and Skin Care for the Newborn. (2021). Retrieved 28 April 2021, from https://www.stanfordchildrens.org/en/topic/default?id=bathing-and-skin-care-for-the-newborn-90-P02628

Newborn Skin 101. (2021). Retrieved 28 April 2021, from https://www.hopkinsmedicine.org/health/wellness-and-prevention/newborn-skin-101

Mineral Oil – ChemicalSafetyFacts.org. (2018). Retrieved 28 April 2021, from https://www.chemicalsafetyfacts.org/mineral-oil/

Cradle cap – Diagnosis and treatment – Mayo Clinic. (2021). Retrieved 28 April 2021, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/cradle-cap/diagnosis-treatment/drc-20350400

CFR – Code of Federal Regulations Title 21. (2021). Retrieved 28 April 2021, from https://www.accessdata.fda.gov/scripts/cdrh/cfdocs/cfCFR/CFRSearch.cfm?fr=201.302

Foto Penulis
Ditulis oleh Atifa Adlina pada 29/04/2021
x