Garamycin

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 20/04/2020
Bagikan sekarang

Kegunaan Garamycin

Garamycin obat apa?

Garamycin adalah obat antibiotik yang biasa digunakan untuk mengobati berbagai jenis infeksi bakteri. Obat Garamycin masuk golongan antibiotik aminoglikosida yang bekerja dengan cara menghentikan pertumbuhan dan mencegah penyebaran bakteri agar tidak meluas ke bagian tubuh lainnya.

Garamycin tersedia dalam bentuk cair dan salep. Garamycin salep digunakan untuk mengobati infeksi kulit ringan, seperti:

Sementara itu, Garamycin dalam bentuk cair sangat efektif untuk membantu mengatasi infeksi yang bersifat lebih berat, seperti infeksi:

  • darah
  • sistem saraf pusat (seperti meningitis)
  • saluran kemih
  • paru-paru
  • tulang
  • sendi

Tak hanya itu, jika digunakan dengan dosis yang tepat, baik Garamycin salep maupun cair juga efektif untuk mengatasi infeksi pada perut, seperti lambung, usus, dan kondisi perut lainnya termasuk peritonitis.

Garamycin salep dan cair tidak akan berpengaruh pada infeksi virus atau jamur. Menggunakan antibiotik yang tidak diperlukan akan meningkatkan risiko tubuh Anda menjadi kebal terhadap pengobatan antibiotik di kemudian hari. Gunakan Garamycin salep dan cair sesuai dengan instruksi dokter Anda.

Bagaimana aturan pakai Garamycin?

Gunakan Garamycin salep dan cair sesuai resep dokter. Ikuti semua petunjuk pemakaian yang tertera pada label kemasan atau resep. Jangan memakai obat Garamycin terlalu banyak, sedikit, lebih lama dari yang disarankan. Kondisi Anda mungkin tidak akan membaik lebih cepat dan risiko efek samping Anda dapat meningkat.

Salep Garamycin hanya digunakan pada kulit bagian luar. Cuci tangan Anda sebelum menggunakan Garamycin salep maupun tetes.

Bersihkan dan keringkan area yang terinfeksi menggunakan kain yang halus dan lembut. Oleskan tipis-tipis Garamycin salep ke kulit yang bermasalah, biasanya 3 hingga 4 kali sehari.

Segera cuci tangan setelah Anda menggunakan Garamycin salep dan tetes. Pastikan area yang terinfeksi tetap bersih. Hati-hati agar jangan sampai kena mata, hidung, atau mulut. Jika hal ini terjadi, segera bersihkan area yang terkena dengan air mengalir.

Garamycin dalam bentuk cair biasanya diberikan sebagai suntikan atau infus di rumah sakit, klinik, atau dokter. Namun, Anda mungkin diperbolehkan dokter menggunakan obat Garamycin di rumah.

Selalu perhatikan isi kemasan obat sebelum digunakan, misalnya cairan obat ini harus tampak bening. Jadi, jangan gunakan obat ini jika cairan telah berubah warna atau kemasannya bocor. Silakan konsultasi ke dokter tentang cara penggunaan obat ini dalam bentuk cairan.

Gunakan Garamycin salep secara teratur agar hasil pengobatan dapat bekerja secara maksimal. Untuk membantu Anda mengingat, gunakan obat ini pada waktu yang sama setiap hari. Terus gunakan obat ini, bahkan jika gejala hilang setelah beberapa hari.

Menghentikan pengobatan terlalu dini dapat memungkinkan bakteri untuk terus tumbuh, yang dapat menyebabkan kembalinya infeksi. Beri tahu dokter jika infeksi kulit Anda berlanjut atau justru memburuk.

Bagaimana cara penyimpanan obat ini?

Garamycin salep dan cair sebaiknya disimpan pada suhu ruangan. Jauhkan Garamycin salep dan cair dari paparan sinar matahari langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi atau di dalam freezer.

Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda.

Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan. Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi.

Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai cara aman membuang produk Anda.

Dosis Garamycin

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis Garamycin untuk orang dewasa?

