Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya
ask-doctor-icon

Tanya Dokter Gratis

Kirimkan pertanyaan atau pendapatmu di sini!

Perkembangan Bayi 20 Bulan, Mulai Ingin Melakukan Sesuatu Sendiri

    Perkembangan Bayi 20 Bulan, Mulai Ingin Melakukan Sesuatu Sendiri

    Memasuki usia 20 bulan atau 1 tahun 8 bulan, perkembangan bayi sudah mulai terlihat seperti anak-anak. Ibu dan ayah akan melihat si kecil berusaha melompat atau berlari. Berikut penjelasan lengkap seputar perkembangan anak usia 20 bulan dan tanda-tanda si kecil perlu konsultasi ke dokter.

    Perkembangan bayi 20 bulan atau 1 tahun 8 bulan yang seharusnya

    manfaat lele untuk bayi

    Mengutip dari grafik Denver II, perkembangan bayi usia 20 bulan atau 1 tahun 8 bulan umumnya sudah memiliki kemampuan beberapa hal, yaitu:

    • berlari,
    • melempar dan menendang bola,
    • berusaha melompat,
    • menaiki anak tangga,
    • bisa mengatakan dua kata,
    • menunjuk satu gambar dan menyebutkannya,
    • mengenal anggota tubuh, dan
    • bicara mulai jelas.

    Menjelang usia dua tahun, kemampuan anak sudah bertambah. Ia sudah mulai terlihat seperti anak kecil yang ingin mencoba sesuatu sendiri, bukan lagi bayi yang lebih banyak diam.

    Kemampuan motorik kasar

    Anak ibu dan ayah sudah banyak gerak dan tingkahnya mulai tidak terduga? Sebut saja, anak mulai berusaha berjalan mundur atau sering ingin menendang bola.

    Perkembangan motorik kasar anak usia 20 bulan atau 1 tahun 8 bulan memang membuat anak semakin aktif.

    Grafik milestones Denver II menunjukkan bahwa anak mulai lancar untuk berlari, menaiki anak tangga, menendang dan menangkap bola.

    Kemampuan motorik halus

    Tidak hanya kemampuan motorik kasar, motorik halus anak juga perlu orangtua perhatikan. Salah satu kemampuan motorik halus saat bayi berusia 20 bulan adalah menyusun balok.

    Dalam grafik milestones Denver II, bayi 20 bulan sudah mampu menyusun 2-4 balok dan lempar barang. Beberapa anak bahkan ada yang mulai berusaha menyusun 6 balok.

    Kemampuan komunikasi dan berbahasa

    Berdasarkan grafik milestones Denver II, perkembangan bahasa dan komunikasi bayi usia 20 bulan sudah mulai bisa menggabungkan dua kata. Ambil contoh “mau makan”, “mau mandi”.

    Jumlah kata yang anak ucapkan juga semakin banyak, setidaknya ada 6 kata yang sudah bisa si kecil katakan dengan jelas.

    Anak ibu dan ayah juga mulai belajar untuk mengenal dan mengucapkan anggota tubuhnya, misalnya, menyebut kepala sambil memegangnya saat sedang mandi.

    Tidak hanya itu, dalam bayi usia 20 bulan juga sudah mulai tertarik dengan buku. Ini adalah waktu yang tepat untuk mendorong anak suka membaca.

    Bahkan, saat ini anak dapat mempunyai buku favorit yang selalu ingin ayah ibunya bacakan setiap hari. Saat sedang membaca buku, ia bisa menunjuk beberapa gambar.

    Menunjuk dan mengatakan gambar merupakan salah satu perkembangan bayi 20 bulan dari segi kemampuan komunikasi dan kognitifnya.

    Kemampuan sosial dan emosional

    Ayah ibu pernah melihat anak memukul atau mendorong temannya? Meski sering membuat kaget, sebenarnya ini termasuk tahap perkembangan anak usia 20 bulan.

    Melansir dari Babycenter, sikap tersebut merupakan salah satu respons kemampuan sosial dan emosional anak.

    Saat anak melakukan hal tersebut, hindari memberi reaksi berlebihan, seperti memarahinya. Berikan pengertian secara pelan tapi tegas, bahwa hal yang ia lakukan adalah salah.

