Menthol

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Penggunaan

Untuk apa Menthol?

Menthol (mentol) adalah senyawa kimia yang terkandung dalam daun peppermint, atau yang lebih dikenal dengan daun mint. Senyawa ini sering dimanfaatkan sebagai pemberi aroma dan rasa dari produk-produk yang bersifat komersil. Sebut saja kosmetik, pewangi, makanan, minuman, rokok, hingga obat-obatan.

Sebagai bahan campuran obat, senyawa ini biasanya digunakan untuk mengatasi sejumlah kondisi seperti:

  • Sakit tenggorokan ringan
  • Bau mulut
  • Flu
  • Pilek atau hidung tersumbat
  • Iritasi mulut
  • Nyeri otot dan sendi
  • Keseleo
  • Memar
  • Kram

Mentol tersedia dalam beragam bentuk. Mulai dari salep, krim, gel, obat minum, obat hirup, dan lain sebagainya. Senyawa ini bekerja dengan memberikan sensasi dingin, sehingga membantu meredakan rasa sakit untuk sementara waktu.

Dokter juga dapat menggunakan obat yang mengandung menthol untuk tujuan lain yang tidak disebutkan dalam artikel ini. Silakan konsultasi ke dokter untuk mendapatkan informasi yang lebih detail dan lengkap.

Bagaimana cara penggunaan Menthol?

Obat dengan campuran senyawa mentol umumnya tersedia dalam sejumlah bentuk. Mulai dari obat oles, patch (koyo), dan obat minum seperti itu tablet atau sirup.

Tergantung bentuknya, gunakan obat ini sesuai anjuran dokter atau yang tertera pada kemasan produk. Simak baik-baik informasi yang diberikan tersebut. Bila Anda belum paham betul cara pakainya, jangan ragu untuk bertanya langsung ke dokter atau apoteker.

Obat oles

Obat oles hanya boleh digunakan pada kulit alias untuk penggunaan luar saja. Jangan mengoleskan atau menggunakan obat ini di dekat mata, mulut, hidung, atau alat kelamin. Jika obat ini secara tidak sengaja mengenai area-area sensitif tersebut, segera siram dengan banyak air.

Cuci tangan Anda sebelum dan setelah menggunakan oles yang mengandung senyawa mentol. Oleskan obat tipis-tipis dan merata ke bagian tubuh yang sakit tidak lebih dari 4 kali dalam sehari, atau seperti yang diarahkan oleh dokter Anda atau yang tertera pada label kemasan.

Jangan membungkus, menggunakan perban, atau menggunakan bantal pemanas pada daerah yang diolesi obat oles. Cara ini dapat menurunkan efektivitas obat atau bahkan meningkatkan risiko efek samping.

Anda juga tidak dianjurkan untuk menggunakan obat ini pada kulit yang terluka atau teriritasi. Entah karena lecet, tergores, atau terbakar matahari.

Jika Anda melewatkan pemakaian obat oles, gunakanlah segera ketika Anda ingat. Terus gunakan seperti yang diarahkan oleh dokter atau yang tertera pada label kemasan.

Obat minum

Obat dalam bentuk tablet dapat dikunyah atau ditelan langsung. Tanyakan pada dokter cara terbaik untuk mengonsumsinya.

Jangan gunakan sendok makan biasa saat minum obat dalam bentuk sirup atau tetes. Sebaliknya, gunakan pipet tetes ataupun sendok obat yang biasanya tersedia di dalam bungkus kemasan. Bila keduanya tidak tersedia, coba tanyakan langsung pada apoteker atau dokter untuk mengetahui takaran pastinya.

Selalu cek kemasan produk sebelum Anda menggunakan obat jenis apa pun. Jangan gunakan obat bila cairan tampak terkontaminasi, berubah warna, atau terdapat partikel asing di dalamnya.

Obat patch (koyo)

Koyo merupakan jenis obat yang ditempelkan di atas permukaan kulit. Sebelum menempelkan koyo ke kulit, pastikan kulit Anda bersih dan kering. Pastikan Anda menempelkan koyo dengan benar. Hindari menempelkan koyo di kulit yang rusak atau sedang iritasi. Cuci tangan Anda setelah menempelkan koyo.

Bagaimana cara penyimpanan Mentol?

Menthol adalah salah satu obat yang sebaiknya disimpan pada suhu ruangan. Jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan.

Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi.

Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis Menthol untuk orang dewasa?

Untuk mengatasi saluran pernapasan yang tersumbat dan iritasi tenggorokan, minum obat ini dalam bentuk lonzenge (permen) setiap 3 jam sekali. Biasanya obat ini dapat dikombinasikan dengan campuran minyak eucalyptus ataupun cetylpyridinium chloride.

