Ini Bahayanya Anda Jika Sering Tidak Makan Malam

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 18 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Banyak orang beranggapan jika makan malam adalah sebuah rutinitas yang harus dihindari, terutama bagi mereka yang sedang melakukan program diet. Padahal, sama seperti sarapan dan makan siang, makan malam pun sebaiknya jangan dilewatkan. Lantas, apa saja bahayanya jika sering tidak makan malam? Ketahui jawabannya dalam artikel ini.

Tidak ada manfaat kesehatan jika sering melewatkan jam makan, termasuk makan malam

Selain sarapan, banyak orang yang memilih untuk melewatkan makan malam. Alasannya jam makan ini berkontribusi besar dalam peningkatan berat badan. Sehingga mereka yang ingin menurunkan berat badan memilih untuk tidak makan pada waktu malam hari.

Tidak hanya itu, banyak anggapan pula yang menyebutkan bahwa ketika seseorang tidur, sistem pencernaan tubuh akan berhenti. Sehingga makanan yang dikonsumi saat malam hari tidak sempat dicerna dengan baik yang justru akan mengakibatkan kenaikan berat badan.

Namun, Pooja Makhija, seorang konsultan Nutritionist dan Clinical Dietcian di India menyebutkan bahwa tidak ada manfaat kesehatan yang bisa didapatkan jika seseorang sering melewatkan jam makan. Termasuk melewatkan jam makan malam.

Hal pertama yang akan Anda rasakan apabila sering melewatkan makan malam adalah timbulnya rasa lapar yang amat sangat pada keesokan harinya. Kemudian Anda akan merasa mual dan naiknya asam lambung sebab perut dibiarkan kosong dalam jangka waktu yang lama – terlebih jika Anda juga melewatkan makan siang sebelumnya. Selain itu, tidur Anda pun jadi tidak nyenyak karena sering bangun tengah malam lantaran kelaparan.

Nah, hingga pada akhirnya Anda akan tergoda untuk mengonsumsi makanan manis di malam hari karena muncul perasaan lelah akibat tidak kunjung tertidur. Hal inilah justru memicu kenaikan nafsu makan akibat rasa lapar yang berlebih karena sering melewatkan makan.

Makan malam memberikan asupan bahan bakar selama tidur

Sebenarnya, makan malam adalah asupan energi terakhir bagi tubuh sebelum Anda tidur sampai waktu sarapan tiba. Oleh karena itu, Anda harus memastikan kalau sebelum tidur, Anda sudah memenuhi pasokan glukosa dalam tubuh untuk digunakan sebagai bahan bakar selama tidur.

Penyebab Anda sering terbangun di tengah malam seringnya karena kadar gula darah mengalami penurunan. Yang mana tubuh harus melepaskan cadangan glukosa yang disimpan tubuh sehingga menyebabkan Anda terbangun saat tidur karena kehabisan energi – kelaparan. Nah, hal inilah yang terkadang membuat seseorang ngemil tengah malam untuk menghilangkan rasa lapar.

Itu sebabnya, sangat penting bagi Anda untuk tidak melewatkan makan malam yang sehat dan bergizi agar ketika tidur, tubuh mampu melepaskan glukosa secara stabil ke dalam aliran darah.

Jadi, kapan waktu yang tepat untuk makan malam?

Pada dasarnya, makan malam bukanlah sesuatu yang diharamkan jika Anda sedang diet, hanya saja Anda harus memperhatikan jam makan yang mengikuti jam biologis tubuh Anda. Sebuah penelitian yang dilakukan di Harvard University Medical School menjelaskan bahwa sesehat apa pun makanan yang Anda konsumsi, jika jadwal makan Anda tidak mengikuti jam biologis tubuh maka sistem metabolisme Anda bisa jadi kacau.

Nah, waktu terbaik untuk makan malah adalah pukul 5 sore hingga paling telat pukul 7 – 8 malam. Jam makan ini dianggap paling tepat karena diperkirakan tubuh Anda sudah selesai mencerna makanan dengan sempurna sebelum Anda terlelap tidur. Intinya, beri waktu sekitar 3 jam agar makanan bisa dicerna tubuh secara sempurna sebelum Anda tidur.

Apa saja aturan makan malam agar tetap sehat dan tidak bikin gemuk?

Selain memperhatikan waktu makan, ada beberapa hal lain yang juga harus Anda perhatikan agar makan malam tetap sehat dan tanpa mengganggu kesehatan Anda, di antaranya:

  • Selalu perhatikan asupan makanan yang Anda makan. Ada baiknya Anda mengonsumsi makanan ringan namun sehat di malam hari. Semangkuk buah dan segelas susu adalah solusi yang baik.
  • Dibutuhkan waktu sekitar 20 menit bagi tubuh untuk merasakan jika perut sudah kenyang. Oleh karena itu, makanlah secara perlahan, jangan terburu-buru. Ini akan mencegah Anda makan terlalu banyak dan berakhir kekenyangan.
  • Jika ingin makan berat, hindari makan berlemak dan pedas pada larut malam. Pasalnya kedua jenis makanan ini sulit dicerna tubuh sehingga memungkinkan Anda mengalami gangguan pencernaan seperti sakit perut yang bisa membuat kualitas tidur Anda terganggu.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

7 Resep Oatmeal Sehat dan Mudah untuk di Rumah

Oatmeal bukan hanya lezat, tapi juga penuh serat., mengenyangkan, dan cocok untuk Anda yang sedang berdiet. Simak 7 resep oatmeal berikut.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Adinda Rudystina
Resep Sehat, Nutrisi 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Beras Merah vs Beras Shirataki, Mana yang Efektif untuk Diet?

Bagi yang sedang diet, konsumsi beras atau nasi mungkin akan dibatasi. Beras merah atau beras shirataki dapat menjadi pilihan, tapi mana yang lebih efektif?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Tips Berat Badan Turun, Nutrisi 18 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Panduan Olahraga untuk Mantan Penderita Kanker

Tidak hanya bermanfaat bagi orang yang sehat, olahraga juga harus dilakukan oleh mantan penderita kanker. Apa saja manfaatnya? Olahraga apa yang dianjurkan?

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Kebugaran 15 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

11 Makanan dan Minuman Terbaik untuk Penderita Sakit Maag

Beberapa jenis makanan dan minuman ternyata bermanfaat untuk meringankan keluhan pada penderita sakit maag. Apa saja daftarnya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Kesehatan Pencernaan, Gastritis & Maag 11 Januari 2021 . Waktu baca 8 menit

Direkomendasikan untuk Anda

mengeluarkan racun dari tubuh detoksifikasi

8 Cara Mengeluarkan Racun dari Tubuh (Detoksifikasi)

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 27 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
apa itu diet raw food

Mau Coba Diet Raw Food? Simak Dulu Info Penting Ini

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 27 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
perbedaan mentega dan margarin

Perbedaan Mentega dan Margarin: Mana yang Lebih Sehat?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 25 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
strategi menahan lapar

Cara Menahan Rasa Lapar Saat Melakukan Diet

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit