backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

11 Cara Alami dan Ampuh Mengeluarkan Dahak pada Anak

Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto · General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Putri Ica Widia Sari · Tanggal diperbarui 06/10/2023

11 Cara Alami dan Ampuh Mengeluarkan Dahak pada Anak

Dahak yang menumpuk di tenggorokan pasti sangat tidak nyaman, apalagi jika terjadi pada anak. Kondisi ini tidak jarang membuat anak menjadi rewel. Ada beberapa cara alami yang dapat membantu mengeluarkan atau menghilangkan dahak pada anak.

Secara umum, cara ini sangatlah sederhana dan hanya menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, simak ulasan berikut ini. 

Berbagai cara mengeluarkan atau menghilangkan dahak pada anak

Menurut Seattle Children’s dan beberapa sumber lainnya, berikut adalah berbagai cara menghilangkan atau mengencerkan dahak pada anak yang dapat Anda lakukan. 

1. Berikan madu

manfaat madu untuk anak

Manfaat madu untuk kesehatan tidak perlu diragukan lagi. Pasalnya, obat herbal yang satu ini dipercaya dapat membantu mengencerkan dahak pada anak.

Hal ini karena madu memiliki sifat antibakteri dan antiradang yang dapat meredakan gejala batuk dan membersihkan dahak. 

Para ahli pun menyatakan bahwa madu memiliki efek yang lebih ampuh dalam menghilangkan dahak daripada obat penghilang dahak, seperti dekongestan.

Tips memilih madu untuk anak

Untuk mendapatkan manfaat madu ini, Anda dapat memilih madu yang berwarna gelap.  Semakin gelap warna madunya, maka semakin banyak antioksidan di dalamnya. Hal ini tentu akan semakin efektif untuk mengatasi keluhan anak.

2. Konsumsi air putih yang cukup

Air putih merupakan salah satu alternatif terbaik untuk meredakan dahak yang menumpuk. Air putih termasuk dalam kelompok dekongestan alami yang dapat Anda andalkan.

Selain bisa menghilangkan dahak pada anak, mengonsumsi air putih juga dapat membantu tubuh melawan infeksi yang sedang terjadi.

Jadi, sebaiknya berikan anak Anda air putih hangat untuk mempercepat meredakan dahaknya yang menumpuk tersebut.

Tidak hanya itu, air putih juga dapat mencegah anak mengalami dehidrasi, yang tentunya dapat memperburuk kondisinya. 

3. Gunakan humidifier 

Cara alami lainnya yang dapat membantu mengatasi dahak pada anak adalah dengan menggunakan humidifier.

Berkat humidifer, udara di ruangan rumah Anda menjadi lembap sehingga dapat membantu mengencerkan dan mengeluarkan dahak pada anak.

Saluran pernapasan yang tersumbat akibat dahak yang menumpuk pun menjadi lebih lega. Untuk menciptakan sensasi relaksasi, Anda bisa menambahkan essential oil, seperti lavender atau eukaliptus. 

Bila tidak mungkin menggunakan humidifier, Anda dapat membiarkan air panas di kamar mandi selama beberapa menit mengalir dan menimbulkan uap. Kemudian, biarkan anak menghirup uapnya pada jarak yang aman. 

4. Mandi dengan air hangat

Cara alami lainnya yang dapat membantu menghilangkan dahak pada anak, yaitu dengan memandikannya menggunakan air hangat.

Hal ini dapat membantu melegakan saluran pernapasan anak yang tersumbat akibat dahak yang menumpuk.

Mandi air hangat selama kurang lebih 10 menit juga memberikan dampak baik untuk kesehatan tubuh.

Ini di antaranya melancarkan aliran darah, membersihkan kuman penyakit, dan meringankan gejala pilek.

5. Tepuk-tepuk punggung anak 

Cara yang dapat dilakukan untuk membantu anak mengeluarkan dahak yang selanjutnya adalah dengan menepuk-nepuk punggunya secara perlahan.

Untuk melakukan cara ini, Anda bisa memposisikan anak dengan tegak, lalu tepuk punggungnya dengan perlahan.

Dengan cara ini, dahak yang terjebak dalam saluran napas pun akan semakin mudah untuk dikeluarkan.