Sementara untuk mengatasi nyeri otot dan sendi, Anda bisa menggunakan obat ini dalam bentuk krim atau salep. Krim atau salep mentol dapat dicampurkan dengan bahan lain seperti kamper, minyak cengkih, atau metil salisat.

Ambil obat secukupnya, lalu ratakan di bagian tubuh yang bermasalah tipis-tipis sambil dipijit secara perlahan. Obat ini dapat digunakan 2-3 kali sehari.

Khusus untuk obat minum, pemberian dosisnya mungkin dapat berbeda dari satu orang dengan orang yang lainnya. Sebab, pemberian dosis obat biasanya disesuaikan dengan usia, kondisi kesehatan pasien secara menyeluruh, serta respon mereka terhadap pengobatan.

Pastikan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter atau apoteker sebelum mengonsumsi obat jenis apa pun. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa Anda mengonsumsi obat sesuai dengan dosis yang dianjurkan.

Bila diperlukan, dokter bisa saja mengubah dosis obat untuk memastikan bahwa Anda mendapat takaran yang tepat. Patuhi resep yang diberikan dokter meski berubah beberapa kali.

Jangan minum obat lebih banyak atau lebih sedikit dari yang tertera di resep. Jika dokter meminta Anda berhenti meminumnya, hentikan saat itu juga. Sebaliknya, jika dokter belum meminta Anda untuk berhenti minum obat, ikuti aturannya meski mungkin merasa sehat.

Bagaimana dosis Menthol untuk anak-anak?

Belum ada ketentuan dosis pasti untuk anak-anak. Sama seperti orang dewasa, pemberian dosis untuk anak-anak disesuaikan oleh usia, berat badan, kondisi kesehatan, serta respon mereka terhadap pengobatan.

Obat ini bisa saja berbahaya bagi anak-anak bila digunakan secara asal. Oleh sebab itu, konsultasikan pada dokter atau apoteker untuk informasi lebih lanjut.

Dalam dosis apakah Menthol tersedia?

Mentol adalah salah satu obat yang tersedia dalam beragam bentuk, seperti obat oles, obat minum, serta koyo.

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena Menthol?

Pada dasarnya semua obat berpotensi menyebabkan efek samping. Akan tetapi, tidak semua orang dapat merasakan efek samping tersebut.

Sejumlah efek samping paling umum dan kerap dikeluhkan setelah menggunakan obat yang mengandung senyawa menthol adalah:

  • Mengantuk
  • Mual dan muntah
  • Vertigo
  • Mengantuk
  • Gangguan pencernaan salah satunya sakit perut parah
  • Iritasi mata dan kulit
  • Sensasi hangat dan panas
  • Ruam kemerahan
  • Kebas dan baal

Dalam kasus yang jarang terjadi, senyawa ini juga bisa menyebabkan reaksi alergi parah yang disebut dengan syok anafilaktik. Ketika hal ini terjadi, Anda akan mengalami:

  • Ruam kulit
  • Gatal-gatal
  • Sulit bernapas
  • Pembengkakan pada wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan
  • Kesadaran hampir hilang

Anda juga perlu berkonsultasi ke dokter apabila mengalami satu dari berbagai efek samping berikut:

  • Perasaan seperti akan pingsan
  • Nyeri atau rasa terbakar saat buang air kecil
  • Kulit pucat, sesak napas, denyut jantung cepat, kepala keliyengan, dan sulit konsentrasi
  • Nyeri dada dan mengi atau napas berbunyi ngik-ngik
  • Mengantuk, linglung, suasana hati mudah berubah, terus merasa haus, hilang nafsu makan, mual, dan muntah
  • Pembengkakan bagian tubuh tertentu, berat badan naik, sesak napas, kencing lebih sedikit dari biasanya atau tidak sama sekali
  • Kadar kalium di dalam darah tinggi, ditandai dengan denyut jantung lambat, nadi lemah, dan lemah otot

Tidak semua orang mengalami efek samping seperti yang sudah disebutkan di atas. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak tercantum di atas. Jika Anda memiliki kekhawatiran tertentu mengenai efek samping, silakan konsultasikan dengan dokter atau apoteker.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan Menthol?

Ada sejumlah hal yang perlu Anda ketahui dan lakukan sebelum menggunakan obat yang mengandung menthol adalah:

  • Beri tahu dokter dan apoteker bila Anda punya alergi terhadap mentol atau bahan lainnya. Tanyakan pada dokter dan apoteker perihal daftar penyusun bahan yang terkandung di dalamnya.
  • Beri tahu dokter dan apoteker bila Anda sedang atau akan rutin mengonsumsi obat-obatan tertentu. Baik itu obat resep, nonresep, hingga obat lain alami yang terbuat dari bahan herbal.
  • Beri tahu dokter dan apoteker bila Anda sedang atau punya riwayat penyakit gangguan pernapasan kronis, seperti bronkitis dan emfisema.
  • Beri tahu dokter dan apoteker bila Anda sedang sakit batuk berdahak.
  • Beri tahu dokter dan apoteker bila Anda sedang sakit tenggorokan yang disertai dengan demam, ruam kemerahan di kulit, mual dan muntah.
  • Beri tahu dokter dan apoteker bila Anda sedang hamil dan menyusui.

Bagi Anda yang punya riwayat penyakit diabetes, Anda harus berhati-hati ketika mengonsumsi obat mentol yang berbentuk permen. Sebab, obat jenis ini biasanya mengandung gula atau fenilalanin. Untuk mencegah efek samping yang berbahaya, sebiaknya beri tahu dokter dulu sebelum Anda mengonsumi obat mentol jenis permen.

Obat oles yang mengandung mentol sebaiknya tidak digunakan di area kulit yang punya luka terbuka karena iritasi atau lecet. Memaksakan diri menggunakan di area tersebut dapat meningkatkan risiko efek samping yang mungkin semakin merusak kondisi kulit Anda.

Mentol juga termasuk obat yang bisa menyebabkan mengantuk. Oleh karena itu, Anda tidak dianjurkan untuk mengendari mobil atau mengoperasikan mesin besar sampai efek obatnya benar-benar hilang.

Selain itu, penting juga bagi Anda untuk segera berobat ke dokter jika selama menggunakan obat ini, kondisi Anda tidak membaik atau semakin memburuk. Pada intinya, jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter jika Anda mengalami gejala yang tidak biasa. Semakin cepat diobati maka akan semakin baik.

Apakah Menthol aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Belum ada studi yang lengkap untuk menentukan risiko wanita ketika menggunakan obat ini selama kehamilan atau saat menyusui. Harap selalu konsultasikan dengan dokter Anda untuk mempertimbangkan manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini.

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan Menthol?

Interaksi obat dapat mengubah kinerja obat Anda atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Namun, artikel ini tidak berisi tentang semua interaksi obat yang mungkin terjadi.

Sebaiknya, informasikan kepada dokter setiap produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep/nonresep) sebelum menggunakan obat ini atau menggunakan obat lainnya.

Jangan memulai, memberhentikan, atau mengganti dosis obat apa pun tanpa berkonsultasi dengan dokter.

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan Menthol?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi.

Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi.

Alkohol biasanya dapat menurunkan tekanan darah dan meningkatkan efek samping tertentu dari losartan.

Selain itu, jangan mengonsumsi suplemen kalium atau pengganti garam saat minum obat ini kecuali jika dokter menyatakan tidak apa-apa.

Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan Menthol?

Adanya masalah medis lain dapat mempengaruhi penggunaan obat ini. Pastikan Anda memberitahu dokter jika Anda memiliki masalah medis lain, terutama jika Anda terluka, tergores, iritasi, atau mengalami kerusakan kulit pada bagian yang sakit.

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (119) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat. Bawalah kotak obat, wadah, atau label ketika akan pergi ke rumah sakit untuk membantu dokter dengan informasi yang diperlukan.

Ketika seseorang mengalami overdosis, berbagai gejala yang mungkin muncul yaitu:

  • Tekanan darah yang terlalu rendah (hipotensi) yang membuat kepala menjadi pusing
  • Pingsan
  • Detak jantung cepat dan tidak teratur
  • Detak jantung lebih lambat dari kondisi normal

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Jika Anda melewatkan dosis, minum segera setelah Anda ingat. Jika mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlewat dan lanjutkan jadwal pemberian dosis Anda. Jangan gunakan dosis ekstra untuk mengganti dosis yang terlewat.

Jika Anda terus ketinggalan dosis, pertimbangkan untuk mengatur alarm atau meminta anggota keluarga untuk mengingatkan Anda.

Silakan berkonsultasi dengan dokter Anda untuk membahas perubahan dalam jadwal dosis Anda atau jadwal baru untuk menebus dosis yang terlewat, jika Anda telah melewatkan terlalu banyak dosis baru-baru ini.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Share now :

Direview tanggal: Januari 1, 1970 | Terakhir Diedit: Desember 31, 2019

Sumber
Yang juga perlu Anda baca