home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Manfaat dan Risiko Minuman yang Mengandung Charcoal

Manfaat dan Risiko Minuman yang Mengandung Charcoal

Minuman activated charcoal belakangan ini semakin menunjukkan popularitasnya sebagai minuman sehat. Banyak produsen jus yang menawarkan jus lemon charcoal (activated charcoal lemonade), yang merupakan campuran dari air, jus lemon asli, pemanis alami, dan arang aktif alias activated charcoal. Meski warnanya hitam legam dan seringnya mengingatkan kita pada genangan air di gorong-gorong, rasanya digambarkan tak ubah jus lemon biasa walau teksturnya sedikit kesat berkapur.

Produsen mengklaim bahwa minuman yang mengandung activated charcoal dapat memberikan Anda penampilan kulit yang sehat bercahaya, pencernaan yang lebih baik, menghilangkan sisa mabuk semalam, serta membuang segala racun jahat dalam tubuh. Apa benar minuman hitam legam ini bermanfaat bagi kesehatan?

Apa itu activated charcoal?

Arang yang ditambahkan ke dalam minuman Anda bukanlah berasal dari jenis arang yang sama untuk memanggang saat pesta barbeque. Activated charcoal adalah karbon yang dihasilkan dari tempurung kelapa sawit tua, bambu, atau serbuk kayu yang telah melalui proses pengaktifan khusus guna meningkatkan daya serapnya.

Proses pengaktifan arang dilakukan dengan cara merendamnya bersama bahan-bahan kimia tertentu. Kemudian arang aktif akan diolah lebih lanjut sehingga aman untuk dikonsumsi, dan dimasukkan ke dalam minuman yang Anda lihat di gerai-gerai minuman kesehatan.

Apa manfaat minuman activated charcoal?

Klaim utama dari minuman activated charcoal yang biasa Anda temukan di gerai-gerai komersil adalah untuk membantu detoksifikasi dan membuang zat-zat asing yang berbahaya dalam tubuh.

Arang dikenal mampu menyerap kotoran hingga 100 sampai 200 kali dari beratnya. Sementara dengan melalui proses aktivasi, arang aktif diklaim mampu menyerap massa racun dan kotoran hingga ribuan kali beratnya sendiri, sehingga activated charcoal diklaim sebagai bahan alami yang sangat baik untuk membilas racun dalam tubuh.

Selain itu, minuman hitam legam ini dikabarkan bermanfaat untuk memberikan lonjakan energi ekstra, kulit yang tampak halus bercahaya, dan menyembuhkan Anda dari hangover sisa pesta miras semalam. Ini karena activated charcoal bekerja membersihkan racun dan sisa alkohol yang ada dalam ginjal dan aliran darah. Minuman activated charcoal juga diklaim mampu memangkas timbunan lemak perut.

Apakah activated charcoal benar efektif membuang racun?

Arang aktif memang ampuh untuk menarik racun dalam tubuh. Khasiat detoksifikasi dari activated charcoal sudah lama dibuktikan oleh tenaga profesional medis sebagai penanganan untuk keracunan alkohol dan overdosis obat-obatan. Zat karbon ini bekerja bagai spons, dengan mengikat diri pada racun dan menyerapnya sebelum terangkut dalam aliran darah.

Tapi yang perlu dipahami adalah, activated charcoal tidak dapat dicerna oleh tubuh. Ini berarti setelah menyerap racun dalam tubuh, residu arang aktif yang kini mengandung racun akan tetap berada dalam saluran pencernaan dan akan ikut dibuang bersama sisa makanan lainnya. Jika racun sudah terlanjur dicerna oleh saluran pencernaan (tak lagi berada dalam usus) dan terbawa oleh aliran darah ke seluruh tubuh, maka activated charcoal tidak akan banyak berguna untuk mengeliminasi racun. Dengan demikian, beberapa klaim manfaat minuman charcoal yang sudah dijelaskan di atas dirasa kurang tepat.

Selain itu, “dosis” arang aktif yang terkandung dalam minuman activated charcoal terhitung sangat sedikit. Sebagai perbandingan, biasanya pasien kasus keracunan atau overdosis akan diberikan sekitar 5-10 tablet activated charcoal untuk sekali tenggak demi mencapai proses detoksifikasi optimalnya. Sedangkan pada minuman komersil, paling banyak hanya mengandung sekitar 1-2 sdt arang aktif sehingga minuman ini belum tentu memberikan efek pembersihan racun yang Anda inginkan. Ditambah lagi, efektivitas dan manfaatnya belum pernah benar-benar terbukti oleh bukti klinis yang kuat.

Jangan sembarangan minum minuman activated charcoal

Apa yang masyarakat kenal sebagai “detoks” mungkin berbeda dengan proses detoksifikasi dalam dunia medis. Dalam kondisi darurat, misalnya overdosis narkoba, pengeluaran racun dalam jumlah besar akan sangat berguna bagi pemulihan pasien dalam waktu singkat. Tapi jika Anda tidak sedang keracunan berat, rutin mengonsumsi minuman charcoal aktif bukanlah ide yang bijak.

Arang aktif adalah zat detoksifikan yang sangat kuat dan tidak memiliki “syarat dan ketentuan” khusus soal apa yang bisa dan tidak bisa diserap olehnya. Lauren Minchen, ahli gizi bersertifikat asal New York memperingatkan bahwa karena sifatnya yang tidak spesifik dalam menyerap senyawa-senyawa tertentu, selain menarik racun, charcoal juga dapat berikatan dengan sejumlah nutrisi seperti vitamin C, niasin, pirodiksin (vitamin B6), tiamin (vitamin B1), dan biotin. Ini menjadikan makanan atau minuman yang Anda konsumsi jadi kehilangan zat gizi penting yang terdapat di dalamnya. Arang aktif juga dapat menyerap obat-obatan yang sedang Anda konsumsi demi kesembuhan Anda.

Tubuh sebenarnya memiliki mekanismenya sendiri untuk membuang racun dengan bantuan ginjal. Jika Anda ingin mencapai hasil detoksifikasi yang paling optimal demi menikmati manfaatnya, akan selalu lebih baik untuk mementingkan kesehatan ginjal dan tubuh secara keseluruhan daripada hanya bergantung pada tren makanan sehat yang selalu datang dan pergi.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Is Drinking Charcoal Healthy or a Hoax? http://www.livestrong.com/article/1011773-drinking-charcoal-healthy-hoax/ accessed April 13 2017

SHOULD YOU DRINK UP THIS NEW TREND? http://www.eatthis.com/facts-about-drinking-activated-charcoal accessed April 13 2017

Charcoal Juice Is Now a Thing http://time.com/3678820/charcoal-juice-health-benefits/ accessed April 13 2017

Could Eating Charcoal Help You Detox? http://dailyburn.com/life/health/eating-charcoal-detox-diet/ accessed April 13 2017

Activated Charcoal (By Mouth) https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmedhealth/PMHT0008816/?report=details accessed April 14 2017

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh Ajeng Quamila
Tanggal diperbarui 20/04/2017
x