home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Tips Anak Cepat Pulih Saat Terkena Infeksi Saluran Pernapasan

Tips Anak Cepat Pulih Saat Terkena Infeksi Saluran Pernapasan

Infeksi saluran pernapasan cenderung rentan dialami pada anak, terutama di cuaca yang tidak bersahabat. Bila dibiarkan, gejala bisa berkembang lebih parah. Maka itu, ada beberapa cara yang bisa orangtua tempuh agar anak bisa cepat pulih dari infeksi saluran pernapasan.

Mengapa anak bisa terkena infeksi saluran pernapasan?

Infeksi saluran pernapasan merupakan penyakit umum yang dialami pada anak. Penyakit ini amat mudah menular, terutama jika anak berinteraksi dengan temannya yang terinfeksi bakteri atau virus penyebab infeksi saluran pernapasan.

Penularan biasanya lewat bersin maupun batuk, bisa juga ketika anak berbagi minum atau makan dari temannya yang sakit. Bahkan, ketika anak menyentuh benda yang terpapar virus atau bakteri penyebab penyakit, kemudian ia menyentuh hidung atau mulutnya bisa memperbesar risiko penularan.

Perlu ibu ketahui, infeksi saluran pernapasan terbagi atas dua, yaitu:

  • Infeksi saluran pernapasan atas, yang mempengaruhi sinus dan tenggorokan (flu, batuk pilek, sinusitis, tonsilitis, laringitis)
  • Infeksi saluran napas bawah. yang berkaitan dengan saluran napas dan paru-paru (bronkitis, bronkolitis, infeksi paru-paru, pneumonia)

Memeriksa kondisi anak sebagai bagian pengawasan batuk di malam hari pada anak

Beberapa gejala yang muncul pada anak, seperti berikut.

  • hidung meler
  • sakit tenggorokan
  • mata merah
  • batuk
  • kelenjar getah bening bengkak
  • demam
  • suara serak

Melansir laman Cleveland Clinic, beberapa penyakit infeksi saluran pernapasan dapat sembuh dalam waktu dua minggu. Namun, penyakit ini perlu ditangani segera agar gejala tidak berkembang menjadi lebih serius.

Maka itu, ada beberapa langkah yang orangtua lakukan untuk membantu memulihkan kondisi anak.

Tips memulihkan infeksi saluran pernapasan pada anak

Sakit infeksi saluran pernapasan tentu membuat kegiatan anak jadi terhambat. Anak jadi lesu dan enggan untuk beraktivitas karena gejala yang mengganggu. Setiap orangtua menginginkan anaknya lekas sehat dari sakit, supaya ia bisa melanjutkan kembali eksplorasinya.

Ada beberapa langkah yang bisa orangtua lakukan untuk mengatasi infeksi saluran pernapasan pada anak.

1. Berikan asupan untuk memperkuat sistem imun

infeksi saluran pernapasan pada anak

Di saat seperti ini, anak membutuhkan asupan untuk memperkuat sistem imun. Berikan asupan dengan kandungan prebiotik PDX dan GOS, serta beta glucan. Kombinasi nutrisi tersebut tersebut dapat ditemukan di dalam susu formula anak.

Ibu tetap bisa memberikan asupan ini agar daya tahan tubuh anak terjaga. Berdasarkan sebuah studi dalam Nutrition Journal, serat betaglucan dan prebiotik PDX GOS, dapat mendukung kebutuhan nutrisi anak yang berdampak positif pada fungsi sistem imun anak.

Salah satu hasil penelitiannya menyebutkan bahwa anak yang mengonsumsi nutrisi yang mengandung serat betaglucan dan prebiotik terbukti lebih tidak mudah sakit dari penyakit pernapasan.

Beta glucan bekerja dengan menempel pada permukaan sel imun. Kemudian, beta glucan bekerja merangsang sel imun agar dapat aktif dan berkembang biak. Sel imun tersebut menyerang virus dan bakteri jahat, termasuk penyebab infeksi saluran pernapasan.

Dengan begitu, beta glucan membantu penyembuhan dan pemulihan si kecil dari infeksi saluran pernapasan.