    Meski sulit, ini cara yang baik dalam membuat anak memahami apa yang boleh dan tidak ia lakukan.

    Selain itu, saat bayi berusia 20 bulan, ia sudah mulai memakai sendok dan garpu sendiri ketika makan.

    Anak juga mulai belajar mencuci tangan dengan air dan sabun sendiri, berusaha membantu pekerjaan rumah, dan menyikat gigi sendiri.

    Semakin besar, anak akan belajar cara menjadi anak mandiri yang terkadang membuat orangtua terkejut dengan kemampuannya.

    Cara meningkatkan perkembangan bayi 20 bulan

    perkembangan balita

    Orangtua sebaiknya tidak banyak melarang anak selama tidak melakukan hal berbahaya.

    Ayah dan ibu bisa melakukan berbagai cara untuk meningkatkan dan mengasah perkembangan bayi usia 20 bulan, berikut langkahnya.

    Perkaya kosakata anak dengan membacakan buku cerita

    Saat anak berusia 20 bulan, cara memperkaya kosakata anak adalah membacakan buku cerita anak ketika waktu luang. Ayah dan ibu bisa membuat jadwal waktu baca sebelum tidur.

    Selain saat tidur, orangtua juga bisa menyelipkan waktu baca saat bermain, atau bahkan saat buang air besar.

    Membacakan buku juga menjadi cara yang tepat untuk menenangkan anak sebelum tidur. Ayah dan ibu dapat memilih beberapa jenis buku seperti buku cerita dengan banyak gambar.

    Orangtua juga dapat membawa anak ke toko buku dan melihat jenis buku apa yang ia dekati. Libatkan anak dalam memilih buku, sehingga menambah kesenangannya.

    Melibatkan dalam pekerjaan rumah

    Dalam perkembangan bayi 20 bulan, anak mulai mulai lebih mandiri. Ia mungkin akan mulai berteriak “Aku saja yang melakukan” atau “Aku sendiri!”

    Saat anak berkata seperti itu, beri dukungan dengan memintanya melakukan pekerjaan rumah ringan.

    Tidak perlu yang rumit, hal sederhana seperti meletakkan sendok kotor di wastafel atau membersihkan tumpahannya sendiri akan membuatnya merasa dihargai.

    Setelah bisa melakukan pekerjaan rumah sendiri, selalu berikan pujian pada anak meski tidak sempurna.

    Ayah dan ibu dapat mengatakan, “terima kasih sudah menaruh sendok kotor di wastafel, ya.” Cara tersebut mampu meningkatkan kepercayaan diri anak.

    Ajak anak menjaga kesehatan gigi

    Ayah ibu sudah bisa mengajak anak usia 20 bulan untuk menjaga kesehatan gigi. Pilih pasta gigi anak yang tidak mengandung fluoride karena anak belum bisa meludah.

    Mengingat anak usia 20 bulan sudah ingin melakukan banyak hal sendiri, berikut beberapa kiat yang dapatmembantu anak menggosok gigi sendiri.

    • Biarkan anak mengikuti gaya menggosok gigi orangtuanya.
    • Gosok gigi bersama dengan anak sehingga ia juga dapat menggosok giginya. Ini dapat menjadi kegiatan favorit yang kalian lakukan bersama.
    • Tunjukan cara berkumur lalu mengeluarkannya, biarkan anak berlatih sebanyak yang ia mau.
    • Biarkan anak berdiri di anak tangga sehingga dapat bercermin. Lalu hitung gigi bersama saat menggosoknya.
    • Pilih sikat gigi yang kecil dan berbulu lembut agar ia bisa menyikat gigi dengan nyaman.

    Waktu yang tepat untuk konsultasi ke dokter

    Menjelang usia 2 tahun, kontrol ke dokter tidak akan sesering dulu saat anak masih bayi. Biasanya dokter menyarankan untuk konsultasi ketika anak sakit atau keperluan darurat.

    Jika anak aktif dan sehat, orangtua dapat menunggu hingga kontrol berikutnya saat bayi berusia 24 bulan.

