backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

13 Alat Tulis Sekolah Anak yang Perlu Disiapkan

Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto · General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Ihda Fadila · Tanggal diperbarui 15/06/2023

Berikut adalah daftar produk yang bisa bermanfaat untuk Anda. Perlu diketahui, kami bisa saja mendapatkan sedikit komisi setiap kali Anda membeli produk via link ini. Tenang, tidak ada penambahan biaya. Pelajari lebih lanjut soal konten produk marketing kami di sini.

13 Alat Tulis Sekolah Anak yang Perlu Disiapkan

Bu, apakah si Kecil sebentar lagi masuk sekolah? Meski dulu pernah bersekolah, Ibu mungkin kini lupa atau bingung apa saja alat tulis sekolah yang perlu dipersiapkan untuk anak.

Padahal, mempersiapkan kebutuhan sekolah dapat membantu proses belajar si Kecil, sehingga ia bisa sukses melewati masa sekolah dasar, menengah, hingga seterusnya.

Nah, untuk mengingatkan Anda, ketahui daftar nama atau list alat tulis sekolah lengkap pada ulasan di bawah ini.

Macam-macam alat tulis sekolah untuk anak

Sebelum mencari tahu apa saja peralatan yang perlu disiapkan untuk sekolah anak, Anda perlu memahami dulu bahwa alat tulis yang dibutuhkan anak mungkin berbeda pada setiap tingkatan.

Beberapa alat tulis yang tertera di bawah mungkin belum akan digunakan pada tingkatan pertama atau kelas satu sekolah dasar (SD).

Sebaliknya, beberapa alat lainnya mungkin akan lebih sering digunakan saat si Kecil masih di tingkat pertama.

Jadi, sesuaikan kembali alat tulis sekolah dengan kebutuhan anak Anda. Berikut adalah daftar atau list alat tulis sekolah yang umum diperlukan anak.

1. Buku tulis

Berapa pun tingkat sekolah si Kecil, buku tulis merupakan peralatan tulis utama yang dibutuhkan.

Untuk anak kelas satu SD, buku tulis biasanya lebih sering dijadikan sebagai buku latihan. Sebagai contoh, untuk belajar menulis angka, huruf, atau lainnya.

Untuk kelas yang lebih besar, buku tulis juga bisa menjadi buku catatan untuk mencatat materi pelajaran penting dari guru anak Anda.

2. Pensil

Ada banyak jenis pensil yang bisa digunakan si Kecil. Namun, pensil yang umum digunakan untuk anak sekolah, yaitu pensil grafit (graphite pencil) yang terbuat dari batang kayu.

Pensil grafit memiliki ketebalan yang beragam yang dibedakan dengan kode, seperti B, 2B, H, 2H, dan sebagainya.

Biasanya, pensil 2B sering digunakan untuk ujian sekolah anak karena memiliki ketebalan yang pas. Ini terutama jika hasil ujian di kertas perlu dipindai melalui perangkat komputer.

3. Penghapus

Salah satu keunggulan menggunakan pensil, yaitu dapat dihapus. Itulah mengapa penghapus jadi salah satu list alat tulis sekolah yang juga dibutuhkan anak.

Sama seperti pensil, penghapus juga memiliki banyak jenis. Selain berwarna putih, abu-abu, atau hitam yang umum, ada pula penghapus dengan ragam warna dan bentuk yang unik.

Dari semua jenis yang ada, Anda bisa memilih penghapus yang tidak meninggalkan kotoran sisa hapusan agar lingkungan sekolah tetap bersih.

4. Rautan

Jika menggunakan pensil, rautan juga pasti sangat dibutuhkan. Rautan diperlukan untuk membuat ujung pensil lebih panjang dan runcing, sehingga menjadi lebih nyaman digunakan.

Rautan juga punya banyak jenis yang bisa dipilih. Bahkan, kini juga terdapat rautan elektrik yang bisa digunakan tanpa perlu memutar pensilnya sendiri atau dapat menyesuaikan ketajaman ujungnya.

Apa pun jenisnya, Anda sebaiknya memilih rautan yang praktis untuk anak agar ia tak kerepotan membawanya, misalnya rautan yang ukurannya tak terlalu besar.

5. Bolpoin

Untuk anak kelas satu SD, bolpoin mungkin masih belum digunakan. Kapan akan menggunakan alat tulis ini umumnya tergantung pada peraturan sekolah dan kebutuhan anak itu sendiri.

