Nama Generik: Meglumine Gadopentetate Merek: Hanya generik. Tidak ada merek.

Penggunaan

Untuk apa meglumine gadopentetate?

Meglumine gadopentetate adalah bahan kimia yang digunakan selama magnetic resonance imaging (MRI) pada seluruh tubuh atau tengkorak atau tulang belakang. Obat ini juga digunakan untuk menguji fungsi ginjal. Meglumine gadopentetate digunakan untuk meningkatkan kualitas gambar yang terlihat dan dapat membantu dokter membuat diagnosis..

Bagaimana cara penggunaan meglumine gadopentetate?

Anda perlu berada di bawah pengamatan medis selama sekitar 30 menit setelah Meglumine gadopentetate diberikan kepada Anda. Meglumine gadopentetate biasanya diberikan kepada Anda oleh ahli kesehatan. Orang yang bertanggung jawab untuk memberikan obat Anda akan memastikan bahwa Anda mendapatkan dosis yang tepat.

Jika Anda merasa bahwa obat ini membuat Anda tidak sehat atau Anda merasa obat ini tidak bekerja, maka bicarakan dengan dokter Anda atau seseorang yang terlibat dalam perawatan medis Anda.

Ikuti aturan yang diberikan oleh dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan. Jika Anda memiliki pertanyaan, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Bagaimana cara penyimpanan meglumine gadopentetate?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan. Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis meglumine gadopentetate untuk orang dewasa?

Penggunaan intravena untuk meningkatkan kontras dalam pencitraan resonansi magnetik pada dewasa:

Sebagai 0,5 mmol / ml: 0,1 mmol / kg pada kecepatan yang tidak lebih cepat dari 10 ml per 15 detik. Untuk pencitraan cranial dan spinal, dosis lebih lanjut dari 0,1 mmol / kg (sampai 0,2 mmol / kg) dapat diberikan dalam waktu 30 menit jika perlu. Untuk seluruh pencitraan tubuh, dosis 0,2 mmol / kg mungkin diperlukan dalam beberapa kasus untuk menghasilkan kontras yang memadai dan, hingga 0,3 mmol / kg dapat digunakan dalam beberapa kasus.

Penggunaan intra-arteri untuk meningkatkan kontras dalam pencitraan resonansi magnetik pada dewasa:

Sebagai 0,002 mmol / ml larutan : Dosis tergantung pada sendi yang dicitrakan; kisaran biasa adalah 1-20 ml.

Bagaimana dosis meglumine gadopentetate untuk anak-anak?

Penggunaan intravena untuk meningkatkan kontras dalam pencitraan resonansi magnetik untuk anak: Sebagai 0,5 mmol / ml larutan: 0,1 mmol / kg pada kecepatan tidak lebih cepat dari 10 ml per 15 detik. Untuk pencitraan cranial dan spinal, dosis lebih lanjut dari 0,1 mmol / kg dapat diberikan dalam waktu 30 menit jika perlu. Untuk pencitraan seluruh tubuh pada anak-anak> 2 tahun, dosis 0,2 mmol / kg mungkin diperlukan dalam beberapa kasus untuk menghasilkan kontras yang memadai.

Dalam dosis apakah meglumine gadopentetate tersedia?

Injeksi: 10 mL, 20 mL, 469 mg x 1 mL x 10 mL.

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena meglumine gadopentetate?

Efek samping termasuk:

  • sakit kepala
  • mual
  • muntah
  • paraesthesias
  • pusing dan nyeri lokal
  • sensasi ¬†panas sementara atau gangguan seperti rasa dingin atau rasa akibat suntikan dari gadopentetate atau kelat gadolinium lainnya
  • jarang terjadi seperti kejang, hipotensi, reaksi alergi atau anafilaktoid dan shock mungkin terjadi.

Tidak semua orang mengalami efek samping ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan meglumine gadopentetate?

Sebelum menggunakan obat ini, beritahu dokter Anda jika Anda:

    • memiliki atau baru saja menjalani transplantasi hati
    • berusia di atas 65 tahun
    • alergi atau sensitif atau memiliki reaksi yang buruk terhadap zat yang mirip dengan meglumine gadopentetate atau beta-blocker di masa lampau
    • alergi atau sensitif atau memiliki reaksi terhadap salah satu bahan dalam obat
    • rentan terhadap kejang
    • memiliki masalah otak atau masalah sistem saraf pusat
    • memiliki masalah kardiovaskular
    • memiliki beberapa jenis masalah ginjal
    • telah memiliki perangkat seperti alat pacu jantung atau bahan asing yang mengandung zat besi yang ditanamkan dalam tubuh Anda
    • memiliki atau pernah memiliki alergi
    • memiliki atau pernah memiliki asma
    • memiliki kejang

Apakah meglumine gadopentetate aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini.

Dalam kasus Meglumine gadopentetate:

  • obat ini masuk ke dalam ASI
  • jangan menyusui selama setidaknya 24 jam setelah Anda menggunakan Meglumine gadopentetate

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan meglumine gadopentetate?

Interaksi obat dapat mengubah kinerja obat Anda atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Tidak semua kemungkinan interaksi obat tercantum dalam dokumen ini. Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep/nonresep dan produk herbal) dan konsultasikan pada dokter atau apoteker. Jangan memulai, memberhentikan, atau mengganti dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan meglumine gadopentetate?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan  penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan meglumine gadopentetate?

Adanya masalah kesehatan lain di tubuh Anda dapat mempengaruhi penggunaan obat ini. Beri tahukan dokter Anda bila Anda memiliki masalah kesehatan lain, terutama:

  • masalah otak atau masalah sistem saraf pusat
  • masalah kardiovaskular
  • jenis masalah ginjal tertentu
  • memiliki perangkat seperti alat pacu jantung atau bahan asing yang mengandung zat besi yang ditanamkan dalam tubuh Anda
  • memiliki alergi
  • memiliki asma
  • kejang.

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Karena obat ini hanya diberikan di rumah sakit, Anda tak akan melewatkan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Desember 14, 2016 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan