Counterpain Obat Apa?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Nama Generik: Counterpain Merek: nyeri sendi.

Kegunaan

Untuk apa obat counterpain?

Counterpain adalah salah satu obat bebas tanpa resep dokter yang banyak dijual di toko obat, apotek, atau bahkan minimarket sekalipun. Obat ini digunakan untuk meredakan nyeri otot dan nyeri sendi ringan akibat arthritis, sakit punggung, dan keseleo. Counterpain mengandung metil salisilat dan mentol yang berfungsi memberikan sensasi hangat dan sejuk pada kulit, sehingga mampu mengalihkan rasa sakit yang Anda alami.

Periksa label obat dengan saksama sebelum menggunakan obat ini pada anak-anak di bawah usia 12 tahun. Obat ini tidak boleh digunakan sama sekali pada anak-anak di bawah usia 2 tahun. Silakan konsultasi ke dokter untuk informasi lebih lanjut.

Bagaimana aturan pakai Counterpain?

Obat ini dapat dikonsumsi dengan atau tanpa resep dokter. Obat ini juga tersedia dalam bentuk krim, salep, patch (koyo), atau gel. Ikuti semua petunjuk pemakaian yang tertera pada produk kemasan. Jika Anda merasa bingung terkait aturan pakai obat ini, jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter.

Obat ini hanya boleh digunakan pada kulit alias untuk penggunaan luar saja. Jangan mengoleskan atau menggunakan obat ini di dekat mata, mulut, hidung, atau alat kelamin. Pastikan ketika Anda ingin menyentuh area tersebut tangan Anda sudah dalam keadaan bersih. Jika obat ini secara tidak sengaja mengenai area-area sensitif tersebut, segera siram dengan banyak air. Cuci tangan Anda sebelum menggunakan lensa kontak apabila habis menggunakan obat ini.

Oleskan obat ini secara tipis dan merata ke daerah yang bermasalah tidak lebih dari 4 kali dalam sehari. Gosok dengan lembut dan menyeluruh ke bagian yang bermasalah. Setelah menggunakan obat, jangan lupa cuci tangan dengan sabun sampai bersih, kecuali jika obat digunakan pada tangan atau jari tangan. Tunggu setidaknya 30 menit sebelum Anda cuci tangan.

Jangan gunakan obat ini pada kulit yang terluka atau teriritasi (misalnya lecet, tergores, atau terbakar sinar matahari). Jangan menutup dengan perban atau membungkus rapat area yang bermasalah karena hal tersebut justru dapat meningkatkan risiko efek samping.

Suhu tinggi juga dapat meningkatkan risiko efek samping. Jangan menerapkan obat ini sebelum, selama, atau setelah kegiatan yang dapat meningkatkan suhu tubuh, misalnya mandi air panas, berenang, berjemur di bawah panas matahari, atau olahraga dengan intensitas tinggi. Tunggu sampai suhu tubuh Anda kembali normal apabila ingin menggunakan obat ini.

Produk ini tersedia dalam berbagai dosis dengan bahan yang berbeda-beda, namun memiliki nama produk yang terdengar serupa. Baca petunjuk pemakaian dengan cermat untuk memastikan Anda menggunakan produk yang sesuai dengan kondisi Anda. Tanyakan pada dokter dan apoteker jika ada pertanyaan lain.

Segera konsultasikan ke dokter jika kondisi Anda tidak membaik atau justru bertambah buruk dalam kurun waktu 7 hari pemakaian.

Bagaimana cara menyimpan obat counterpain?

Counterpain adalah salah satu obat yang sebaiknya disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat yang mengandunng bahan sama mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan membuang obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Berapa dosis obat Counterpain untuk dewasa?

Untuk mengatasi nyeri otot dan sendi pada orang dewasa, dosis Counterpain adalah 1 gram yang digunakan maksimal 3-4 kali dalam sehari. Oleskan secara tipis-tipis dan merata pada bagian tubuh yang mengalami nyeri.

Berapa dosis obat Counterpain untuk anak-anak?

Obat ini tidak boleh digunakan pada anak-anak yang berusia di bawah 12 tahun.

Dalam dosis dan sediaan apa saja Countrepain tersedia?