2. Berikan banyak cairan untuk cegah infeksi saluran pernapasan pada anak

tidak suka air putih

Saat infeksi saluran pernapasan terjadi pada anak, pasti ia jadi enggan untuk minum. Belum lagi tenggorokannya terasa tidak nyaman. Walau begitu, ibu perlu tetap mengingatkan dan memberikannya asupan cairan agar kondisinya cepat memulih.

Tidak semua anak bisa banyak minum dalam satu waktu. Ibu bisa memberikan anak minum dengan frekuensi sering, meskipun dalam jumlah yang sedikit. Penting untuk menjaga anak tetap terhidrasi saat sakit.

Asupan cairan bisa berupa air mineral maupun kaldu ayam yang bisa menyamankan tenggorokannya. Cairan ini dibutuhkan oleh kelenjar getah bening, bagian dari sistem imun untuk melawan infeksi tubuh.

3. Cukup istirahat

Batuk di malam hari pada anak

Istirahat cukup juga membantu proses pemulihan pada anak yang infeksi saluran pernapasan. Tidur dapat mendukung kesehatan secara keseluruhan. Tidur juga bisa memperbaiki sel imun tubuh yang mampu melawan patogen penyebab penyakit.

Tidur membantu memperkuat sistem imun bekerja melawan penyakit. Karena tubuh membutuhkan waktu untuk memperbaiki dirinya sendiri dengan bantuan sistem imun. Saat tidur, anak memberi ruang sistem imun bekerja untuk menyembuhkannya dari penyakit.

Durasi tidur anak berdasarkan usia bisa dilihat sebagai berikut.

  • usia 1-2 tahun: 11-14 jam
  • usia 3-5 tahun: 10-13 jam

Tidur merupakan cara alami untuk menguatkan sistem imun dalam melawan penyakit. Jadi, pastikan anak cukup tidur agar ia cepat sembuh.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Respiratory Infection in Children | Cleveland Clinic. (2014). Retrieved April 6, 2020, from Cleveland Clinic website: https://my.clevelandclinic.org/health/articles/4022-childhood-respiratory-infections-and-other-illnesses

Respiratory tract infections (RTIs). Retrieved April 6, 2020, from https://www.nhs.uk/conditions/respiratory-tract-infection/

Weak immune system: Symptoms and what to do. (n.d.). Retrieved April 6, 2020, from www.medicalnewstoday.com website: https://www.medicalnewstoday.com/articles/324930

Complicated Respiratory Tract Infections | Riley Children’s Health. (n.d.). Retrieved April 6, 2020, from www.rileychildrens.org website: https://www.rileychildrens.org/health-info/complicated-respiratory-tract-infections

Harvard Health Publishing. (2018, July 16). How to boost your immune system – Harvard Health. Retrieved April 6, 2020, from Harvard Health website: https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/how-to-boost-your-immune-system

Upper Respiratory Infections (Colds): Treatment & When to See a Doctor. (2019). Retrieved April 6, 2020, from Nationwidechildrens.org website: https://www.nationwidechildrens.org/conditions/upper-respiratory-infections-colds

Sleep and Immune System. (n.d.). Retrieved April 6, 2020, from Healthline website: https://www.healthline.com/health-news/how-sleep-bolsters-your-immune-system

Weak immune system: Symptoms and what to do. (n.d.). Retrieved April 6, 2020, from www.medicalnewstoday.com website: https://www.medicalnewstoday.com/articles/324930

Why Drinking Water Is the Way to Go (for Kids) – KidsHealth. (2018). Retrieved from Kidshealth.org website: https://kidshealth.org/en/kids/water.html

National Sleep Foundation Recommends New Sleep Times | National Sleep Foundation. (2015). Retrieved April 6, 2020, from Sleepfoundation.org website: https://www.sleepfoundation.org/press-release/national-sleep-foundation-recommends-new-sleep-times

Pontes, M. V., Ribeiro, T. C. M., Ribeiro, H., de Mattos, A. P., Almeida, I. R., Leal, V. M., … Scalabrin, D. M. F. (2016). Cow’s milk-based beverage consumption in 1- to 4-year-olds and allergic manifestations: an RCT. Nutrition Journal15. https://doi.org/10.1186/s12937-016-0138-0

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh Maria Amanda
Tanggal diperbarui 21/04/2020
x