backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

Amankah Konsumsi Air dari Galon Polikarbonat? Cek Faktanya di Sini!

Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto · General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Fatin Nur Jauhara · Tanggal diperbarui 22/01/2024

    Amankah Konsumsi Air dari Galon Polikarbonat? Cek Faktanya di Sini!

    Galon polikarbonat belakangan ini sedang ramai diperbicarakan masyarakat umum karena dipercaya mengandung zat berbahaya.

    Namun faktanya, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyatakan, galon jenis ini boleh digunakan untuk air minum kemasan. Lantas, bagaimana keamanan galon polikarbonat untuk air minum? Berikut penjelasannya.

    Apakah air kemasan galon polikarbonat aman?

    Air kemasan galon plastik polikarbonat telah digunakan selama lebih dari 50 tahun di dunia.

    Galon ini banyak digunakan oleh perusahaan air minum kemasan karena beragam keuntungannya, seperti ringan, kaku, tahan pecah, dan transparan.

    Sebagai konsumen, Anda pun tidak perlu khawatir karena penggunaan galon jenis ini juga telah diberikan regulasi oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). 

    Perlu Anda Ketahui

    Berdasarkan Peraturan Badan POM Nomor 20 tahun 2019 tentang kemasan pangan, terdapat persyaratan batas migrasi BPA pada kemasan plastik polikarbonat di Indonesia, yaitu sebesar 0,6 bagian per juta (bpj).

    Air galon kemasan polikarbonat yang beredar di pasaran pastinya telah mengikuti Standar Nasional Indonesia (SNI) dan melalui proses perizinan BPOM, sehingga penggunaan galon kemasan tersebut aman dan tidak menimbulkan bahaya bagi kesehatan.

    Tips konsumsi air kemasan galon

    Mencukupi cairan tubuh setiap harinya sangat penting untuk memelihara kesehatan. Nah, jangan sampai karena khawatir masalah BPA pada galon polikarbonat, mencegah Anda dari minum air yang cukup. 

    Pasalnya, kekurangan cairan dapat membuat dehidrasi dan memicu kondisi kesehatan yang lebih parah. Berikut adalah beberapa tips agar konsumsi air kemasan galon polikarbonat lebih aman.

    1. Gunakan kemasan galon polikarbonat yang sesuai standar nasional

    Tips pertama adalah pilih galon guna ulang yang telah memenuhi persyaratan SNI, bersertifikat halal, dan memiliki izin edar dari BPOM. 

    Tahukah Anda?

    Perusahaan air minum dalam kemasan (AMDK) yang memenuhi persyaratan SNI dan izin edar dari BPOM tentunya akan mengikuti prosedur yang telah diatur dalam Peraturan Perindustrian RI Nomor 96/M-IND/PER/12/2011.

    Aturan tersebut dimulai dari wadah yang digunakan, proses pengambilan dan penampungan air baku, hingga pendistribusian. Dengan begitu, Anda sebagai konsumen bisa mendapatkan air mineral bermutu yang aman.

    2. Proses pengisian ulang yang steril

    Tips kedua adalah perhatikan cara pengisian ulang. Sebaiknya hindari membeli air isi ulang di depot air minum yang tidak terjaga kebersihannya. 

    Meskipun memiliki harga yang lebih murah, konsumsi air isi ulang yang tidak steril memiliki risiko kesehatan yang lebih banyak.

    Sebagai gantinya, Anda bisa pilih air kemasan galon yang tersegel rapi. Air kemasan galon biasanya akan menjalani proses sterilisasi bermutu tinggi sebelum diisi ulang dengan air mineral.

    Proses sanitasi pada air kemasan galon dilakukan dengan air bertekanan tinggi yang dilakukan lebih dari 20 kali tanpa tersentuh tangan manusia. 

    Hal ini membuat kemungkinan perpindahan kuman atau bakteri dari manusia ke air minum yang dikemas menjadi tidak ada.

    3. Simpan ditempat yang aman

    Setelah membeli air minum kemasan galon polikarbonat, Anda perlu memerhatikan tempat penyimpanannya di rumah. Hindari menyimpan air galon polikarbonat di bawah atau terpapar sinar matahari langsung. 

    Tempat penyimpanan yang tidak aman atau terpapar matahari langsung dapat memicu aktivasi zat organik di dalam air, sehingga menyebabkan air menjadi keruh serta muncul lumut di dalam galon. 

    4. Sumber air murni dan terlindungi

    Nah, tips terakhir adalah memilih air dari sumber air murni pegunungan vulkanik yang terlindungi. Sumber air yang terlindungi akan menghasilkan kandungan mineral alami sehingga baik untuk kesehatan tubuh.

    Perlu Anda Ketahui

    Air mineral yang berasal dari pegunungan vulkanik yang dilindungi memiliki ciri rasa air dingin alami tanpa perlu didinginkan di lemari es terlebih dahulu. Air mineral ini biasanya dikemas secara higienis sehingga kemurniannya terjaga sampai ke tangan Anda.

    Nah, demikianlah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih air kemasan galon polikarbonat. Jadi, jangan ragu lagi untuk konsumsi air kemasan galon jenis ini, ya.

    Dengan konsumsi air mineral kemasan galon polikarbonat, Anda telah ikut membantu menyelamatkan bumi. Pasalnya, limbah plastik bisa dikurangi dengan memakai air kemasan galon polikarbonat.

    Catatan

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Ditinjau secara medis oleh

    dr. Carla Pramudita Susanto

    General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


    Ditulis oleh Fatin Nur Jauhara · Tanggal diperbarui 22/01/2024

    advertisement iconIklan

    Apakah artikel ini membantu?

    advertisement iconIklan
    advertisement iconIklan