6 Rempah-Rempah yang Bisa Jadi Bahan Pengganti Garam

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 15/06/2020 . 3 menit baca
Bagikan sekarang

Tahukah Anda kalau asupan garam yang dibutuhkan tubuh cuma sedikit? Tanpa sadar, makanan yang sehari-hari Anda makan sudah sangat berlebih garamnya. Kebanyakan makan garam bisa memicu penyakit seperti tekanan darah tinggi, stroke, dan bahkan penyakit jantung. Sebetulnya, Anda bisa mengganti asupan sodium yang berlebih dengan rempah-rempah lain sebagai bahan pengganti garam. Apa saja rempah-rempahnya?

Rempah-rempah yang bisa Anda gunakan untuk masakan sebagai pengganti garam

1. Daun mint

Daun yang satu ini banyak terdapat pada makanan khas negara barat. Rasa dari daun mint ini didapuk mampu mejadi pengganti garam. Dengan rasa yang menyegarkan dan manis, daun minta bisa Anda coba untuk alternatif perasa selain garam.

Caranya, Anda bisa menggunakan daun mint segar dengan cara membersihkan daunnya terlebih dahulu. Anda bisa campurkan langsung pada masakan yang hendak dimasak. Biasanya daun mint akan terasa enak jika dicampur dengan wortel, kacang polong, atau bisa Anda gunakan untuk dressing salad yang Anda buat.

2. Bawang merah dan bawang putih.

Pada masakan Indonesia, rasanya hampir tidak ada masakan yang tidak menggunakan saudara-saudari bawang ini. Bawang merah dan bawang putih punya rasa dan aroma yang khas, dimana mereka berfungsi untuk meningkatkan rasa makanan. Selain untuk pengganti garam, bawang merah dan bawang putih juga dapat dijadikan sebagai ramuan pada obat tradisional.

3. Cabe

Buah yang rasanya cukup membuat mata jadi melek ini, sering membuat galau masyarakat Indonesia ketika harganya melambung tinggi. Rasa pedas pada cabe ini bisa menggantikan rasa asin pada garam. Biasanya, cabe digunakan dalam bentuk bubuk atau berbentuk utuh pada masakan. Coba kombinasikan dengan jintan, ketumbar, dan kunyit jika Anda akan memasak racikan gulai ala India.

4. Kayu manis

Bahan pengganti garam ini sudah tidak asing lagi digunakan dalam beberapa resep masakan, pasalnya kayu manis adalah bahan rempah tertua di dunia yang telah digunakan sejak zaman dahulu. Kayu manis alias cinnamon juga sering digunakan dalam proses pembuatan kue atau minuman. Anda bisa menggunakan bubuk kayu manis atau batangan kecilnya langsung untuk menambah rasa pada makanan.

5. Jahe

Indonesia merupakan salah satu negara yang suka menggunakan jahe dalam banyak hal. Mulai dari obat, minuman, penghangat tubuh sampai memperkuat rasa makanan. Rasa dan aroma jahe didaulat bisa menjadi pengganti garam pada masakan. Dengan menggunakan jahe, hidangan Anda akan memiliki aroma yang kuat, ada sedikit rasa manis dan agak pedas. Gunakan dengan cara ditumbuk, diparut atau dibakar dahulu sebelum mencampurkannya pada masakan.

6. Kunyit

Rempah pengganti garam yang satu ini memiliki warna kuning khas dan kadang digunakan sebagai alternatif pengganti warna pada makanan. Biasanya masyarakat India suka menggunakan campuran kunyit dan kayu manis sebagai campuran pada menu kari.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"

Yang juga perlu Anda baca

Sudah Benarkah Cara Cuci Tangan Anda?

Cuci tangan bukan sekadar gosok, bilas, dan keringkan. Ada cara cuci tangan yang baik untuk benar-benar efektif bunuh kuman.

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Hidup Sehat, Tips Sehat 22/06/2020 . 4 menit baca

Apakah Anda Termasuk Orang yang Cukup Bersih? Cek Dulu di Sini!

Selama ini Anda sudah mahir menjaga kebersihan diri atau belum? Ini dia tips-tips supaya tubuh selalu bersih dan bebas dari penyakit.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Hidup Sehat, Tips Sehat 22/06/2020 . 5 menit baca

7 Hal yang Paling Sering Ditanyakan Tentang Kolesterol

Kadar kolesterol tinggi bisa menghantui siapa pun. Pelajari sekarang juga apa itu kolesterol dan semua pertanyaan seputar kolesterol yang sering diajukan.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Nutrisi, Hidup Sehat 22/06/2020 . 5 menit baca

4 Penyebab Kanker Kembali Lagi Setelah Sembuh

Setelah melakukan pengobatan yang cukup panjang dan kanker dinyatakan sembuh, rasanya sangat melegakan. Namun, bagaimana kalau kanker kembali muncul?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Hidup Sehat, Tips Sehat 21/06/2020 . 6 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

gejala penyakit yang diacuhkan

8 Gejala Penyakit Berbahaya yang Sering Anda Abaikan

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 03/07/2020 . 4 menit baca
mengatasi mimpi buruk

Sering Mimpi Buruk? Ini Cara Mengatasinya

Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 02/07/2020 . 5 menit baca
mitos fakta cacingan

Mengungkap Mitos dan Fakta Seputar Masalah Cacingan

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Dipublikasikan tanggal: 29/06/2020 . 5 menit baca
kacang almond

Khasiat Mujarab Kacang Almond untuk Penderita Hipertensi

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 25/06/2020 . 5 menit baca