backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

10 Merk Garam Dapur Terbaik yang Mengandung Yodium

Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto · General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Hillary Sekar Pawestri · Tanggal diperbarui 31/07/2023

Berikut adalah daftar produk yang bisa bermanfaat untuk Anda. Perlu diketahui, kami bisa saja mendapatkan sedikit komisi setiap kali Anda membeli produk via link ini. Tenang, tidak ada penambahan biaya. Pelajari lebih lanjut soal konten produk marketing kami di sini.

10 Merk Garam Dapur Terbaik yang Mengandung Yodium

Garam merupakan salah satu bumbu dapur terpenting karena hampir digunakan pada semua jenis masakan. Supaya masakan Anda semakin lezat dan sehat, Anda tentu perlu memilih merk garam terbaik. Berikut adalah beberapa produk rekomendasi dari kami yang dapat Anda coba.

Cara kami memilih merk garam terbaik

Meskipun sama-sama berfungsi untuk memberikan rasa asin, ternyata setiap merk garam memiliki manfaat yang berbeda-beda.

Untuk menentukan merk garam dapur yang sesuai dengan kebutuhan Anda, ikuti cara berikut saat membeli garam.

1. Tentukan warna garam

Sebagian dari Anda yang terjun ke bidang kuliner mungkin sudah tahu bahwa garam juga bisa digunakan sebagai bahan untuk mempercantik hidangan.

Sebagai contohnya, garam himalaya dengan warna merah jambunya atau bamboo charcoal salt dengan warna hitamnya.

Perlu diingat bahwa setiap jenis garam juga bisa memberikan cita rasa tersendiri. Jadi, Anda tetap perlu mempertimbangkan kombinasi rasanya dengan makanan yang sedang dibuat.

2. Sesuaikan dengan kegunaannya

Ada beberapa jenis garam, di antaranya garam meja atau garam dapur, garam bumbu yang dibuat dengan campuran rempah lain, atau garam krosok dengan butiran besar yang memberikan rasa asin yang kuat.

Jenis garam yang selama ini sering digunakan dalam skala rumahan adalah garam meja dengan butiran halus dan rasa asin yang sedang.

Namun, jika Anda membutuhkan garam yang juga memberikan rasa rempah, garam bumbu bisa menjadi solusinya.

3. Pilih yang mengandung yodium

Mengutip dari laman Office for Science and Society, kandungan yodium pada garam akan mendorong kelenjar tiroid untuk menghasilkan tiroksin.

Tiroksi merupakan hormon yang mengontrol berbagai fungsi penting tubuh, termasuk ketajaman otak.

Oleh karena itu, pastikan bahwa garam yang Anda pilih mengandung yodium di dalamnya. Namun, Anda sebaiknya membatasi konsumsi garam beryodium jika memiliki risiko hipertiroidisme.

10 rekomendasi merk garam terbaik

garam tidak boleh dimasak

Berikut adalah berbagai merk yang bisa Anda pertimbangkan untuk mendapatkan garam terbaik

Merk-merk berikut dapat dengan mudah Anda temukan di pasar hingga situs e-commerce.

1. Refina Refined Salt

Bagi Anda yang mencari garam beryodium, Refina Refined Salt bisa menjadi pilihan yang tepat. Produk ini juga memiliki tekstur halus dengan warna yang putih karena diproduksi dengan teknologi pemurnian.

Proses ini terdiri atas tahap pelarutan, pengendapan kotoran, penyaringan logam berat, dan pengkristalan. Teknologi pengolahan ini juga membuat garam Refina Refined Salt tidak mudah menggumpal.

Nomor izin edar BPOM: MD 255313002171

2. Miwon Garam Gurih

Sesuai dengan namanya, garam merk Miwon ini tidak hanya memberikan rasa asin, tapi juga gurih sehingga cita rasa makanan semakin memikat.

Garam halus beryodium ini memang mengandung Monosodium Glutamat (MSG) sebanyak 10%, tidak sebanyak micin tetapi tetap memiliki rasa yang kuat.

Miwon Garam Gurih tersedia dalam kemasan botol 300 gram sehingga memudahkan Anda saat menyimpannya.

Nomor izin edar BPOM: MD 255328070066

3. Garam Dolpin

Terbuat dari 100 garam lokal dari Madura yang diproses dengan teknologi modern, Garam Dolpin memiliki tekstur yang lebih halus dengan kadar yodium tinggi.

Produk ini juga telah terdaftar di BPOM dan MUI sehingga kualitas dan kehalalannya terjamin.

Selain mudah ditemukan di pasar hingga supermarket, harga Garam Dolpin pun cukup terjangkau. Untuk 500 gram garam, Anda hanya perlu mengeluarkan kurang dari 20 ribu.

