Ingin berbagi cerita soal anak? Ikut komunitas Parenting sekarang!

home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Pentingkah Orangtua Ikut Kelas Parenting?

Pentingkah Orangtua Ikut Kelas Parenting?

Mengasuh anak bukan pekerjaan mudah. Apalagi jika ini adalah pengalaman pertama Anda dalam merawat si kecil. Pasti Anda membutuhkan informasi dan bantuan seputar mengasuh anak dengan baik yang benar, baik dari internet, buku, atau ikut kelas parenting. Sebenarnya, pentingkah orangtua mengikuti sekolah parenting? Yuk, cari tahu jawabannya berikut ini.

Apa itu kelas parenting?

Sekolah tidak hanya ditempuh anak-anak dan remaja, tapi juga oleh kalangan tertentu. Contohnya sekolah parenting untuk para orangtua. Di setiap kelasnya, orangtua akan mempelajari berbagai jenis pola asuh yang baik, cara komunikasi yang efektif dengan buah hati, serta menghadapi setiap perubahan dan perkembangan anak.

Sekolah parenting mencakup berbagai jenis kelas, contohnya kelas mengasuh bayi, yang meliputi perawatan bayi baru lahir, cara memandikannya, menyusuinya, bahkan pertolongan pertama saat ia diare atau demam.

Haruskah para ortu ikut kelas parenting?

Kelas parenting bisa membantu para orangtua, apalagi bagi Anda yang baru pertama kali memiliki anak. Dengan mengikuti kelas ini, Anda akan lebih percaya diri dan mampu mengatasi rasa khawatir ketika mengasuh bayi.

Selain itu, sekolah parenting juga menyediakan kelas khusus. Kelas ini diperuntukkan bagi orangtua yang memiliki anak dengan masalah medis dan masalah perilaku. Merawat anak dengan kondisi demikian tentu berbeda dengan anak normal. Pasalnya, mereka butuh perhatian ekstra dalam pengasuhannya.

susu uht untuk anak

Merawat si kecil sering kali pasti membuat sebagain besar orangtua stres dan frustasi. Jika dibiarkan, stres akan berdampak buruk pada kesehatan orangtua. Ini akan berdampak juga pada kualitas hidup anak. Nah, pada kelas parenting, orangtua juga berlatih untuk mengendalikan emosi dan stres yang dihadapi.

Manfaat lain yang bisa didapatkan para orangtua yang ikut kelas parenting adalah terjalinnya hubungan antarorangtua dengan masalah yang sama. Dengan begini, orangtua bisa saling bertukar pikiran dan memberi dukungan satu sama lain dalam mengasuh anak.

Jadi, haruskah setiap orangtua ikut kelas parenting?

Meski sangat membantu, tidak berarti setiap orangtua wajib mengikuti kegiatan ini. Ikut kelas parenting mengharuskan Anda menyediakan waktu luang untuk menghadiri setiap kelasnya. Bagi orangtua yang sibuk bekerja, kemungkinan hal ini sulit dilakukan. Anda perlu menyesuaikan jadwal kelas dengan jam kerja Anda.

Selain itu, Anda juga harus mengeluarkan biaya untuk ikut setiap kelasnya. Jadi, sebelum Anda memutuskan untuk mengikuti kegiatan ini, bicarakan lebih dulu dengan pasangan. Pertimbangkan tersediannya waktu dan biaya yang Anda miliki.

Jika waktu dan biaya tidak memadai, Anda tetap bisa kok memperdalam pengetahuan Anda dalam mengasuh anak dari buku-buku. Jika masih kurang yakin, buat jadwal konsultasi dengan dokter anak atau psikolog anak untuk membantu Anda mengasuh si kecil.

Pusing setelah jadi orang tua?

Ayo gabung di komunitas parenting Hello Sehat dan temukan berbagai cerita dari orang tua lainnya. Anda tidak sendiri!


Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Do we need parenting classes? https://www.theguardian.com/lifeandstyle/2012/mar/31/do-we-need-parenting-classes. Accessed on February 18th, 2019.

Should I Take a Parenting Class? https://www.verywellfamily.com/what-are-parenting-classes-4144875. Accessed on February 18th, 2019.

Should Parents Take Parenting Classes – Its Pros and Cons. https://parenting.firstcry.com/articles/should-parents-take-parenting-classes-its-pros-and-cons/. Accessed on February 18th, 2019.

 

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Aprinda Puji Diperbarui 16/08/2021
Fakta medis diperiksa oleh Hello Sehat Medical Review Team