  • Dosis Garamycin salep untuk mengobati infeksi kulit: 3-4 kali setiap hari dengan cara dioleskan tipis-tipis pada area yang terinfeksi.
  • Dosis Garamycin suntik/infus untuk mengobati infeksi parah: 3-5 mg/kg berat badan dalam kurun waktu 7-10 hari.
  • Dosis Garamycin suntik/infus untuk mengobati infeksi saluran kemih: 160 mg satu kali sehari
  • Dosis Garamycin tetes telinga untuk mengobati otitis eksterna: 2-3 tetes sebanyak 3-4 kali sehari sebelum tidur
  • Garamycin tetes mata untuk mengobati infeksi ringan: 1-2 tetes yang digunakan maksimal 6 kali sehari

Secara umum dosis Garamycin untuk setiap orang berbeda-beda bergantung usia, tingkat keparahan penyakit, respons tubuh terhadap obat, dan kondisi Anda secara menyeluruh. Mungkin ada beberapa dosis yang tidak disebutkan di atas.

Jika Anda ragu dengan dosis obat Garamycin, konsultasikanlah ke dokter untuk informasi lebih lanjut.

Bagaimana dosis Garamycin untuk anak-anak?

Dosis Garamycin salep, tetes, dan suntik/infus untuk mengatasi infeksi ringan pada anak-anak sama dengan dosis orang dewasa. Silakan berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan informasi yang lebih detail.

Dalam dosis dan sediaan apakah obat ini tersedia?

Dosis obat ini tersedia dalam bentuk salep, krim, suntik, infus, dan obat tetes.

Efek Samping Garamycin

Apa efek samping Garamycin yang mungkin terjadi?

Beberapa efek samping paling umum dari obat Garamycin adalah:

  • Mual dan muntah
  • Merasa tidak enak badan
  • Tidak nafsu makan
  • Berat badan menurun
  • Pusing
  • Sakit kepala
  • Sakit perut
  • Nyeri sendi
  • Kram sendi
  • Lemas, lesu, tidak berenergi
  • Gangguan penglihatan
  • Ruam atau gatal pada kulit
  • Tremor

Efek samping obat ini mungkin berbeda-beda pada setiap pasien. Jadi, tidak semua orang mengalami efek samping tersebut. Mungkin ada pula beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas.

Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan obat Garamycin?

Sebelum menggunakan obat ini, penting bagi Anda untuk mempertimbangkan segala manfaat dan risiko yang ada. Pasalnya, obat ini tidak boleh digunakan secara sembarangan. Beberapa hal yang penting untuk Anda ketahui sebelum menggunakan obat garamycin adalah:

  • Beri tahu dokter jika Anda memiliki alergi atau gejala tidak biasa dari penggunaan obat ini atau obat-obatan lainnya.
  • Beri tahu dokter jika Anda memiliki riwayat penyakit hati dan ginjal, penyakit jantung, myasthenia gravis, asma, gangguan otot saraf, dehidrasi, serta memiliki kadar kalium, magnesium, dan kalsium yang rendah dalam darah.
  • Beri tahu dokter terkait semua obat yang sedang Anda konsumsi, termasuk vitamin, suplemen, dan herbal.
  • Hindari penggunaan obat ini dalam jangka panjang. Gunakan sesuai jangka waktu yang sudah diresepkan dokter.
  • Setelah minum obat, hindari mengoperasikan alat berat atau berkendara untuk sementara waktu.
  • Jika infeksi terjadi pada mata, jangan gunakan lensa kontak hingga infeksi pada Anda sembuh.

Mungkin ada hal-hal lain yang tidak disebutkan di atas. Jika ada pertanyaan lain, diskusikanlah dengan dokter untuk mendapatkan informasi yang lebih lanjut. Dokter mungkin akan memberikan informasi yang lebih lengkap, termasuk dosis, keamanan, serta interaksi obat ini. Simak dengan baik semua informasi yang dijelaskan dokter agar pengobatan yang Anda lakukan berjalan secara optimal.

Apakah Garamycin aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan Garamycin untuk ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini.

Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori C menurut US Food and Drugs Administration (FDA) Amerika Serikat, lembaga yang setara dengan badan POM di Indonesia.

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA:

  • A = Tidak berisiko
  • B = Tidak berisiko pada beberapa penelitian
  • C = Mungkin berisiko
  • D = Ada bukti positif dari risiko
  • X = Kontraindikasi
  • N = Tidak diketahui

Tidak diketahui apakah obat ini ikut keluar tubuh melalui ASI atau dapat membahayakan bayi. Jangan gunakan obat ini tanpa memberi tahu dokter jika Anda sedang menyusui.

Interaksi Obat

Obat lain apa yang mungkin berinteraksi dengan obat ini?

Menggunakan obat Garamycin bersamaan dengan obat-obatan lain biasanya tidak disarankan. Dokter mungkin memutuskan untuk tidak mengobati Anda dengan obat-obatan di bawah ini atau mengubah beberapa obat lainnya yang Anda gunakan.

Mungkin ada beberapa obat-obatan yang tidak disebutkan di atas. Jika Anda ragu akan interaksi obat ini dengan obat lain yang sedang Anda konsumsi, diskusikanlah dengan dokter untuk informasi lebih lanjut. Dokter mungkin akan meresepkan obat lain yang sesuai dengan kondisi Anda.

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan obat ini?

Obat-obatan tertentu tidak bisa digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi.

Merokok atau mengonsumsi alkohol dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan obat ini?

Adanya masalah medis lainnya mungkin memengaruhi penggunaan obat Garamycin. Pastikan Anda memberi tahu dokter kalau Anda memiliki masalah medis lainnya, khususnya:

Mungkin ada beberapa kondisi kesehatan yang tidak disebutkan di atas. Jika Anda ragu dengan kondisi kesehatan Anda, jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter. Dokter mungkin akan meresepkan obat lain yang sesuai dengan kondisi Anda.

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (119) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat Garamycin, gunakan segera begitu Anda mengingatnya. Namun, bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Baca Juga:

    Apakah artikel ini membantu Anda?
    happy unhappy"
    Sumber

    Yang juga perlu Anda baca

    Gastritis

    Gastritis adalah istilah medis untuk radang lambung, berbeda dari maag. Cari tahu penyebab, gejala, dan cara mengatasinya di Hello Sehat.

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Novita Joseph

    Kenali Berbagai Jenis Bakteri Penyebab Diare

    Ada berbagai penyebab diare, termasuk infeksi bakteri. Tidak hanya satu jenis, bakteri penyebab diare pun berbeda-beda. Cari informasi lengkapnya di sini.

    Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
    Ditulis oleh: Ihda Fadila

    Apakah Kucing dan Hewan Lainnya Dapat Tertular COVID-19 dari Manusia?

    Coronavirus terbukti menular dari manusia ke manusia. Tapi belakangan ada kasus kucing positif COVID-19 karena tertular pemiliknya. Benarkah?

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
    Coronavirus, COVID-19 09/04/2020

    Meningitis (Radang Selaput Otak)

    Meningitis adalah peradangan pada selaput otak dan sumsum tulang belakang (meninges). Bagaimana gejala dan cara mengobatinya?

    Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
    Ditulis oleh: Fajarina Nurin

    Direkomendasikan untuk Anda

    cara mengobati kalazion benjolan di mata

    6 Cara Menghilangkan Benjolan di Kelopak Mata (Kalazion)

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Riska Herliafifah
    Dipublikasikan tanggal: 01/05/2020
    dampak polusi udara pada mata

    Dampak Polusi Udara pada Kesehatan Mata dan Cara Mencegahnya

    Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Winona Katyusha
    Dipublikasikan tanggal: 01/05/2020
    selulitis pada anak

    Bagaimana Selulitis Terjadi pada Anak dan Cara Mencegahnya?

    Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
    Ditulis oleh: Ihda Fadila
    Dipublikasikan tanggal: 18/04/2020
    cara menyimpan obat padat

    Jangan Sembarangan, Berikut Cara Menyimpan Obat Padat yang Benar

    Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Winona Katyusha
    Dipublikasikan tanggal: 17/04/2020