Tepat di Usia 1 Tahun, Ini Menu Makanan yang Bisa Anda Kreasikan untuk Si Kecil

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 4 September 2020 . Waktu baca 7 menit
Bagikan sekarang

Seiring bertambahnya usia, kebutuhan gizi bayi akan semakin banyak sehingga harus disertai dengan tercukupinya asupan nutrisi harian. Tiba di usia si kecil yang sekarang sudah genap 12 bulan alias 1 tahun, Anda bisa menyajikan aneka menu makanan yang semakin beragam untuk membantu memenuhi zat gizi harian. Apa saja contoh kreasi menu makanan yang bisa disajikan untuk bayi berusia 1 tahun atau 12 bulan?

Makanan seperti apa yang baik untuk bayi 1 tahun?

menu makanan bayi 11 bulan

Ada banyak perkembangan yang terjadi di usia bayi 1 tahun ini. Salah satu perkembangan yang terlihat semakin baik yakni dari segi kemampuan makannya.

Kemampuan makan bayi usia 1 tahun sudah handal menggunakan tangannya. Itulah mengapa menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), menu untuk bayi 1 tahun sudah bisa diberi lebih banyak makanan dengan tekstur agak kasar seperti makanan keluarga dan makanan jari (finger foods).

Secara tidak langsung, makanan pendamping ASI (MPASI) dengan tekstur kasar dan dapat digenggam oleh si kecil akan membantu melatih kemampuan motorik halusnya.

Bahkan, tidak masalah untuk memberikan tekstur makanan keluarga untuk bayi berusia 1 tahun. Selain tekstur makanan, perhatikan juga bumbu yang Anda olah ke dalam menu makanan untuk bayi 12 bulan.

Pada usianya sekarang, si kecil sudah mulai bisa diberikan makanan keluarga dengan bumbu ringan dan tidak terlalu pedas.

Sama halnya dengan memperkenalkan bayi kepada beragam jenis makanan, membiasakannya untuk makan berbagai cita rasa juga butuh waktu.

Akan tetapi, tugas Anda sekarang dalam melatih kemampuan makan bayi tidak jauh berbeda dengan usia sebelumnya.

Si kecil tetap harus dibiasakan untuk mencoba aneka jenis makanan untuk memperkaya persepsinya hingga dewasa.

Pasalnya, di usia ini kebiasaan bayi biasanya sedang sangat senang mengemut makanan dan memilih-milih makanan mana yang ingin atau tidak ingin dimakannya.

Jadi, jika tidak dibiasakan untuk mencoba dan mengenal beragam makanannya lainnya, buah hati Anda bisa saja ‘bertahan’ dengan makanan favoritnya sampai ia dewasa kelak.

Bahkan nantinya, pilihan makanan yang disukai si kecil mungkin akan sangat sedikit karena banyak tidak menyukai makanan ini dan itu.

Inspirasi menu makanan bayi 1 tahun

pasta tuna

Berbeda dengan usia di beberapa bulan sebelumnya, sekarang ibu bisa berkreasi lebih banyak lagi untuk menyajikan menu makanan yang menarik bagi bayi 1 tahun.

Supaya si kecil tidak bosan dengan menu makanan yang itu-itu saja, berikut beberapa inspirasi menu makanan untuk bayi 1 tahun atau 12 bulan:

Menu makanan sarapan bayi 1 tahun

Kebutuhan zat gizi harian bayi, termasuk di usia 1 tahun, meliputi sumber karbohidrat, protein, lemak sehat, serat, vitamin, dan mineral.

Agar kebutuhan gizinya tercukupi saat sarapan, ibu bisa memberikan menu makanan berupa cheesy baked potato dengan daging asap untuk bayi 1 tahun.

Proses pembuatannya tidak terlalu sulit. Anda bisa mulai dengan membuat saus dari margarin, terigu, air, dan keju yang dimasak hingga mengental.

Kemudian lanjutkan dengan mengukus daging asap, kentang, dan sayuran lain sesuai selera, misalnya brokoli, dan haluskan setelah matang.

Tempatkan kentang, daging asap, dan brokoli yang sudah dihaluskan ke dalam wadah kemudian tambahkan saus kental yang sebelumnya telah matang.

Panggang semua semua bahan bersama wadahnya hingga matang dan bisa langsung Anda sajikan sebagai menu sarapan si kecil.

Dari satu menu ini, Anda telah membantu memenuhi kebuthan karbohidrat dari kentang dan serat, vitamin, serta mineral dari brokoli.

Sementara asupan protein dan lemak untuk bayi didapat dari daging asap serta keju.

Menu makanan siang bayi 1 tahun

Setelah mendapat asupan karbohidrat dari kentang di pagi hari, kini Anda bisa menyelingi dengan memberikan nasi sebagai menu makanan bayi 1 tahun di siang hari.

Salah satu pilihan menu makanan untuk siang hari bagi bayi 1 tahun atau 12 bulan misalnya nasi tim dengan baby buncis dan ayam cincang

Cara membuatnya yakni dengan masak nasi seperti biasanya tetapi pastikan teksturnya lembut cenderung agak kasar.

Selanjutnya, olah baby buncis dan ayam cincang dengan cara ditumis menggunakan sedikit minyak sayur maupun minyak zaitun.

Agar lebih lezat, masukkan sedikit bumbu dapur seperti bawang merah, bawang putih, dan bawang bombay ke dalam campuran tumisan baby buncis dan ayam cincang.

Ibu juga diperbolehkan menambahkan perasa meliputi garam, gula, maupun micin dalam takaran yang cukup untuk membantu menambah cita rasa masakan.

Jika nasi tim sudah setengah matang, langkah terakhir tinggal mencampur tumisan baby buncis dan ayam ke dalamnya.

Jangan lupa, pastikan Anda telah memotong baby buncis dan ayam sampai berukuran kecil yang sekiranya tidak menyulitkan bayi saat memakannya.

Menu makanan malam bayi 1 tahun

Makan malam si kecil bisa Anda olah sesuai selera, entah dari nasi maupun pasta sebagai sumber karbohidratnya.

Pilihan menu makanan untuk bayi 12 bulan dari pasta contohnya makaroni dengan salmon dan jagung.

Pembuatan bisa dimulai dengan merebus makaroni hingga tingkat kematangan yang cukup seperti Anda memasak untuk anggota keluarga lainnya.

Sembari menunggu makaroni matang, lanjutkan dengan mengukus jagung. Jika sudah matang, potong salmon berukuran kecil dan tumis bersama jagung dan makaroni dengan menambahkan bumbu perasa dan sedikit susu.

Bukan itu saja, menu makanan bayi 1 tahun untuk malam hari juga bisa Anda buat dari nasi tim dengan tofu dan sawi.

Cara pembuatannya sama seperti menu makan siang, tetapi tofu dan sawi di sini bisa Anda jadikan sup dengan dipotong sampai berukuran kecil terlebih dahulu.

Menu makanan selingan bayi 1 tahun

Jika bayi menunjukkan tanda lapar dan ingin makan tetapi bukan pada waktu makan utamanya, Anda bisa memberikannya makanan selingan atau camilan.

Makanan selingan atau camilan untuk bayi ini biasanya diberikan pada pagi menjelang siang dan sore hari. Menu makanan selingan yang dapat Anda sajikan untuk si kecil di usia 1 tahun ini contohnya ubi kukus dengan parutan keju.

Sebelum dikukus, potong ubi sampai seukuran genggaman tangan bayi terlebih dahulu. Setelah ubi matang, baru beri tambahan parutan keju untuk menambah rasanya.

Pilihan lainnya, jika ingin menyajikan camilan yang cepat dan mudah Anda bisa memberikan buah potong misalnya mangga, kiwi, pepaya, pisang, dan lain sebagainya.

Frekuensi dan porsi makanan untuk bayi 1 tahun

makanan bayi 9 bulan

Menurut WHO sebagai badan kesehatan dunia, frekuensi dan porsi makan bayi 1 tahun yakni sebanyak 3-4 kali untuk makanan utama.

Sementara makanan selingan atau camilan bayi biasanya diberikan sekitar 1-2 kali sehari atau sesuai dengan nafsu makannya.

Menariknya, porsi makanan bayi usia 1 tahun berbeda dengan saat usia sebelumnya. Porsi makanan bayi usia 1 tahun telah meningkat menjadi ¾ dari ukuran mangkuk 250 mililiter (ml) atau bahkan bisa satu mangkuk penuh.

Biasakan juga si kecil untuk makan dalam kurun waktu tidak lebih dari 30 menit. Ini karena waktu makan lebih dari 30 menit sudah tidak efektif lagi untuk si kecil karena fokusnya yang terpecah.

Alat Pengingat Jadwal Imunisasi

Anda baru punya anak? Mau tahu informasi lengkap soal jenis vaksin dan jadwal pemberiannya? Atau butuh pengingat agar tidak lupa?

Cek Di Sini!
parenting

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

6 Pilihan Buah untuk Bayi yang Baik Dikonsumsi Sehari-Hari

Buah-buahan selain kaya vitamin dan nutrisi, juga memiliki rasa yang lezat. Berikut beberapa buah untuk bayi yang bisa dijadikan makanan pendamping ASI.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Bayi, Gizi Bayi, Parenting 8 Oktober 2020 . Waktu baca 9 menit

10 Cara Menyapih Anak agar Mau Berhenti Minum ASI

Meski tidak mudah, mau tidak mau Anda harus menerapkan cara menyapih anak. Tujuannya agar ia bisa lepas dari ASI. Bagaimana caranya?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Bayi, Parenting, Menyusui 7 Oktober 2020 . Waktu baca 10 menit

8 Macam Makanan untuk Mendukung Kecerdasan dan Perkembangan Otak Bayi

Otak bayi berkembang pesat sejak dalam kandungan hingga usia 2 tahun. Ini daftar nutrisi dari makanan untuk kecerdasan otak bayi.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Bayi, Gizi Bayi, Parenting 7 Oktober 2020 . Waktu baca 9 menit

Mengenal Baby Led Weaning (BLW), Saat Bayi Belajar Makan Sendiri

Ingin baby led weaning berhasil diterapkan pada si kecil? Anda harus tahu dulu apa yang harus dilakukan dan dihindari ketika melakukan metode ini. Apa saja?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Bayi, Gizi Bayi, Parenting 7 Oktober 2020 . Waktu baca 11 menit

Direkomendasikan untuk Anda

sagu sebagai MPASI bayi

5 Manfaat Menggunakan Sagu sebagai MPASI untuk Bayi

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 2 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
madu untuk bayi

Usia Berapa Bayi Mulai Boleh untuk Diberikan Madu?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 5 November 2020 . Waktu baca 7 menit
vitamin untuk bayi

Kenali Kebutuhan Vitamin untuk Bayi dan Perannya Sebagai Penambah Nafsu Makan

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 15 Oktober 2020 . Waktu baca 9 menit
resep menu mpasi bayi 6 bulan

Panduan Merancang Menu MPASI Bayi 6 Sampai 11 Bulan

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 8 Oktober 2020 . Waktu baca 9 menit