Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Penyakit Tipes

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 1 Desember 2020 . Waktu baca 6 menit
Bagikan sekarang

Tipes atau bahasa medisnya disebut dengan demam tifoid adalah infeksi yang menyerang sistem pencernaan akibat bakteri Salmonella typhi. Bakteri ini masuk ke dalam tubuh melalui makanan atau minuman yang sudah terkontaminasi. Jika Anda terkena penyakit ini, ada beberapa makanan untuk penderita tipes yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi. Apa saja?

Apa saja jenis makanan yang dianjurkan untuk penderita tipes?

Tipes menular dari kebiasaan dan lingkungan yang tidak bersih, seperti jarang mencuci tangan dan menyentuh barang terinfeksi. Bakteri penyebab tipes juga dapat menyebar dari makanan yang Anda konsumsi. 

Oleh karena itu, penting untuk memerhatikan makanan yang Anda konsumsi ketika sedang menderita tipes. Jika salah, proses penyembuhan ketika Anda menjalani pengobatan tipes bisa saja terhambat. 

Berikut jenis-jenis makanan yang dianjurkan untuk penderita tipes:

1. Makanan yang lunak

makan bubur

Tipes merupakan jenis penyakit yang menginfeksi sistem pencernaan. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk mengonsumsi makan yang lunak, lembek, dan berkuah, seperti bubur atau sup. Hal ini dilakukan agar makanan tersebut lebih mudah dicerna.

Pasalnya, sistem pencernaan orang yang mengalami tipes sedang dalam kondisi yang kurang baik dan butuh waktu dalam proses penyembuhan. Selain itu, pemberian makanan yang lunak dan lembek ini juga untuk menghindari komplikasi tipes berupa perdarahan di usus serta perforasi usus (muncul lubang-lubang di dinding usus).

Dikutip dari Cleveland Clinic, Anda dianjurkan mengunyah makanan hingga teksturnya menjadi seperti kentang tumbuk. Semakin Anda mengunyahnya, maka semakin mudah pula makanan itu dicerna oleh tubuh. 

2. Makanan tinggi kalori dan gizi

resep pasta gandum

Makanan berkalori tinggi akan membantu Anda untuk mempercepat pemulihan penyakit tipes. Hal tersebut karena kalori tinggi akan mencegah berat badan turun drastis akibat tipes.

Selain berkalori tinggi, Anda juga perlu memerhatikan kandungan gizi dalam makanan Anda ketika menderita tipes. Salah satunya adalah protein. Protein sangat bermanfaat bagi tubuh karena sebagai sumber tenaga dan zat pembangun yang berfungsi dalam pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan yang rusak. 

Bagi orang yang mengalami tipes, asupan makanan yang tinggi protein ini sangat diperlukan untuk mempercepat proses penyembuhan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ini karena protein mampu memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak akibat infeksi.

Beberapa sumber protein yang baik bagi penderita tipes di antaranya yaitu:

  • Daging ayam bagian dada
  • Hati ayam
  • Telur
  • Ikan
  • Tahu
  • Tempe

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, makanan ini sebaiknya dibuat  lebih lunak dan berukuran lebih kecil. Anda bisa merebusnya atau dibuat menjadi sup atau dikukus. 

Anda sebaiknya menghindarimetode masak dengan cara digoreng. Menggoreng produk makanan tersebut akan membuatnya lebih keras dan sulit dicerna oleh pencernaan orang yang sakit tipes.

Tak hanya itu, telur, yogurt, dan keju sangat mudah untuk dicerna dan bisa menjadi sumber protein yang baik. Yogurt dapat membantu Anda meringankan gejala tipes yang mengganggu, yaitu diare. 

3. Makanan rendah serat

asupan serat

Salah satu pantangan makanan yang tidak boleh dikonsumsi sementara waktu untuk penderita tipes adalah mengonsumsi makanan yang mengandung kadar serat tinggi. Pasalnya, makanan yang mengandung serat tinggi sulit dicerna dan dapat mengiritasi usus Anda yang sudah meradang.  

Apabila Anda ingin mengkonsumsi buah dan sayur, Anda disarankan untuk mengonsumsi jenis buah dan sayur yang memiliki kandungan serat yang rendah. Selain itu, pastikan sayur-sayuran yang Anda konsumsi telah dimasak untuk menghindari kontaminasi. 

Berikut saran yang bisa Anda lakukan untuk mengonsumsi sayur dan buah saat menderita tipes:

  • Juah buah tanpa ampas
  • Pisang
  • Alpukat
  • Saus apel
  • Buah masak tanpa kulit atau biji
  • Kentang tanpa kulit
  • Tomat tanpa kulit dan biji

Anda juga bisa mengonsumsi makanan yang rendah serat lainnya seperti pasta, nasi putih, kentang, roti tawar, dan lain sebagainya.

4. Cairan

tips puasa sehat

Keseimbangan elektrolit dan air di dalam tubuh sangat penting untuk dijaga agar Anda cepat sembuh dari penyakit tipes. Nah, minum banyak air putih adalah suatu kewajiban yang harus Anda lakukan demi mempercepat penyembuhan tipes. 

