Nutrive Benecol

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11/05/2020 . Waktu baca 7 menit
Bagikan sekarang

Fungsi dan Penggunaan

Untuk apa Nutrive Benecol digunakan?

Nutrive Benecol adalah produk minuman kemasan botol yang mengandung kombinasi susu dan sari buah. Nutrive Benecol dipasarkan untuk menurunkan kolesterol. Minuman ini mengandung nutrisi plant stanol ester (PSE). PSE adalah zat atau nutrisi yang ditemukan di dalam biji-bijian seperti gandum, sayuran, buah, dan kacang-kacangan.

Plant stanol ester (PSE) bekerja menyerap dan memblokir kolesterol di dalam sistem pencernaan manusia. Kolesterol yang terserap oleh PSE akan dibuang keluar tubuh menjadi kotoran.

Selain itu, Nutrive Benecol juga mengandung 11 vitamin dan 5 mineral yang memiliki manfaat baik untuk sistem kekebalan tubuh Anda.

Cara Pakai

Bagaimana aturan pakai Nutrive Benecol?

Untuk aturan pakainya, ikuti petunjuk pada kemasan produk atau sesuai dengan resep dokter. Konsumsi minuman ini, seperti diarahkan oleh kemasan produk atau oleh dokter Anda.

Jangan mengonsumsi lebih dari dosis aturan pakai dalam sehari. Jangan meningkatkan dosis Nutrive Benecol atau mengonsumsi obat ini lebih sering dari yang diarahkan. Jangan mengonsumsi obat ini lebih dari yang direkomendasikan untuk usia Anda.

Jika kadar kolesterol Anda tidak berada dalam kadar normal, atau malah memburuk setelah minum minuman ini, segera konsultasikan ke dokter. Jika Anda merasa Anda mungkin menderita gangguan medis serius akibat konsumsi minuman ini, segera cari pertolongan medis.

Bagaimana cara menyimpan minuman ini?

Nutrive Benecol paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan.

Merek lain dari minuman nutrisi ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram Nutrive Benecol ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi.

Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang obat Anda.

Dosis

Berapa dosis Nutrive Benecol untuk dewasa?

Pada produk kemasan dianjurkan mengonsumsi 2 botol per hari secara rutin dalam 2-3 minggu.

Berapa dosis Nutrive Benecol untuk anak-anak?

Dosis obat untuk anak-anak belum ditentukan keamanan dan efektivitasnya. Baiknya konsultasikan ke dokter untuk mengetahui dosis pemakaian dan pengobatan lebih lanjut.

Dalam ukuran dan bentuk apa saja minuman ini tersedia?

Minuman ini tersedia dalam paket 6 kemasan botol kecil. Satu botol kecil mengandung isi sebanyak 100 ml.

Efek Samping

Apa efek samping Nutrive Benecol yang mungkin terjadi?

Tidak ada efek yang tidak diinginkan yang dilaporkan. Dalam kasus apapun, apabila terjadi efek yang tidak diinginkan, Anda harus segera memberi tahu dokter.

Namun, tidak menutup kemungkinan anak yang memiliki alergi terhadap kandungan yang terdapat di dalam Nutrive Benecol.

Salah satu bahan utama Nutrive Benecol adalah susu. Dilansir dari Mayo Clinic dan MedlinePlus, orang-orang yang alergi terhadap susu, galaktosemia, atau intoleransi laktosa, akan mengalami gejala-gejala di bawah ini:

  • diare
  • mual
  • muntah
  • kram perut
  • perut kembung
  • mudah rewel
  • penurunan berat badan drastis
  • kulit dan mata menguning (jaundice)
  • kejang

Tidak semua orang mengalami efek samping saat menggunakan obat ini. Mungkin juga ada beberapa efek samping yang belum disebutkan di atas.

Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Pencegahan dan Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan Nutrive Benecol?

Sebelum memutuskan untuk minum Nutrive Benecol, Anda perlu memerhatikan beberapa hal. Berikut adalah kondisi-kondisi yang harus dipertimbangkan:

Obat-obatan dan penyakit tertentu

Konsultasikan ke dokter mengenai obat-obatan yang sedang Anda gunakan, baik obat resep, nonresep, suplemen, atau obat herbal. Hal ini dikarenakan beberapa jenis obat mungkin dapat berinteraksi dengan kandungan yang terdapat di dalam Nutrive Benecol.

Selain itu, penting juga untuk menginformasikan dokter mengenai penyakit atau kondisi kesehatan lain yang sedang Anda derita. Kemungkinan minuman ini dapat memicu terjadinya interaksi dengan penyakit atau kondisi kesehatan tertentu.

Alergi

Konsultasikan terlebih dahulu ke dokter jika Anda memiliki riwayat alergi terhadap Nutrive Benecol atau bahan lainnya yang terkandung dalam obat ini.

Selain itu, periksakan diri Anda untuk mengetahui jika Anda memiliki alergi lain, misalnya terhadap makanan, pewarna, atau hewan tertentu.

Anak-anak

Minuman ini belum diuji keamanannya untuk anak-anak. Sebelum memberikan minuman ini untuk anak-anak, konsultasikan terlebih dahulu ke dokter.

Apakah Nutrive Benecol aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Selalu konsultasi terlebih dulu pada dokter atau bidan sebelum menggunakan obat apapun, jika Anda sedang hamil, menyusui, atau sedang merencanakan kehamilan.

Interaksi Obat

Obat apa saja yang tak boleh dikonsumsi bersamaan dengan Nutrive Benecol?

Interaksi obat dapat mengubah kinerja obat Anda atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Tidak semua kemungkinan interaksi obat tercantum dalam dokumen ini.

Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep atu  nonresep dan produk herbal) dan konsultasikan pada dokter atau apoteker. Jangan memulai, memberhentikan, atau mengganti dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter.

Makanan dan minuman apa yang tak boleh dikonsumsi saat menggunakan Nutrive Benecol?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dengan makanan dapat terjadi. Saat berupaya menurunkan kolesterol tinggi sembari mengonsumsi Nutrive Benecol, berikut adalah makanan yang harus dihindari:

Makanan berlemak

Untuk membantu mendapatkan kadar kolesterol dalam tubuh yang normal, hindari konsumsi gorengan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans. Hindari juga makan makanan yang dikemas dan siap saji seperti sosis atau kornet. Makanan tersebut mengandung lemak yang bisa menaikkan kadar kolesterol Anda.

Garam

Terlalu banyak mengonsumsi natrium dapat membuat kadar kolesterol meningkat perlahan. Anda bisa mengurangi asupan garam berlebih dengan menambahkan rempah atau bumbu masak alami lainnya seperti bawang putih, bawang merah, dan lada.

Merokok tembakau atau mengonsumsi alkohol dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi.

Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan dokter Anda.

Apakah ada kondisi kesehatan tertentu yang harus menghindari Nutrive Benecol?

Beberapa kondisi kesehatan tertentu dapat mengganggu kerja minuman penurun kolesterol ini. Berikut adalah masalah kesehatan tersebut, yaitu seperti penyalahgunaan alkohol.

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan dalam keadaan darurat atau overdosis?

Pada situasi gawat darurat atau overdosis, hubungi 119 atau segera larikan ke rumah sakit terdekat.

Berikut adalah gejala-gejala overdosis yang perlu Anda waspadai:

  • mual
  • muntah-muntah
  • pusing
  • hilang keseimbangan
  • mati rasa dan kesemutan
  • kejang-kejang

Apa yang harus saya lakukan kalau saya lupa minum atau melewatkan satu dosis?

Jika Anda melewatkan satu dosis, segera minum sesegera mungkin saat Anda ingat. Namun, jika Anda baru ingat setelah sudah waktunya untuk dosis selanjutnya, abaikan saja dosis yang terlupa, dan lanjutkan pemakaian sesuai jadwal. Jangan konsumsi minuman ini dengan dosis digandakan.

Hello Health Group tidak menyediakan konsultasi medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

    Apakah artikel ini membantu Anda?
    happy unhappy"
    Sumber

    Yang juga perlu Anda baca

    Ambeven

    Ambeven adalah obat wasir. Cari tahu informasi tentang cara pakai, dosis, efek samping, keamanan, dan interaksi Ambeven di Hello Sehat.

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Novita Joseph
    Obat A-Z, Obat-obatan & Suplemen A-Z 09/03/2019 . Waktu baca 8 menit

    Alinamin F

    Cari tahu informasi tentang Alinamin F di Hello Sehat, termasuk fungsi, efek samping, keamanan, interaksi, peringatan, foto, dan ulasan dari pengguna.

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Novita Joseph
    Obat A-Z, Obat-obatan & Suplemen A-Z 07/03/2019 . Waktu baca 6 menit

    Ardium

    Ardium adalah obat wasir dan varises. Cari tahu informasi tentang dosis, cara pakai, dan risiko efek samping Ardium di Hello Sehat.

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Novita Joseph
    Obat A-Z, Obat-obatan & Suplemen A-Z 07/03/2019 . Waktu baca 7 menit

    Degirol

    Degirol (dequalinium chloride) adalah obat sakit tenggorokan. Cari tahu informasi tentang dosis, cara pakai, dan efek samping Degirol di Hello Sehat.

    Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
    Ditulis oleh: Novita Joseph
    Obat A-Z, Obat-obatan & Suplemen A-Z 06/03/2019 . Waktu baca 8 menit

    Direkomendasikan untuk Anda

    Rhinofed

    Rhinofed

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Novita Joseph
    Dipublikasikan tanggal: 18/06/2019 . Waktu baca 7 menit
    antalgin

    Antalgin

    Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
    Ditulis oleh: Novita Joseph
    Dipublikasikan tanggal: 14/03/2019 . Waktu baca 8 menit
    susu hamil prenagen emesis

    Prenagen Emesis

    Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
    Ditulis oleh: Novita Joseph
    Dipublikasikan tanggal: 11/03/2019 . Waktu baca 7 menit
    obat alco drop

    Alco Drop

    Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
    Ditulis oleh: Novita Joseph
    Dipublikasikan tanggal: 10/03/2019 . Waktu baca 7 menit