Nomor izin edar BPOM: MD 255313004075

4. Garam Garena

Bagi Anda yang harus membatasi konsumsi natrium karena masalah kesehatan, Garena bisa menjadi pilihan merk garam dapur yang bagus.

Garam dapur ini diklaim memiliki kandungan natrium 40% lebih rendah dibandingkan garam biasa.

Perbedaan Garam Garena dengan produk lainnya terletak pada kandungan yodiumnya yang lebih tinggi, yaitu 43,9 ppm. Meski begitu, garam ini tidak akan mengubah cita rasa makanan.

Nomor izin edar BPOM: MD 255331001223

5. Jay’s Kitchen Black Pepper Seasalt

Jika Anda sedang memasak makanan yang membutuhkan warna gelap, seperti daging panggang, Jay’s Kitchen Black Pepper Seasalt bisa menjadi pilihan garam yang tepat.

Dengan tambahan lada hitam di dalamnya, produk garam ini bisa membuat warna makanan menjadi lebih gelap.

Selain varian lada hitam, Jay’s Kitchen juga memiliki varian lain seperti Chili Seasalt, Garlic Seasalt, dan Onion Seasalt.

Produk garam seperti ini tentu akan memberikan cita rasa tersendiri pada makanan, tergantung dengan variannya.

Nomor izin edar BPOM: MD 255613055755

6. Pura Seasoning Himalayan Salt with Garlic

Dengan klaim bebas gluten dan GMO (genetically modified organism), garam mek Pura ini bisa menjadi pilihan aman bagi Anda yang sedang mencoba menerapkan gaya hidup sehat.

Diperkaya dengan bawang putih, merk garam ini juga dapat menghasilkan cita rasa makanan yang lebih nikmat dan gurih.

Selain itu, Pura Seasoning Himalayan Salt with Garlic juga diklaim memiliki kandungan natrium yang lebih rendah dibandingkan merk garam lainnya.

Nomor izin edar BPOM: ML 255337003005

7. Garam Lodan

Diproduksi sejak tahun 1987, Garam Lodan masih mempertahankan kualitasnya berkat penggunaan bahan-bahan alami serta tanpa adanya tambahan bahan pengawet.

Merk garam dengan logo paus ini didapatkan dari hasil penguapan air laut secara alami. Lodan diklaim cocok untuk berbagai jenis masakan karena mudah larut dalam air.

Nomor izin edar BPOM: MD 255313010428

8. Garam Lososa

Lolosa berarti low sodium salt atau garam rendah natrium. Dengan begitu, garam Lososa bisa menjadi pilihan merk yang aman bagi Anda yang memiliki riwayat darah tinggi, stroke, dan penyakit jantung.

Selain itu, Lososa juga termasuk dalam merk garam beryodium sehingga dapat membantu mencegah timbulnya GAKY (Gangguan Akibat Kekurangan Yodium) seperti penyakit gondok atau hipotiroid.

Nomor izin edar BPOM: MD 255313001707

9. Nutrisalin Garam Diet

Bagi Anda yang sedang menjalani diet, garam merk Nutrisalin bisa menjadi salah satu pertimbangan. Pasalnya, garam ini diklaim memiliki kadar natrium paling rendah dibandingkan merk garam lainnya.

Meskipun rendah natrium, cita rasa yang diberikan Nutrisalin saat ditambahkan ke dalam makanan dipercaya tidak akan berbeda dari merk garam dapur lainnya.

Dengan kandungan natrium yang rendah, produk ini juga cocok untuk pasien hipertensi. Selain itu, Nutrisalin juga banyak direkomendasikan bagi Anda yang aktif menjalani fitness.

Nomor izin edar BPOM: MD 255331001217

10. Garam Cap Kapal

Rekomendasi merk garam dapur yang selanjutnya adalah Garam Cap Kapal. Merk ini diklaim sebagai pelopor garam beryodium pertama di Indonesia sejak tahun 1978.

Diproses dengan lima kali pencucian, Garam Cap Kapal dikenal dengan warnanya yang putih bersih. Garam ini juga telah melalui proses pengeringan dengan suhu 200°C sehingga tidak mudah menggumpal.

Selain untuk membuat lauk sehari-hari, Garam Cap Kapal juga bisa Anda gunakan untuk membuat kue.

Nomor izin edar BPOM: MD 255331002116

Untuk mendapatkan manfaat dari garam selain penambah rasa, pastikan Anda menggunakannya sesuai batasan. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah membatasi konsumsi garam harian sebanyak satu sendok teh per hari.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Carla Pramudita Susanto

General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Hillary Sekar Pawestri · Tanggal diperbarui 31/07/2023

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan