home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Apa Jadinya Jika Orang Dewasa Minum ASI?

Apa Jadinya Jika Orang Dewasa Minum ASI?

ASI adalah makanan pokok bayi untuk menjamin tumbuh kembangnya. Dilihat dari sisi kandungan gizinya, ada yang berpendapat bahwa karena ASI bisa dijadikan minuman energi untuk membangkitkan stamina. Di sisi lain,ada beberapa orang dewasa yang mungkin memiliki fetish seks untuk minum ASI pasangannya. Lantas, apa jadinya jika orang dewasa minum ASI?

Kandungan apa saja yang terdapat dalam ASI?

Protein

Protein penting yang terkandung dalam ASI, yaitu whey dan kasein. Kandungan whey pada ASI lebih tinggi dibanding susu formula. Selain itu, kandungan kasein juga lebih tinggi dibanding pada susu formula.

Lemak

Susu manusia juga mengandung lemak yang penting untuk kesehatan bayi Anda. Hal ini diperlukan untuk perkembangan otak, penyerapan vitamin yang larut dalam lemak, dan merupakan sumber utama kalori.

Vitamin

ASI juga kaya akan vitamin dan mineral, misalnya vitamin E dan vitamin A. Vitamin E berfungsi untuk ketahanan sel darah merah. Vitamin A untuk kekebalan tubuh dan pertumbuhan si kecil. Terdapat pula vitamin yang larut dalam air seperti vitamin B, C, dan asam folat yang berfungsi untuk perkembangan otak dan daya tahan tubuh.

Karbohidrat

Laktosa adalah karbohidrat utama yang ditemukan dalam susu manusia. Laktosa membantu mengurangi jumlah bakteri tidak sehat di dalam perut, yang mana meningkatkan penyerapan kalsium, fosfor, dan magnesium.

Immunoglobin dalam ASI juga membantu membentuk antibodi permanen untuk melawan infeksi sepanjang hidup Anda. Karena manfaat tersebut, pemberian ASI pada bayi disarankan enam bulan pertama dari kelahiran bayi.

ASI dapat mencegah kanker

ASI dilaporkan mengandung senyawa bernama HAMLET (Human Alpha-lactalbumin Made Lethal to Tumour Cells) yang dapat membunuh sel-sel kanker. Setelah senyawa ini diekstrak dari ASI dan kemudian disuntikkan ke dalam tubuh pasien kanker, dalam beberapa hari setelah penyuntikkan sel kanker tampak mati dan terbuang lewat urin.

Menurut International Journal of Cancer, bagi ibu manfaat pemberian HAMLET yang terkandung dalam ASI dapat melindungi ibu dari beberapa jenis kanker seperti kanker rahim dan kanker ovarium. Meski ini merupakan temuan yang tergolong baru, nyatanya ASI telah diyakini mampu mengobati penyakit seganas kanker. Namun efektivitasnya belum benar-benar terbukti.

Seorang peneliti asal Swedia berencana melakukan uji coba untuk membandingkan antara manfaat HAMLET dengan plasebo terhadap pasien kanker. Sebab mereka meyakini senyawa tersebut juga akan berpotensi menyembuhkan jenis kanker lain seperti kanker usus dan serviks.

Apa boleh orang dewasa minum ASI?

Boleh saja jika Anda ingin coba minum ASI. Tidak ada larangan kesehatan terkait hal ini. Namun begitu, terlepas dari segala kandungan gizi dan peluang manfaatnya yang menggoda, tidak akan ada efek apapun jika orang dewasa minum ASI secara sengaja.

Pusing setelah jadi orang tua?

Ayo gabung di komunitas parenting Hello Sehat dan temukan berbagai cerita dari orang tua lainnya. Anda tidak sendiri!


Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

My husband wants to taste my breast milk. Is it okay if he does? https://www.babycenter.com/404_my-husband-wants-to-taste-my-breast-milk-is-it-okay-if-he-do_8926.bc diakses pada 9 Oktober 2017.

Mossberg AK, et al. 2010. HAMLET interacts with lipid membranes and perturbs their structure and integrity. PLoS ONE 5(2):e9384. http://journals.plos.org/plosone/article?id=10.1371/journal.pone.0009384 [Accessed December 2016]

Breast milk as health food for men? Experts caution against bizarre trend https://www.today.com/health/breast-milk-health-food-men-experts-caution-against-bizarre-trend-2D79745134 diakses pada 9 Oktober 2017.

Adults Really Shouldn’t Drink Human Breast Milk http://www.newsweek.com/adults-really-shouldnt-drink-human-breast-milk-345288 diakses pada 9 Oktober 2017.

Meet the woman trying to cure cancer through breast milk http://www.telegraph.co.uk/health-fitness/body/meet-woman-trying-cure-cancer-breast-milk/ diakses pada 11 Oktober 2017.

Breast Milk Compound May Help Cure Cancer According To Swedish Scientists http://www.independent.co.uk/life-style/health-and-families/health-news/breast-milk-cancer-sweden-university-of-lund-a7735351.html diakses pada 11 Oktober 2017.

What’s In Breast Milk? http://americanpregnancy.org/first-year-of-life/whats-in-breastmilk/ diakses pada 11 Oktober 2017.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Andisa Shabrina Diperbarui 16/08/2021
Fakta medis diperiksa oleh Hello Sehat Medical Review Team
x