Pentingnya Air Putih untuk Anak, Plus 7 Trik Agar Anak Minum Lebih Banyak

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 4 September 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Minum air putih adalah sebuah kebutuhan dasar manusia. Untuk bayi dan balita, kebutuhan air putihnya sangat penting dibanding pada orang dewasa, karena mereka membutuhkan cairan lebih banyak berkaitan dengan ukuran tubuh mereka.

Selain itu, kapasitas ginjal mereka belum berkembang untuk bisa cepat menyesuaikan diri dengan jumlah air dalam tubuh mereka, dan mekanisme rasa haus mereka tidak berjalan sampai mereka merasa dehidrasi. Anak Anda harus minum air yang banyak, terutama di musim panas saat suhu lebih hangat dan anak akan lebih banyak kehilangan cairan. Anak berumur 1 tahun dengan berat 10 kg yang sehat membutuhkan 4 gelas cairan setiap hari. Bagaimana caranya agar anak banyak minum air putih?

Tips untuk membuat anak Anda banyak minum air putih

1. Buat minum air putih jadi kegiatan yang menyenangkan

Letakkan air putih dalam gelas yang menarik (anak biasanya suka gelas dengan gambar hewan berwarna cerah atau karakter kartun favorit mereka). Tambahkan sedotan, es batu berbentuk lucu, atau sedikit potongan buah seperti stroberi.

2. Batasi pilihan mereka

Jangan isi kulkas Anda dengan dengan soda dan jus buah berwarna-warni. Jika Anda ingin mengonsumsi minuman tersebut tetapi tidak ingin anak-anak Anda ikut-ikutan, tempatkan minuman tersebut di mana Anak anda tidak bisa melihatnya.

Namun tips terbaik adalah jangan menyimpan jenis minuman tersebut di rumah karena anak-anak sangat pintar dalam menemukan makanan yang disembunyikan. Akan lebih baik jika Anda menjadi panutan untuk mereka. Jika mereka melihat Anda minum air, mereka cenderung mengikuti.

3. Minum air putih dulu, baru beri mereka camilan

Jika Anda ingin membiarkan anak-anak Anda minum minuman bersoda, dorong mereka untuk minum segelas besar air putih terlebih dahulu. Lalu setelah memuaskan rasa haus mereka, mereka tidak akan terlalu banyak makan makanan yang manis.

4. Jelaskan manfaat minum air putih

Menjelaskan manfaat air putih mungkin merupakan cara yang paling baik untuk membuat anak-anak Anda mengerti, tapi biasanya anak-anak memang tertarik tentang tubuh manusia. Ajak mereka ke perpustakaan dan ambil beberapa buku tentang gizi dan bagaimana tubuh bekerja. Ajarkan mereka pentingnya mengkonsumsi cukup air putih. Bahkan seorang remaja pemberontak pun mungkin memutuskan untuk membuang soda jika mereka tahu bahwa soda itu membuat mereka lebih mudah jerawatan.

5. Buat rasa air putih jadi lebih enak

Air putih dingin biasanya lebih menarik bagi anak-anak, terutama di musim panas. Jadi alternatifnya adalah dengan membekukan botol air anak Anda di lemari es untuk dibawa ke sekolah. Anda juga bisa menambahkan irisan lemon dan jeruk nipis untuk menambah rasa buah tanpa harus menambah jus yang mengandung banyak gula.

6. Buat air putih mudah dijangkau

Hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk mendorong anak-anak Anda agar minum air putih adalah dengan memudahkan anak Anda menjangkaunya. Jika mereka bermain di luar, bawakan mereka botol; saat makan malam, letakkan botol besar berisi air putih di atas meja. Jika semua anggota keluarga minum air putih terus-menerus, mereka akan terbiasa dengan kebiasaan tersebut.

7. Lakukan perubahan secara bertahap

Jangan langsung menuntut anak untuk hanya minum air putih saja. Mulailah dengan membuat minuman manis sesekali atau saat akhir pekan saja, berikan dalam gelas yang lebih kecil, dan tawarkan jenis minuman yang lebih baik seperti sari buah ketimbang minuman bersoda.

Pada saat yang sama, biasakan minum air putih di setiap jam makan. Jika anak Anda benar-benar rewel, mulai beri mereka lebih banyak sari buah setiap hari sampai mereka mau minum air putih lagi.

Alat Pengingat Jadwal Imunisasi

Anda baru punya anak? Mau tahu informasi lengkap soal jenis vaksin dan jadwal pemberiannya? Atau butuh pengingat agar tidak lupa?

Cek Di Sini!
parenting

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?

Yang juga perlu Anda baca

Waktu Memandikan Bayi, Sebaiknya Pagi atau Sore Hari?

Ada yang bilang sebaiknya memandikan bayi di pagi hari, tapi ada juga yang bilang sore lebih pas. Yang benar yang mana? Simak jawabannya di sini, ya.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Bayi, Perawatan Bayi, Parenting 16 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit

Kenapa Bisa Ada Orang yang Tidak Suka Minum Air Putih?

Minum air itu sangat penting, tapi ada saja orang yang tidak suka air putih. Kok bisa, ya? Ini dia alasan sekaligus cara mengatasinya.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan, Informasi Kesehatan 9 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit

Ragam Manfaat Makan Buah Markisa untuk Kesehatan

Selain memiliki rasa asam manis yang khas dan menyegarkan, ternyata buah markisa memiliki banyak manfaat kesehatan loh! Simak ulasannya berikut ini:

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Fakta Gizi, Nutrisi 7 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit

3 Ciri Kulit Bayi Anda Sensitif dan Perlu Perawatan Khusus

Kulit bayi baru lahir memang terkenal sensitif. Tapi ada beberapa ciri kulit bayi sensitif yang memerlukan perawatan ekstra daripada biasanya. Selengkapnya

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Fauzan Budi Prasetya
Bayi, Perawatan Bayi, Parenting 2 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

pilihan beras untuk menurunkan berat badan

Beras Merah vs Beras Shirataki, Mana yang Efektif untuk Diet?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 18 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
kulit bayi mengelupas

Kulit Bayi Mengelupas di Minggu Pertamanya, Apakah Berbahaya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 6 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit
cara mengatasi jantung berdebar

5 Cara Mengatasi Jantung Berdebar Kencang yang Efektif

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 3 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
Konten Bersponsor
perkembangan otak anak usia dini

Menilik Pentingnya Nutrisi bagi Perkembangan Otak Anak Usia Dini

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 30 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit