Ingin berbagi cerita soal anak? Ikut komunitas Parenting sekarang!

home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

4 Cara Menghilangkan Dahak pada Anak Secara Alami

4 Cara Menghilangkan Dahak pada Anak Secara Alami

Dahak yang menumpuk di tenggorokan pasti sangat tidak nyaman, apalagi jika terjadi pada anak. Kondisi ini tidak jarang membuat anak menjadi rewel. Ada beberapa cara alami yang dapat membantu menghilangkan dahak pada anak, hanya dengan menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah.

Bagaimana cara menghilangkan dahak pada anak?

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan dahak anak dengan cara yang mudah dan memakai bahan-bahan yang ada di rumah Anda.

Berikut cara menghilangkan dahak pada anak dengan bahan-bahan alami yang dapat Anda lakukan:

1. Berikan madu

Seperti yang kita tahu bahwa sebenarnya madu punya banyak manfaat dan kegunaan, salah satunya adalah untuk menghilangkan dahak. Bahkan para ahli menyatakan bila madu memiliki efek yang lebih ampuh dalam menghilangkan dahak ketimbang dengan dekongestan (obat penghilang dahak).

Semakin gelap warna madunya, maka semakin banyak antioksidan di dalamnya dan dapat semakin efektif untuk menyembuhkan gejala yang dirasakan si anak.

Berikan anak setengah sendok teh per 11 kg berat badan Anak. Anda dapat memberikan anak madu sebanyak empat sampai lima kali per hari dengan dosis yang dihitung berdasarkan berat badan anak saat itu.

Namun, apabila anak Anda masih di bawah 2 tahun, sebaiknya jangan berikan madu dan segera periksakan ke dokter.

2. Konsumsi air putih yang cukup

Air putih salah satu alternatif terbaik untuk meredakan dahak yang menumpuk. Air putih termasuk dalam kelompok dekongestan alami yang dapat Anda andalkan.

Selain bisa menghilangkan dahak pada anak, mengonsumsi air putih juga dapat membantu tubuh melawan infeksi yang sedang terjadi. Coba berikan anak Anda air putih hangat untuk mempercepat meredakan dahaknya yang menumpuk tersebut.

3. Minum jus lemon

Meskipun rasanya yang asam, jus lemon ampuh untuk menghilangkan dahak yang menumpuk di tenggorokan si anak. Tidak perlu memberikan jus lemon terlalu banyak pada anak, cukup satu sendok teh per tiga jam sekali.

Pastikan anak Anda minum air putih yang cukup setelah mengonsumsi jus lemon, sebab jus lemon dapat mengakibatkan anak mengalami dehidrasi.

4. Mandi dengan air hangat

Salah satu cara untuk membantu menghilangkan dahak pada anak yaitu dengan memandikan anak dengan air yang hangat. Hal ini dapatmembantu melegakan saluran pernapasannya yang tersumbat akibat dahak yang menumpuk.

Mandi air hangat selama kurang lebih 10 menit juga memberikan dampak baik untuk kesehatan seperti, melancarkan aliran darah, membersihkan kuman penyakit lebih ampuh, dan meringankan gejala pilek.

Lalu apakah ada obat yang bisa menghilangkan dahak pada anak?

Jenis obat yang bisa digunakan untuk menghilangkan dahak yang menumpuk adalah dekongestan. Dekongestan ini dapat Anda dapatkan di apotek terdekat di sekitar Anda. Namun, hati-hati dengan pemberian obat jenis ini pada anak Anda. Jika Anda salah dalam memberikan obat pada anak, anak justru bisa mengalami keracunan.

Sebaiknya Anda baca aturan pakai yang ada di kemasan obat tersebut. Biasanya, anak yang di bawah 4 tahun tidak diperbolehkan untuk mengonsumsi obat-obatan tersebut. Apabila kondisi anak tidak kunjung membaik, lebih baik Anda segera membawanya ke dokter untuk diperiksa lebih lanjut.

Pusing setelah jadi orang tua?

Ayo gabung di komunitas parenting Hello Sehat dan temukan berbagai cerita dari orang tua lainnya. Anda tidak sendiri!


Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Davis, B. and Davis, B. (2011). What Can a Child Take to Break Up Phlegm in the Throat?. [online] LIVESTRONG.COM. Available at: http://www.livestrong.com/article/521020-what-can-a-child-take-to-break-up-phlegm-in-the-throat/  [Accessed 27 Apr. 2017].

Howell, N. and Howell, N. (2011). How to Treat an 11 Month Old’s Cold. [online] LIVESTRONG.COM. Available at: http://www.livestrong.com/article/495200-how-to-treat-an-11-month-olds-cold/  [Accessed 27 Apr. 2017].

Healthline. (2017). 7 Ways to Get Rid of Phlegm: Home Remedies, Antibiotics, and More. [online] Available at: http://www.healthline.com/health/cold-flu/how-to-get-rid-of-phlegm  [Accessed 27 Apr. 2017].

Fda.gov. (2017). Use Caution When Giving Cough and Cold Products to Kids. [online] Available at: https://www.fda.gov/drugs/resourcesforyou/specialfeatures/ucm263948.htm  [Accessed 27 Apr. 2017].

 

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Nimas Mita Etika M Diperbarui 03/06/2021
Ditinjau secara medis oleh dr Tania Savitri
x