Namun, menurut Two Writing Teachers, menggunakan bolpoin lebih simpel daripada pensil karena tak perlu menghapus dan merautnya.

Bila si Kecil sudah waktunya pakai bolpoin, berikan ia bolpoin dengan tinta warna hitam atau biru. Hanya dua warna ini yang memang boleh digunakan di sekolah, terutama saat ujian.

6. Penggaris

Penggaris juga merupakan salah satu peralatan tulis yang wajib dimiliki anak sekolah. Penggaris bisa terbuat dari plastik, logam, atau kayu untuk mengukur benda atau menggambar garis lurus.

Alat tulis yang satu ini juga hadir dalam berbagai ukuran panjang. Agar aman untuk si Kecil, pilihlah penggaris yang tidak tajam di bagian ujungnya dan jika perlu tahan pecah.

7. Stabilo/highlighter

Alat tulis sekolah berwarna yang satu ini tidak wajib untuk dimiliki anak. Namun, highlighter atau stabilo tentu dapat mempermudah proses belajarnya.

Highlighter dapat menandai teks dalam buku yang dinilai penting atau perlu dibaca kembali. Anak Anda dapat memilih sendiri warna stabilo yang disuka agar semakin semangat belajar.

8. Tipp-ex

Jika penghapus dapat menghapus tulisan menggunakan pensil, tipp-ex bisa membantu mengoreksi tulisan dengan bolpoin yang salah.

Tipp-ex umumnya berbentuk cairan berwarna putih. Namun, selain cairan, ada pula yang berbentuk seperti pita kaset atau yang disebut dengan correction tape. 

9. Lem kertas

Peralatan alat tulis sekolah yang satu ini juga tidaklah wajib. Namun, lem kertas terkadang digunakan untuk mengerjakan tugas sekolah yang terkait dengan kreativitas.

Agar memudahkan si Kecil, pilih lem kertas yang berbentuk stik atau disebut dengan glue stick. Jenis lem ini umumnya tidak membuat tangan anak Anda lengket.

10. Pensil warna atau krayon

Pensil warna atau krayon umumnya tak digunakan setiap hari di sekolah. Biasanya, peralatan ini akan dibutuhkan saat ada mata pelajaran yang terkait dengan menggambar atau mewarnai.

Namun, sebelum membeli peralatan ini, sebaiknya tanyakan dulu kepada pihak sekolah. Pasalnya, beberapa sekolah sudah menyediakan alat ini, sehingga Anda tidak perlu membelinya.

11. Tempat pensil

Jangan lupa membeli tempat pensil. Tempat pensil dapat menyimpan macam-macam alat tulis sekolah di atas, terutama pensil, bolpoin, stabilo, penghapus, dan mungkin rautan.

Tempat pensil memiliki bentuk dan gambar yang beragam. Biarkan si Kecil memilih tempat pensil kesukaannya agar ia semakin semangat pergi ke sekolah.

12. Kalkulator

Beberapa orangtua berpikir kalkulator bisa menghambat anak untuk mahir dalam matematika. Namun, melansir Understood, kalkulator justru memungkinkan anak mengikuti pelajaran yang sama dengan teman kelasnya.

Meski begitu, kalkulator tidak boleh digunakan setiap saat. Alat tulis sekolah ini pun biasanya baru akan digunakan pada tingkat atau kelas yang lebih besar.

13. Jangka

Meski bukan peralatan wajib, jangka terkadang dibutuhkan untuk membantu membuat lingkaran atau busur dengan sempurna.

Biasanya, alat tulis ini akan dibutuhkan saat mata pelajaran matematika atau yang terkait dengan kesenian menggambar.

Itulah beberapa daftar nama atau list alat tulis sekolah yang biasanya perlu orangtua siapkan. Selain membeli satuan, beberapa merek juga menawarkan satu set peralatan tulis.

Biasanya, set ini terdiri dari pensil, penghapus, rautan, dan pulpen atau dengan pelengkap lainnya.

Apa pun yang Anda pilih, pastikan itu sudah sesuai dengan kebutuhan si Kecil untuk mendukung perkembangan anak Anda.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Carla Pramudita Susanto

General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Ihda Fadila · Tanggal diperbarui 15/06/2023

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan