Apa Jadinya Jika Orang Dewasa Minum ASI?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 23 Maret 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

ASI adalah makanan pokok bayi untuk menjamin tumbuh kembangnya. Dilihat dari sisi kandungan gizinya, ada yang berpendapat bahwa karena ASI bisa dijadikan minuman energi untuk membangkitkan stamina. Di sisi lain,ada beberapa orang dewasa yang mungkin memiliki fetish seks untuk minum ASI pasangannya. Lantas, apa jadinya jika orang dewasa minum ASI?

Kandungan apa saja yang terdapat dalam ASI?

Protein

Protein penting yang terkandung dalam ASI, yaitu whey dan kasein. Kandungan whey pada ASI lebih tinggi dibanding susu formula. Selain itu, kandungan kasein juga lebih tinggi dibanding pada susu formula.

Lemak

Susu manusia juga mengandung lemak yang penting untuk kesehatan bayi Anda. Hal ini diperlukan untuk perkembangan otak, penyerapan vitamin yang larut dalam lemak, dan merupakan sumber utama kalori.

Vitamin

ASI juga kaya akan vitamin dan mineral, misalnya vitamin E dan vitamin A. Vitamin E berfungsi untuk ketahanan sel darah merah. Vitamin A untuk kekebalan tubuh dan pertumbuhan si kecil. Terdapat pula vitamin yang larut dalam air seperti vitamin B, C, dan asam folat yang berfungsi untuk perkembangan otak dan daya tahan tubuh.

Karbohidrat

Laktosa adalah karbohidrat utama yang ditemukan dalam susu manusia. Laktosa membantu mengurangi jumlah bakteri tidak sehat di dalam perut, yang mana meningkatkan penyerapan kalsium, fosfor, dan magnesium.

Immunoglobin dalam ASI juga membantu membentuk antibodi permanen untuk melawan infeksi sepanjang hidup Anda. Karena manfaat tersebut, pemberian ASI pada bayi disarankan enam bulan pertama dari kelahiran bayi.

ASI dapat mencegah kanker

ASI dilaporkan mengandung senyawa bernama HAMLET (Human Alpha-lactalbumin Made Lethal to Tumour Cellsyang dapat membunuh sel-sel kanker. Setelah senyawa ini diekstrak dari ASI dan kemudian disuntikkan ke dalam tubuh pasien kanker, dalam beberapa hari setelah penyuntikkan sel kanker tampak mati dan terbuang lewat urin.

Menurut International Journal of Cancer, bagi ibu manfaat pemberian HAMLET yang terkandung dalam ASI dapat melindungi ibu dari beberapa jenis kanker seperti kanker rahim dan kanker ovarium. Meski ini merupakan temuan yang tergolong baru, nyatanya ASI telah diyakini mampu mengobati penyakit seganas kanker. Namun efektivitasnya belum benar-benar terbukti.

Seorang peneliti asal Swedia berencana melakukan uji coba untuk membandingkan antara manfaat HAMLET dengan plasebo terhadap pasien kanker. Sebab mereka meyakini senyawa tersebut juga akan berpotensi menyembuhkan jenis kanker lain seperti kanker usus dan serviks.

Apa boleh orang dewasa minum ASI?

Boleh saja jika Anda ingin coba minum ASI. Tidak ada larangan kesehatan terkait hal ini. Namun begitu, terlepas dari segala kandungan gizi dan peluang manfaatnya yang menggoda, tidak akan ada efek apapun jika orang dewasa minum ASI secara sengaja.

Alat Pengingat Jadwal Imunisasi

Anda baru punya anak? Mau tahu informasi lengkap soal jenis vaksin dan jadwal pemberiannya? Atau butuh pengingat agar tidak lupa?

Cek Di Sini!
parenting

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Obat Penambah Tinggi Badan, Apakah Benar Bisa Membuat Tinggi?

Banyak orang yang mengonsumsi obat penambah tinggi badan yang dianggap bisa membuat mereka tinggi. Tapi, benarkah klain tersebut?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Kesehatan, Informasi Kesehatan 26 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

Kenapa Biasanya Luka Terasa Gatal Kalau Mau Sembuh?

Mitosnya, kondisi luka gatal pertanda mau sembuh. Benarkah demikian? Mari simak tentang fakta luka pada artikel berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Pertolongan Pertama, Hidup Sehat 26 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit

Benarkah Wanita Berbulu Lebat Nafsu Seksnya Tinggi?

Yang jelas, bulu alias rambut halus yang lebat ini diakibatkan tingginya hormon testosteron. Tapi apakah ini berarti nafsu seksualnya juga lebih tinggi?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Satria Perdana
Kesehatan Seksual, Tips Seks 25 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

Penyebab Kumis dan Jenggot Tidak Tumbuh pada Sebagian Pria

Tak semua pria itu sama. Ada yang brewokan dan kumisan, tapi ada juga yang tidak tumbuh jenggot dan kumis di wajahnya. Apa penyebabnya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan Pria, Penyakit pada Pria 25 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

minyak daun basil

5 Khasiat Minyak Daun Basil untuk Kesehatan Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 2 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit
kutu bulu mata

Sering Tidak Disadari, Bulu Mata Juga Bisa Kutuan! Apa Gejalanya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Elita Mulyadi
Dipublikasikan tanggal: 1 Maret 2021 . Waktu baca 3 menit
alat reproduksi wanita

Mengenal Alat Reproduksi Wanita dan Fungsinya

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 1 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit
bahaya pakai earphone saat tidur

Waspada Bahaya Infeksi Telinga Akibat Pakai Earphone Saat Tidur

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Thendy Foraldy
Dipublikasikan tanggal: 26 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit