Perkembangan Bayi 21 Bulan

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 27/01/2020 . 1 menit baca
Bagikan sekarang

Perkembangan Bayi Usia 21 Bulan

Bagaimana seharusnya perkembangan bayi 21 bulan atau 1 tahun 9 bulan?

Dalam grafik perkembangan anak Denver II, perkembangan bayi 21 bulan atau 1 tahun 9 bulan sudah memiliki kemampuan, yaitu:

  • Mengenal anggota tubuhnya.
  • Bicara dengan menggabungkan dua kata.
  • Berlari.
  • Menendang dan melempar bola.
  • Berusaha melompat.
  • Menyikat gigi sendiri.
  • Belajar mencuci dan mengelap tangan.
  • Menyusun 3-8 balok.

Kemampuan motorik kasar

Selamat, anak Anda sudah menginjak usia 21 bulan dan semakin anak semakin aktif dalam berkegiatan. Dalam perkembangan bayi 21 bulan atau 1 tahun 9 bulan, anak semakin senang berlari dan menjelajahi banyak tempat dengan melakukan percobaan.

Anda mungkin akan melihat si kecil berjalan mundur atau naik tangga tanpa pegangan. Tidak hanya itu, di perkembangan bayi 21 bulan, anak Anda semakin fasih menendang bola dan melemparkan ke sisi lain atau temannya.

Fase perkembangan bayi 21 bulan atau 1 tahun 9 bulan sering membuat Anda pusing dengan tingkah lakunya, tapi berlari dan keaktifan anak adalah hal yang sangat baik. Ketika anak sedang aktif, hal itu berarti tubuhnya sedang membentuk otot, melatih koordinasi mata dengan tangan, dan keseimbangan.

Meski demikian, jangan khawatir berlebihan di perkembangan bayi 21 bulan anak tidak terlalu aktif. Terkadang anak butuh waktu untuk beradaptasi dengan lingkungannya. Biasanya di perkembangan bayi 21 bulan, ia akan menghabiskan sekitar 20 persen harinya untuk duduk diam mengamati sekitar. Konsultasikan dengan dokter bila anak Anda tidak aktif sama sekali.

Kemampuan motorik halus

Bagaimana perkembangan bayi 21 bulan atau 1 tahun 9 bulan dari sisi kemampuan motorik halus? Coba Anda amati, bila anak Anda sering menumpuk balok hingga 6 susun, membangun menara, atau mencoret kertas secara spontan, itu adalah contoh kemampuan motorik halus anak.

Meski mencoret-coret tembok membuat rumah jadi berantakan, Anda bisa mengalihkan tenaga si kecil dengan memberikan buku gambar atau kertas kosong beserta krayon dan pensil warna. Ini merupakan salah satu perkembangan bayi 21 bulan atau 1 tahun 9 bulan.

Kemampuan komunikasi dan bahasa

Semakin bertambahnya usia, kemampuan berbahasa dan komunikasi anak akan semakin baik. Dalam grafik perkembagan anak Denver II, pada masa perkembangan bayi 1 tahun 9 bulan ini, umumnya ucapan dan pelafalan anak sudah semakin jelas. Pengucapan bagian-bagian tubuh juga semakin lancar. 

Si kecil sudah bisa mengucapkan lebih dari 6 kata bahkan sudah bisa menggabungkan dua kata meski masih belum jelas. Di perkembangan bayi 21 bulan, anak sudah bisa menunjuk gambar atau benda dan mengucapkannya, seperti ‘bola’ atau ‘kaki’.

Kemampuan sosial dan emosional

Grafik perkembangan anak Denver II menunjukkan, bahwa perkembangan bayi 21 bulan dalam kemampuan sosial dan emosional sudah semakin baik. Umumnya, anak mampu menyikat gigi sendiri, melepas celana, minum air memakai gelas, dan membantu bersih-bersih rumah, walau tentu tidak bersih secara benar. 

Di fase perkembangan bayi 21 bulan atau 1 tahun 9 bulan, anak juga belajar mengenal berbagi dan kepemilikan barang. Melansir dari Babycenter, anak cenderung tidak akan menyerahkan barang yang dipegang atau dimilikinya karena belum mengerti arti berbagi. 

Untuk melatih rasa berbagi dalam perkembangan bayi 21 bulan atau 1 tahun 9 bulan,Anda bisa memuji si kecil ketika menawarkan mainan pada temannya atau orang lain.

Bila ia merebut atau berebut mainan ketika perkembangan bayi 21 bulan, Anda bisa katakan, “temannya boleh pinjam? Gantian mainnya, ya.” tentu ucapkan dengan nada rendah sambil tersenyum.

Bagaimana cara membantu perkembangan bayi 21 bulan atau 1 tahun 9 bulan?

Beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membantu perkembangan si kecil, seperti:

Biarkan anak bergerak

Anda bisa melatih motorik kasar dengan membiarkan anak bergerak dan berlari mengejar bola. Anda juga dapat mengajarkan si kecil untuk menendang atau melempar bola.

Bila anak terjatuh dan masih dalam tahap tidak berbahaya, tidak apa-apa untuk membiarkannya. Ini adalah salah satu cara untuk melatih motorik kasar si kecil sebagai bagian perkembangan bayi 1 tahun 9 bulan.

Beri buku gambar atau kertas kosong

Ketika dalam perkembangan bayi 21 bulan atau 1 tahun 9 bulan, anak Anda mencoret tembok, sebaiknya Anda tidak hanya melarangnya. Berikan ia ruang untuk melatih kemampuan motorik halusnya.

Berikan buku gambar atau kertas kosong beserta krayon dan pensil warna. Biarkan imajinasi anak yang ada di pikiran si kecil, membuatnya berkreasi. Ini merupakan bagian dari tahap perkembangan bayi 21 bulan atau 1 tahun 9 bulan.

Biarkan anak memilih makanan sendiri

Bila anak Anda susah makan dan sangat pemilih, ini adalah bagian dari perkembangan bayi 21 bulan. Melansir dari Babycenter, biarkan anak memilih makanan sendiri. Namun, pastikan pilihan makanan yang Anda berikan adalah yang baik dan sesuai gizi.

Sebagai contoh, beri pilihan ayam goreng atau kentang goreng. Jadi ketika anak memilih salah satu makanan, tetap memenuhi gizi. Penuhi gizi anak Anda untuk meningkatkan perkembangan bayi 21 bulan atau 1 tahun 9 bulan.

Kesehatan Bayi Usia 21 Bulan

Apa yang harus didiskusikan dengan dokter untuk membantu perkembangan bayi 21 bulan atau 1 tahun 9 bulan?

Salah satu masalah di perkembangan bayi 1 tahun 9 bulan adalah tidur mendengkur dan bernapas lewat mulut. Jika balita Anda tidur mendengkur atau bernapas dari mulut ketika ia tidak sedang pilek, segera beritahukan pada dokter.

American Academy of Pediatrics (AAP) mengatakan bahwa anak mendengkur bukan karena hidung tersumbat menandakan ada masalah lain. 

Kalau anak Anda mengalami masalah tidur karena tonsil atau tenggorokan anak bengkak, dokter akan menganjurkan untuk diangkat. Dalam perkembangan bayi 21 bulan, pengangkatan tonsil merupakan solusi sederhana dan terbaik untuk masalah tidur anak Anda yang cukup mengganggu.

Apa yang harus diketahui dalam perkembangan bayi 21 bulan atau 1 tahun 9 bulan?

Jika dalam perkembangan bayi 21 bulan atau 1 tahun 9 bulan, si kecil tidak mau minum obat, baik karena ia tidak menyukai rasa, bentuk, dan baunya, jangan khawatir. Ada  cara mengatasi anaka susah minum obat yang dapat Anda lakukan:

  • Tambahkan satu sendok gula atau jus pada obat.
  • Campur obat dalam segelas susu atau jus.
  • Campur obat dalam yogurt kecil atau saus apel.
  • Berpura-pura bahwa obat itu adalah permen.
  • Gunakan semprotan oral atau tetesan obat.
  • Mintalah obat lain pada dokter.