Counterpain dipasarkan dengan berbagai bentuk mulai dari krim, salep, gel, atau patch (koyo).

Efek Samping

Apa efek samping obat Counterpain yang mungkin terjadi?

Counterpain pada umumnya dapat ditoleransi dengan baik. Namun, ada beberapa efek samping yang bisa terjadi. Beberapa efek samping paling umum dari penggunaan Counterpain adalah:

  • Gatal
  • Kulit kemerahan
  • Sensasi hangat/dingin yang menyengat di kulit
  • Ruam
  • Iritasi
  • Kulit mengelupas
  • Perubahan warna kulit

Efek samping yang lebih serius adalah alergi, meski ini jarang sekali terjadi. Reaksi alergi ditandai dengan mual dan muntah, bengkak pada wajah, sesak napas, dan kadang-kadang disertai demam.

Tidak semua orang mengalami efek samping saat menggunakan obat ini. Mungkin juga ada beberapa efek samping yang belum disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker.

Peringatan & Pencegahan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan Counterpain?

Meski dijual bebas tanpa resep dokter, tidak semua orang bisa menggunakan obat ini. Beberapa hal yang harus Anda ketahui sebelum menggunakan obat counterpain adalah:

  • Obat ini tidak boleh digunakan pada orang yang memiliki alergi terhadap mentol, metil salisilat, aspirin, atau jenis salisilat lainnya (misalnya salsalate).
  • Beri tahu dokter jika Anda memiliki riwayat penyakit asma dan polip hidung.
  • Obat ini hanya boleh digunakan pada kulit. Jangan memakai obat ini di dekat mata, mulut, hidung, dan alat kelamin.
  • Obat ini tidak boleh digunakan pada kulit yang terluka atau teriritasi.
  • Obat ini tidak dianjurkan untuk digunakan selama 3 bulan terakhir kehamilan karena mungkin dapat membahayakan bayi di dalam kandungan dan memicu berbagai masalah saat persalinan. Diskusikan risiko dan manfaatnya dengan dokter Anda.
  • Hidari menutup area yang telah diberikan obat dengan perban karena hal tersebut justru dapat meningkatkan risiko efek samping.

Apakah obat Counterpain aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Keamanan pemakian obat ini untuk ibu hamil dan menyusui masih belum diketahui dengan jelas. Itu sebabnya, pemakainan obat ini bagi Anda yang tengah hamil atau menyusui sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Selalu konsultasi terlebih dulu pada dokter kandungan atau bidan sebelum menggunakan obat apa pun, jika Anda sedang hamil, menyusui, atau sedang merencanakan kehamilan.

Interaksi Obat

Obat apa saja yang tak boleh dikonsumsi bersamaan dengan Counterpain?

Interaksi obat dapat mengubah kinerja obat Anda atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Sebaiknya, informasikan kepada dokter setiap produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep/nonresep) sebelum menggunakan obat ini atau menggunakan obat lainnya.

Jangan memulai, memberhentikan, atau mengganti dosis obat apa pun tanpa berkonsultasi dengan dokter.

Makanan dan minuman apa yang tak boleh dikonsumsi saat menggunakan Counterpain?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan dokter Anda.

Apakah ada kondisi kesehatan tertentu yang harus menghindari obat counterpain?

Obat ini dapat berinteraksi dengan kondisi kesehatan Anda. Interaksi ini dapat memperburuk kondisi kesehatan atau mengubah cara kerja obat. Itu sebabnya, sangat penting untuk selalu menginformasikan kepada dokter atau perawat Anda mengenai kondisi kesehatan Anda saat ini.

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan dalam keadaan darurat atau overdosis?

Obat ini bisa berbahaya jika tertelan. Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (119) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan kalau saya lupa minum obat atau lupa pakai obat?

Jika Anda melewatkan satu dosis, gunakanlah ketika Anda mengingatnya. Namun, apabila telah mendekati dosis selanjutnya, abaikan dosis yang terlupa, dan lanjutkan sesuai jadwal. Jangan gunakan obat ini dengan dosis dobel.

Hello Health Group tidak menyediakan konsultasi medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Direview tanggal: Oktober 31, 2018 | Terakhir Diedit: November 5, 2018

Yang juga perlu Anda baca