Salah satu akibat dari penyakit tipes adalah diare dan gangguan pada pencernaan ini bisa membuat Anda dehidrasi. Oleh karena itu, memenuhi kebutuhan cairan adalah hal yang penting. Minumlah minimal 6-8 gelas air dalam sehari. 

Selain minum air putih, Anda juga bisa mengonsumsi kuah sayur atau air perasan buah. Keduanya dapat menggantikan elektrolit yang hilang akibat diare. Jika dehidrasi semakin parah, segera ke rumah sakit untuk perawatan lebih lanjut.

Apa saja makanan yang harus dihindari untuk penderita tipes?

pantangan tipes

Makanan pedas memang menggugah selera, tapi makanan jenis ini harus dihindari orang yang terkena tipes. Tipes membuat usus Anda luka akibat infeksi bakteri Salmonella typhi.

Makanan pedas akan membuat organ pencernaan terutama usus akan mengalami rasa panas hingga terjadi pembengkakan atau mungkin pendarahan. Hal ini tentu saja akan memperparah keadaan dan memperlama proses penyembuhan dari penyakit tipes itu sendiri.

Selain makanan pedas, ada makanan dan minuman lain yang harus dihindari saat terkena tipes, yaitu:

  • Makanan yang berserat tinggi karena dapat mengganggu sistem pencernaan.
  • Kubis dan capsicum bisa membuat perut Anda kembung dan sering buang gas.
  • Masakan yang memiliki rasa bawang putih dan merah yang kuat. Keduanya dapat menyebabkan peradangan.
  • Makanan pedas mampu memperburuk kondisi penderita tipes.
  • Makanan yang digoreng, mentega, dan makanan penutup pun harus dihindari.
  • Hindari membeli makanan dari pinggir jalan

Tips konsumsi makanan untuk penderita tipes

Ketika Anda menderita tipes, Anda mungkin merasakan gejala berupa demam dan tidak nafsu makan. Dalam kondisi ini, Anda tetap harus makan demi memulihkan kondisi kesehatan Anda. Lakukan tips di bawah ini:

  • Konsumsi makanan yang cair, seperti jus buah dan sayur ketika tidak nafsu makan
  • Makan dalam porsi yang sedikit, tapi sering
  • Perlahan naikkan tekstur makanan Anda, seiring dengan kondisi kesehatan yang membaik
  • Ganti makanan cair dengan yang lunak, seperti bubur atau kentang rebus tumbuk
  • Ketika gejala tipes mulai berkurang, mulai makan makanan yang telah disebutkan di atas, dengan tekstur normal

Salah satu cara agar Anda cepat sembuh dari penyakit tipes adalah memperhatikan pola makan. Oleh karena itu, jika Anda sedang dalam proses pemulihan, usahakan untuk mengikuti tips-tips di atas agar mempercepat penyembuhan.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Seberapa Efektif Ekstrak Cacing untuk Obat Tipes?

Ekstrak cacing tanah kerap dijadikan obat tradisional untuk mengatasi penyakit tipes sejak lama. Namun, apakah obat tersebut efektif?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Penyakit Infeksi, Demam Tifoid (Tifus) 23 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit

Tipes (Demam Tifoid)

Tipes sering juga disebut sebagai demam tifoid. Cari tahu penyebab, ciri-ciri tipes, dan juga obatnya bagi Anda dan keluarga di artikel ini.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Penyakit Infeksi, Demam Tifoid (Tifus) 23 Desember 2020 . Waktu baca 9 menit

Tes Widal, Tes Cepat untuk Deteksi Penyakit Tipes

Tes Widal adalah salah satu pemeriksaan yang kerap digunakan untuk mendiagnosis penyakit tifus. Bagaimana cara membaca hasil tes widal?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Penyakit Infeksi, Demam Tifoid (Tifus) 23 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit

Diet Gagal Ginjal: Seberapa Penting dan Bagaimana Caranya?

Selain menjalani perawatan, pasien gagal ginjal ternyata juga perlu memperhatikan asupannya. Ini panduan diet gagal ginjal yang bisa Anda tiru.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Urologi, Ginjal 31 Agustus 2020 . Waktu baca 9 menit

Direkomendasikan untuk Anda

gejala tipes

Berbagai Gejala Tipes yang Perlu Anda Waspadai

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Dipublikasikan tanggal: 22 Februari 2021 . Waktu baca 9 menit

Selain Obat, Pola Makan Juga Jadi Kunci Utama Cepat Pulih dari Tipes

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 15 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit
penyebab tipes

Berbagai Kebiasaan Buruk yang Sering Jadi Penyebab Tipes

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Dipublikasikan tanggal: 1 Februari 2021 . Waktu baca 5 menit
cara mengobati tipes

Berbagai Pilihan Pengobatan untuk Atasi Tipes

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Dipublikasikan tanggal: 20 Januari 2021 . Waktu baca 8 menit