    Namun, ada beberapa tanda bahaya yang menunjukan perkembangan bayi 20 bulan tidak berjalan dengan baik, berikut di antaranya melansir dari Baby Center.

    • Tidak berinteraksi dengan orang lain saat bermain, misalnya menunjuk sesuatu, memberi mainan, atau bereaksi terhadap sesuatu.
    • Belum mengenali orang atau gambar ketika orangtua memperlihatkan gambar atau foto.
    • Tidak terlibat dalam permainan peran, misalnya menyuapi boneka, mengaduk makanan, atau menyisir rambut.

    Nantinya, dokter akan memeriksa anak apakah ada keterlambatan perkembangan atau tidak.

    Hal yang perlu orangtua perhatikan dalam perkembangan bayi 20 bulan

    Anak usia 20 bulan mulai sering menolak dan tidak selalu menuruti keinginan orangtuanya. Kondisi ini wajar karena anak belum belajar tentang pengendalian diri.

    Bila si kecil merengek ingin bermain di tempat yang menurut ayah dan ibu tidak aman, bawa ia keluar atau pergi ke tempat yang lebih aman.

    Setelah menjauh dari area yang tidak aman, beri pengertian bahwa tempat sebelumnya berbahaya bila ia pakai bermain.

    Hal berikutnya yang perlu orangtua perhatikan adalah kata-kata yang anak miliki, apakah bertambah atau tidak.

    Kalau jeli, sebenarnya di perkembangan bayi 20 bulan, anak sering mengucapkan kata sambil menunjuk benda tersebut.

    Ayah dan ibu bisa mengucapkan nama benda atau sesuatu yang ingin anak ucapkan dengan nama sebenarnya. Ambil contoh, menyebutkan mobil bukan ‘mbim’.

    Setelah melalui usia 20 bulan, bagaimana perkembangan bayi 21 bulan?

    health-tool-icon

    Pengingat Jadwal Imunisasi Bayi dan Anak

    Gunakan pengingat jadwal ini untuk mempelajari imunisasi apa yang dibutuhkan oleh anak Anda dan kapan waktu tepatnya.

    Apa jenis kelamin anak Anda?

    Laki-laki

    Wanita

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Sumber

    Children Development. (2021). Retrieved 28 December 2021, from https://www.ccmedical.org/forms/1428352937_171971.pdf

    20 Month Old baby Development – New Kids Center. (2021). Retrieved 28 December 2021, from https://www.newkidscenter.org/20-Month-Old-Baby-Development.html

    Imporant 19-24 Months Milestones | Track Toddler Milestones. (2021). Retrieved 28 December 2021, from https://pathways.org/growth-development/19-24-months/milestones/

    From Baby to Big Kid: Month 20. (2021). Retrieved 28 December 2021, from https://www.zerotothree.org/resources/1249-from-baby-to-big-kid-month-20

    What developmental milestones is your 2-year-old reaching?. (2021). Retrieved 28 December 2021, from https://www.cdc.gov/ncbddd/actearly/milestones/milestones-2yr.html

    Your 20-month-old: Week 4 | BabyCenter. (2021). Retrieved 28 December 2021, from https://www.babycenter.com/toddler/1-year-old/your-20-month-old-week-4_10329428

    Your 20-month-old: Week 3 | BabyCenter. (2021). Retrieved 28 December 2021, from https://www.babycenter.com/toddler/1-year-old/your-20-month-old-week-3_10329427

    Your 20-month-old: Week 2 | BabyCenter. (2021). Retrieved 28 December 2021, from https://www.babycenter.com/toddler/1-year-old/your-20-month-old-week-2_10329426

    Your 20-month-old: Week 2 | BabyCenter. (2021). Retrieved 28 December 2021, from https://www.babycenter.com/toddler/1-year-old/your-20-month-old-week-2_10329426

    Warning signs of a social / cognitive delay | BabyCenter. (2021). Retrieved 28 December 2021, from https://www.babycenter.com/toddler/development/warning-signs-of-a-social-cognitive-delay_12654

    Foto Penulisbadge
    Ditulis oleh Riska Herliafifah Diperbarui Jan 03
    Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto
    Next article: