Kapan Gigi Si Kecil Akan Copot Pertama Kalinya?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 11 Februari 2019 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Semenjak baru lahir, bayi belum punya gigi. Gigi pertama bayi umumnya tumbuh saat usianya memasuki 6 bulan, disusul dengan 3-4 gigi baru di empat bulan berikutnya. Lantas, di usia berapa gigi si kecil akan copot untuk pertama kalinya? Cari tahu jawabannya di bawah ini, plus tips menghadapi gigi anak copot supaya tidak terus-terusan rewel.

Kapan gigi anak akan copot pertama kalinya?

Gigi merupakan bagian tubuh yang kecil, namun terdiri serangkaian. Selain berfungsi untuk mengunyah makanan, gigi juga mendukung seseorang untuk berbicara dengan benar. Nah, bayi yang awalnya hanya bisa minum susu, akan mulai mencoba makanan yang lebih padat ketika gigi mereka sudah tumbuh.

Rata-rata bayi akan mendapatkan gigi pertamanya pada usia 6 bulan. Kemudian, akan terus tumbuh disusul dengan gigi geraham di usia 2,5 tahun. Pada saat itu, jumlah gigi anak harusnya sudah mencapai 20 buah gigi susu.

Gigi susu atau dikenal dengan gigi bayi akan copot digantikan dengan gigi dewasa. Umumnya, anak-anak akan kehilangan gigi susu pertamanya di usia 6 hingga 7 tahun. Jika proses tumbuh gigi si kecil lebih cepat, maka ia akan mengalami gigi copot juga di usia yang lebih awal. Sebaliknya, jika ia memiliki pertumbuhan gigi yang lebih lambat, maka giginya akan copot pertama kalinya di usia yang cukup besar.

Pola tanggalnya gigi susu sama persis dengan pola pertumbuhannya di awal. Pertama-tama, ia akan kehilangan dua gigi seri bawah bagian tengah, yaitu gigi seri tengah mandibula. Selanjutnya, dua gigi tengah atas akan rontok, diikuti gigi taring, gigi molar pertama, dan gigi molar kedua. Pada usia 11 hingga 13 tahun, gigi bayi akan hilang digantikan dengan gigi dewasa.

Tips mengatasi gigi anak copot

gigi susu copot
Sumber: What’s Up Fagans

Proses kehilangan gigi susu biasanya tidak terlalu menyakitkan. Namun, gusi akan membengkak dan beberapa di antaranya akan merasakan nyeri. Untuk mengatasinya, Anda cukup berikan acetaminophen dan ibuprofen untuk meringankan rasa sakit.

Kondisi ini mungkin akan menyebabkan anak kesulitan untuk menggigit atau mengunyah dengan benar. Namun, penting bagi anak untuk tetap menjaga pola makan yang sehat. Jika ia enggan mengunyah, sajikan sup yang sayur atau bahan-bahan lainnya yang lebih lunak. Selain itu, pastikan agar ia tetap mengggosok gigi dua kali sehari dan menghindari dulu makanan manis yang keras, seperti permen.

Gigi yang goyah bisa copot dengan sendirinya. Namun, pada beberapa kasus yang butuh bantuan dokter. Jadi, jangan ragu untuk mendatangi meminta bantuan dokter gigi anak.

Alat Pengingat Jadwal Imunisasi

Anda baru punya anak? Mau tahu informasi lengkap soal jenis vaksin dan jadwal pemberiannya? Atau butuh pengingat agar tidak lupa?

Cek Di Sini!
parenting

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Impaksi Gigi Bungsu

Impaksi gigi bungsu adalah masalah akibat pertumbuhan gigi bungsu yang tidak semestinya. Cari tahu penyebab, gejala, dan cara mengatasinya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Penyakit A-Z, Kesehatan A-Z 20 November 2020 . Waktu baca 12 menit

9 Penyebab Sakit Gigi serta Gejalanya yang Perlu Anda Waspadai

Gejala sakit gigi bisa disebabkan oleh berbagai macam hal. Mulai dari persoalan kebersihan mulut hingga tanda penyakit tertentu.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 5 November 2020 . Waktu baca 7 menit

Karang Gigi

Karang gigi adalah plak yang mengeras di gigi. Cari tahu gejala, penyebab, diagnosis, pengobatan dan cara pencegahan di sini.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Penyakit A-Z, Kesehatan A-Z 4 November 2020 . Waktu baca 13 menit

9 Penyebab Gigi Berlubang yang Sering Dianggap Remeh

Hobi makan segala yang manis bukan satu-satunya penyebab gigi Anda berlubang. Gigi Anda mungkin saja berlubang karena penyebab lain, lho!

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 4 November 2020 . Waktu baca 10 menit

Direkomendasikan untuk Anda

infeksi gusi periodontitis

Periodontitis

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 27 November 2020 . Waktu baca 15 menit
Gingivitis

Gingivitis (Radang Gusi)

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 26 November 2020 . Waktu baca 12 menit
gigi kelinci gigi tonggos

Penyebab Gigi Tonggos dan Pilihan Cara Memperbaikinya

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 25 November 2020 . Waktu baca 10 menit
gigi berantakan (maloklusi)

Maloklusi (Gigi Berantakan)

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 25 November 2020 . Waktu baca 11 menit