Jika anak Anda tetap menolak minum obat karena rasa, bicarakan dengan dokter atau apoteker. Anda juga dapat meminta dokter untuk memberikan bentuk tablet yang bisa digerus atau dicampurkan dalam yogurt makanan manis lain.

Anda juga bisa minta ke apoteker, campuran obat yang bisa mengurangi aroma dan rasa yang tidak enak. Biasanya dijual dalam bentuk sirup dan siap dicampurkan dengan obat di atas sendok.

Hal yang Harus Diperhatikan

Apa yang harus diwaspadai dalam perkembangan bayi 21 bulan atau 1 tahun 9 bulan?

Di perkembangan bayi 1 tahun 9 bulan, anak Anda bisa mengalami night terror atau gangguan tidur yang ditandai teriakan, ketakutan sangat intens, berkeringat, bahkan sampai menangis dan memukul.

Night terror berbeda dengan mimpi buruk yang terjadi saat dini hari, ketika sudah tidur pulas dan pergerakan matanya cepat dan melibatkan mimpi tidak mengenakan dan menyeramkan.

Saat night terror, mata anak Anda akan terbuka sambil berkeliling, menangis, dan berteriak. Meski jarang terjadi, kondisi ini cukup mengejutkan saat anak mengalaminya.

Umumnya Anda tidak dapat membangunkan atau menenangkannya dengan mudah, sehingga membuat Anda tidak berdaya. Dan anak Anda seperti bangun, namun sebenarnya tidak. Jangan khawatir, ini hal yang wajar di perkembangan bayi 21 bulan.

Meski begitu, night terror tidak berbahaya. Tenangkan si kecil saat serangan night terror. Meski begitu jangan memaksa kontak fisik atau coba menahannya. Tetap dekat, tenang, dan pastikan ia tidak melukai dirinya sendiri. Ia akan segera tidur nyenyak kembali.

Kemudian, bagaimana perkembangan bayi 22 bulan?

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Perkembangan Balita 60 Bulan atau 5 Tahun

Perkembangan balita 60 bulan atau 5 tahun, termasuk mampu memanjat, menggambar dan mengulang cerita yang didengar. Ketahui perkembangan lengkap di sini.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Anak 1-5 Tahun, Parenting, Perkembangan Balita 25/11/2019 . 1 menit baca

Perkembangan Balita 54 Bulan atau 4 Tahun 6 Bulan

Perkembangan balita 54 bulan atau 4 tahun 6 bulan yang penting termasuk memahami posisi dan tempat. Ketahui perkembangan lengkap di sini.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Anak 1-5 Tahun, Parenting, Perkembangan Balita 22/11/2019 . 1 menit baca

Perkembangan Balita 51 Bulan atau 4 Tahun 3 Bulan

Pada fase perkembangan balita 51 bulan atau 4 tahun 3 bulan, si kecil makin mahir berbicara dan memilih kata-kata. Ketahui perkembangan lengkap di sini.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Anak 1-5 Tahun, Parenting, Perkembangan Balita 22/11/2019 . 1 menit baca

Perkembangan Balita 42 Bulan atau 3 Tahun 6 Bulan

Tahap perkembangan balita 42 bulan atau 3 tahun 6 bulan semakin baik dari banyak aspek. Ketahui perkembangan lengkap di sini.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Anak 1-5 Tahun, Parenting, Perkembangan Balita 19/11/2019 . 1 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

gizi pada balita

Panduan Memenuhi Kebutuhan Gizi Balita Usia 1-5 Tahun

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Dipublikasikan tanggal: 20/03/2020 . 11 menit baca
usia anak berlari

Usia Berapa Anak Mulai Belajar Berlari?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 11/01/2020 . 5 menit baca
les balita

4 Pilihan Les untuk Balita Sekaligus Manfaatnya

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 24/12/2019 . 4 menit baca
kemampuan bahasa balita

Tahapan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini 1-5 Tahun

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Dipublikasikan tanggal: 02/12/2019 . 11 menit baca