Daftar Makanan yang Dapat Memicu Ruam Eksim Pada Bayi

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 10 September 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Kulit bayi memang sensitif. Salah satu masalah kulit yang sering dialami bayi adalah eksim. Ada banyak hal yang dapat menjadi penyebab eksim pada bayi, tapi tidak sedikit orangtua yang menganggap kalau makanan juga bisa menyebabkan eksim. Benarkah demikin? Dan kalau iya, makanan apa saja yang bisa jadi penyebab eksim pada bayi?

Apakah makanan bisa menyebabkan eksim?

Eksim adalah peradangan kulit yang ditandai dengan kulit gatal, merah dan kering, bahkan menebal dan mengelupas hingga pecah-pecah. Eksim pada bayi biasanya disebabkan oleh kulitnya yang memang kering; Deterjen, sabun, dan sampo bayi yang tidak cocok dengan kulitnya; Infeksi akibat bakteri atau jamur akibat panas dan keringat; Suhu yang dingin dan kering; hingga bahan pakaian bayi yang mudah mengiritasi.

Banyak yang percaya kalau makanan juga bisa menjadi penyebab eksim pada bayi. Mungkin Anda juga mengira kalau eksim adalah salah satu respon dari alergi makanan anak. Makanan bisa saja menjadi pemicu munculnya eksim pada anak.

Tapi faktanya, kedua hal tersebut adalah hal yang berbeda. Makanan sama-sama bisa menimbulkan alergi maupun eksim. Meski demikian, bayi atau anak yang punya eksim memang berisiko lebih besar untuk juga memiliki alergi terhadap makanan.  

Biasanya, alergi makanan akan menimbulkan gejala yang cepat terlihat, dalam hitungan menit atau jam saja. Gejala eksim biasanya tidak akan muncul langsung setelah bayi mengonsumsi makanan atau minuman pemicu.

Makanan yang ibu makan bisa menjadi penyebab eksim pada bayi

ASI bukanlah makanan penyebab eksim pada bayi. Faktanya, ASI masih menjadi makanan terbaik bayi hingga ia berusia 6 bulan. Namun memang, makanan yang ibu konsumsi harus diperhatikan dengan benar. Pasalnya hal ini dapat memengaruhi kemunculan eksim pada bayi.

Jika Anda sedang menyusui dan bayi masih dalam masa ASI eksklusif – tidak mengonsumsi apapun selain ASI – maka sebaiknya ibu harus menghindari makan makanan seperti:

  • Kacang
  • Kerang
  • Susu sapi
  • Makanan yang mengandung zat aditif

Makanan tersebut adalah makanan yang dapat memicu eksim pada bayi, meski ibu yang mengonsumsinya.

eksim pada bayi

Jenis makanan apa dapat menyebabkan eksim pada bayi?

Jika usia bayi Anda sudah lebih dari 6 bulan dan mulai makan makanan padat, maka ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya Anda hindari untuk diberikan padanya, seperti:

Terkadang dalam beberapa kasus, gejala eksim pada bayi yang muncul tidak akan langsung terlihat setelah ia makan makanan pemicu eksim. Tidak seperti alergi yang langsung akan memunculkan gejala. Bahkan gejala eksim bisa saja terlihat beberapa hari setelah makanan pemicu tersebut dimakan.

Tips mencegah dan mengatasi eksim pada bayi

Bisa sulit bagi orangtua untuk memilah-milih mana makanan yang harus dihindari dalam menu makan anak. Selain mengawasi menu makannya, berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan:

1. Mengubah diet si kecil

Jika memang eksim disebabkan oleh suatu makanan pemicu, maka dokter biasanya akan menganjurkan untuk berhenti memberikan suatu jenis makanan pada bayi dalam 10-14 hari. Dalam rentang waktu tersebut, akan diketahui apakah memang makanan tersebut dapat memicu eksim pada bayi atau tidak. Setelah itu, biasanya dokter akan meminta Anda untuk memberikan makanan tersebut lagi dalam porsi yang kecil. Hal ini untuk memastikan penyebab eksim pada anak.

2. Pemeriksaan kulit

Dalam hal ini dokter akan mengambil ekstrak makanan yang dianggap sebagai pemicu kemudian dioleskan pada kulit bayi. Kemudian dilihat apakah ada respon yang terjadi. jika memang area kulit memerah dan pori-pori membesar, maka makanan tersebut adalah pemicu eksim.

3. Melakukan pemeriksaan darah

Pemeriksaan darah ini dilakukan untuk melihat, jenis makanan apa yang dapat menyebabkan eksim ini muncul. Untuk melakukan semua pemeriksaan ini, sebaiknya Anda konsultasikan dulu ke dokter spesialis anak.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Tanda yang Muncul Jika Anak Anda Jadi Korban Bullying

Bullying bisa terjadi pada siapa saja termasuk anak Anda. Kenali tanda saat anak menjadi korban bullying dalam ulasan berikut.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Remaja, Kesehatan Mental Remaja, Parenting 1 Oktober 2020 . Waktu baca 10 menit

Gangguan Pencernaan yang Sering Dialami Bayi dan Anak-Anak

Orangtua pasti cemas bukan main melihat anaknya bolak-balik BAB. Tenang dulu. Cari tahu penyebab, gejala, dan cara mengobati diare pada anak di Hello Sehat.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Penyakit Pada Anak, Kesehatan Anak, Parenting 30 September 2020 . Waktu baca 10 menit

Benarkah Cacingan Bisa Menyebabkan Stunting pada Anak?

Cacingan masih menjadi masalah kesehatan yang mengkhawatirkan. Belum lagi cacingan diduga bisa jadi penyebab stunting pada anak. Cari tahu lebih jauh, yuk!

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Konten Bersponsor
penyebab stunting
Kesehatan Anak, Parenting 10 Juli 2020 . Waktu baca 5 menit

Tips Mencegah Ruam Popok Pada Pantat Bayi

Eits, kata siapa semua bayi pasti pernah kena ruam popok? Dengan cara-cara berikut, Anda bisa mencegah ruam popok pada si buah hati, lho.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Bayi, Perawatan Bayi, Parenting 25 Juni 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

Penyebab eksim atau dermatitis atopik

Ragam Penyebab Eksim Beserta Faktor Pemicu Kekambuhannya

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Dipublikasikan tanggal: 8 Oktober 2020 . Waktu baca 8 menit
eksim kering dan eksim basah

Apa Bedanya Eksim Basah dan Eksim Kering?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 8 Oktober 2020 . Waktu baca 7 menit
cara merawat kulit bayi

Cara Merawat Kulit Bayi yang Tepat Tanpa Membuat Iritasi

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 6 Oktober 2020 . Waktu baca 12 menit
bayi tidur

Informasi Seputar Jam Bayi Tidur, Cara Menidurkan, dan Posisi yang Tepat

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 5 Oktober 2020 . Waktu baca 11 menit