Phenol

Oleh

Tanggal update Mei 11, 2020
Bagikan sekarang

Phenol Obat Apa?

Untuk apa fenol (phenol)?

Fenol atau phenol glycerol adalah obat dengan fungsi untuk mengobati sakit tenggorokan, nyeri mulut, sakit yang diasosiasikan dengan sariawan dan iritasi mulut ringan, mungkin juga dapat digunakan untuk kondisi lain seperti yang dianjurkan oleh dokter Anda.

Semprotan fenol adalah kombinasi dari anastesi dan analgesik oral. Bekerja dengan membuat area yang sakit atau teriritasi mati rasa.

Dosis efek samping fenol akan dijelaskan lebih lanjut di bawah ini.

Bagaimana cara penggunaan fenol (phenol)?

Gunakan semprotan fenol sebagaimana dianjurkan oleh dokter Anda. Periksa label pada obat untuk instruksi dosis yang tepat. Gunakan pada area yang terpengaruh. Biarkan selama kurang lebih 15 detik lalu ludahkan. Apabila Anda melewatkan satu dosis dari semprotan fenol dan Anda menggunakannya secara rutin, gunakan saat Anda ingat.

Apabila sudah dekat waktu dosis berikutnya, jangan menggandakan dosis, kecuali disarankan oleh penyedia layanan kesehatan Anda. Jangan menggunakan 2 dosis pada saat yang sama.

Untuk obat oral (diminum melalui mulut), baca dengan saksama aturan minum obat yang tertera pada label kemasan atau resep. Jangan gunakan obat ini melebihi dosis yang dianjurkan, lebih sedikit, lebih lama dari yang disarankan.

Tanyakan kepada dokter atau tim medis jika Anda memiliki pertanyaan mengenai cara menggunakan semprotan phenol.

Bagaimana cara penyimpanan obat ini?

Obat fenol paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan.

Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlaku obat telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi.

Konsultasikan kepada apoteker atau instansi pembuangan sampah setempat mengenai bagaimana cara aman membuang obat Anda.

Dosis Phenol

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan dengan fenol (phenol).

Bagaimana dosis fenol (phenol) untuk orang dewasa?

Semprotan (1.4%): Semprotkan langsung pada tenggorokan; biarkan selama 15 detik kemudian ludahkan. Dapat diulang tiap 2 jam. Obat kumur (1.4%): Kumur selama 15 detik lalu buang. Dapat diulang tiap 2 jam.

Bagaimana dosis fenol (phenol) untuk anak-anak?

Semprotan: usia 2-12 tahun: 3 semprot dari solusi 1.4% atau 5 semprot dari solusi 0.5% pada tenggorokkan atau area yang terpengaruh; dapat diulang tiap 2 jam.

Usia ≥12 tahun: 5 semprot dari solusi 1.4%; biarkan selama 15 detik kemudian ludahkan. Dapat diulang tiap 2 jam.

Berkumur:

6-12 tahun: Dengan menggunakan kain kasa, gunakan 10 ml dari 1.4% solusi pada area yang terpengaruh, atau kumur selama 15 detik kemudian ludahkan.

≥12 yr: Kumur solusi 1.4% selama 15 detik kemudian ludahkan. Dapat diulangi tiap 2 jam.

Dalam dosis dan bentuk apakah obat ini tersedia?

Phenol glycerol tersedia dalam bentuk berikut:

  • Semprotan
  • Lozenge/troche

Efek samping Phenol

Efek samping apa yang dapat dialami karena fenol (phenol)?

Seperti penggunaan obat-obatan lainnya, penggunaan fenol dapat menyebabkan beberapa efek samping. Kebanyakan dari efek samping berikut jarang terjadi dan tidak memerlukan pengobatan tambahan.

Namun, penting bagi Anda untuk berkonsultasi dengan dokter Anda jika Anda memiliki masalah apapun setelah minum obat ini.

Dilansir dari MIMS, berikut adalah efek-efek samping yang mungkin timbul akibat obat ini:

  • kesulitan bernapas
  • demam
  • sakit kepala
  • mual
  • muntah
  • iritasi mulut semakin parah
  • aritmia
  • diare
  • depresi

Tidak menutup kemungkinan obat ini dapat memicu terjadinya reaksi alergi. Segera hentikan penggunaan obat ini dan hubungi dokter Anda jika terjadi reaksi alergi parah (anafilaktik), dengan gejala-gejala seperti:

  • pembengkakan pada wajah, bibir, tenggorokan, atau lidah
  • ruam kulit
  • gatal-gatal
  • kesulitan bernapas

Tidak semua orang mengalami efek samping di atas. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Peringatan dan Perhatian Obat Phenol

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan fenol (phenol)?

Berikut adalah kondisi-kondisi yang harus dipertimbangkan sebelum menggunakan fenol:

Obat-obatan dan penyakit tertentu

Beri tahu dokter mengenai obat-obatan yang sedang Anda gunakan, baik obat resep, nonresep, suplemen, atau obat herbal. Hal ini dikarenakan beberapa jenis obat mungkin dapat berinteraksi dengan fenol.

Selain itu, penting juga untuk menginformasikan dokter mengenai penyakit atau kondisi kesehatan lain yang sedang Anda derita. Kemungkinan obat ini dapat memicu terjadinya interaksi dengan penyakit atau kondisi kesehatan tertentu.

Alergi

Beri tahu dokter jika Anda memiliki riwayat alergi terhadap fenol atau bahan lainnya yang terkandung dalam obat ini. Selain itu, periksakan diri Anda untuk mengetahui jika Anda memiliki alergi lain, misalnya terhadap makanan, pewarna, atau hewan tertentu.

Anak-anak

Penelitian yang telah dilakukan hingga hari ini belum menunjukkan masalah spesifik yang membatasi kegunaan fenol pada anak-anak. Meskipun demikian, jangan berikan produk non-resep pada anak-anak di bawah 2 tahun kecuali apabila dianjurkan oleh dokter.

Lansia

Beberapa jenis obat belum diuji keamanannya untuk orang-orang berusia lanjut. Maka itu, obat ini mungkin memiliki cara kerja yang berbeda, atau berpotensi menyebabkan efek samping berbeda pada lansia. Khusus untuk lansia, konsultasikan pemakaian obat ini ke dokter terlebih dahulu.

Apakah obat ini aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunan obat ini pada ibu hamil atau menyusui.

Interaksi Obat Phenol

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan fenol (phenol)?

Meskipun obat-obatan tertentu sama sekali tidak boleh digunakan bersamaan, pada kasus lain dua obat-obatan yang berbeda dapat digunakan bersamaan meskipun interaksi dapat terjadi. Pada kasus-kasus seperti ini, dokter mungkin akan mengganti dosis, atau pencegahan lain yang diperlukan. Beritahu penyedia layanan kesehatan Anda apabila Anda menggunakan obat resep atau nonresep lain.

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan fenol (phenol)?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dengan makanan dapat terjadi.

Merokok tembakau atau mengonsumsi alkohol dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi.

Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan dokter, tim medis, atau apoteker.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan obat ini?

Adanya masalah kesehatan lain dapat mempengaruhi penggunaan obat ini. Beritahu dokter apabila Anda memiliki masalah kesehatan lain, khususnya:

  • Infeksi pada atau sekitar mulut Anda
  • Luka besar pada atau di sekitar mulut—kemungkinan efek samping dapat meningkat

Overdosis Phenol

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (118 atau 119) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis dalam satu kali penggunaan.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Baca Juga:

    Apakah artikel ini membantu Anda?
    happy unhappy"
    Sumber

    Direkomendasikan untuk Anda

    Phenoxybenzamine

    Phenoxybenzamine

    Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh Lika Aprilia Samiadi
    Tanggal tayang Juli 28, 2017
    Mengapa Anda Bisa Berkeringat Lebih Banyak dari Orang Lain?

    Mengapa Anda Bisa Berkeringat Lebih Banyak dari Orang Lain?

    Ditulis oleh Ajeng Quamila
    Tanggal tayang Januari 30, 2017
    Apakah Makan Makanan Terlalu Pedas Berbahaya Bagi Kesehatan?

    Apakah Makan Makanan Terlalu Pedas Berbahaya Bagi Kesehatan?

    Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh Ajeng Quamila
    Tanggal tayang September 26, 2016