6. Gunakan larutan saline

Untuk mengencerkan dahak pada anak agar lebih mudah dikeluarkan, Anda juga dapat menyemprotkan larutan saline ke setiap lubang hidungnya. Cara ini dikenal dengan istilah cuci hidung.

Larutan saline dapat Anda beli di apotek terdekat atau membuatnya sendiri di rumah.

Caranya mudah, cukup campurkan ¼ sendok teh garam ke dalam 1 cangkir air matang hangat, aduk hingga garam dan air menyatu dengan sempurna. 

Dengan larutan ini, tekstur dahak dapat menjadi lebih encer dan mudah dikeluarkan. Tidak hanya itu, cairan ini juga dapat menjaga saluran hidung tetap lembap. 

7. Sedot menggunakan nasal aspirator

tonsilitis kronis

Untuk mengeluarkan dan membersihkan lendir yang terjebak di hidung, Anda dapat menggunakan nasal aspirator untuk membantu mengeluarkannya.

Hal ini dapat membantu anak yang belum terbiasa membuang ingusnya sendiri. 

Caranya pun cukup mudah dilakukan. Anda cukup memasukkan ujung aspirator ke lubang hidung si Kecil dan menyedotnya melalui ujung selang satunya. 

Sebaiknya, hindari untuk menghisapnya terlalu keras. Hal ini karena dapat meningkatkan risiko hidung anak mengalami iritasi. 

8. Gunakan bulb spuit 

Selain menggunakan nasal aspirator, Anda juga bisa menggunakan bulb spuit. Alat ini berbentuk pipet karet yang dapat digunakan sebagai cara untuk membantu mengeluarkan lendir pada hidung anak. 

Untuk menggunakan alat ini, Anda dapat memasukkan ujung bulb spuit ke dalam hidung si Kecil. Namun, sebelumnya buang udara yang ada di dalam spuit menggunakan ibu jari Anda. 

Setelah masuk ke dalam hidung, lepas spuit secara perlahan dan biarkan ia mengembang kembali untuk menarik lendir yang ada di dalam hidung.

Ulangi cara ini sesuai kondisi dan banyaknya lendir pada hidung. Setelah selesai, bersihkan blub spuit menggunakan mangkuk air sabun dan cuci dengan air bersih. 

9. Berkumur menggunakan air garam 

Cara yang dapat dilakukan untuk membantu mengeluarkan dahak pada anak yang selanjutnya adalah berkumur menggunakan air garam

Untuk membuat larutan air garam, Anda dapat mencampurkan ½ sendok teh garam dengan secangkir air hangat. Lalu, beri instruksi kepada anak untuk berkumur selama 30—60 detik. 

Namun perlu diingat, cara menghilangkan dahak ini sebaiknya dilakukan bila anak sudah bisa berkumur, ya.

10. Tinggikan posisi kepala anak 

Saat anak berbaring, lendir dapat menumpuk di sinus, sehingga menyumbat saluran hidung dan membuat anak menjadi tidak nyaman.

Untuk meringankan kondisi ini, Anda dapat membantu menopang kepala anak dengan bantal yang lebih tinggi. 

Hal ini bertujuan untuk mengurangi sumbatan di saluran hidung, sehingga anak dapat bernapas lebih nyaman. 

11.  Berikan anak obat 

Selain menggunakan cara alami di atas, Anda juga dapat memberikan anak obat over the counter (OTC) yang dapat digunakan sebagai cara mengeluarkan dahak pada anak yang menumpuk. 

Anda dapat membeli obat flu di apotek sekitar Anda dan tanyakan lebih lanjut kepada apoteker untuk menentukan obat yang cocok sesuai dengan kondisi anak Anda. 

Saat memberikan obat kepada anak, sebaiknya baca aturan pakai yang ada di dalam kemasan tersebut. 

Apabila cara-cara mengeluarkan atau menghilangkan dahak pada anak di atas tidak efektif mengatasi keluhan yang terjadi, segera periksakan anak ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Carla Pramudita Susanto

General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Putri Ica Widia Sari · Tanggal diperbarui 06/10/2023

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan