Tak Hanya Cegah Pilek, Ini 9 Manfaat Vitamin C bagi Tubuh Anda

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 3 Maret 2021 . Waktu baca 6 menit
Bagikan sekarang

Saat flu menyerang, konsumsi suplemen vitamin C kerap menjadi pilihan pertama untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Vitamin C memang dapat diandalkan untuk mencegah penyakit, tapi tahukah Anda bahwa manfaat vitamin ini sebetulnya jauh lebih beragam?

Berikut berbagai hal yang perlu Anda ketahui seputar vitamin C dan manfaatnya.

Manfaat vitamin C bagi kesehatan

Pembentukan jaringan serta sistem pertahanan tubuh membutuhkan asupan berbagai macam vitamin dan mineral. Salah satu vitamin penting yang mendukung fungsi tubuh adalah vitamin C, atau dikenal juga sebagai asam askorbat.

Asam askorbat termasuk dalam kelompok vitamin larut air seperti halnya vitamin B kompleks. Tubuh tidak mampu memproduksi dan menyimpan vitamin C sendiri. Maka dari itu, Anda perlu memenuhi kebutuhan vitamin C dari makanan sehari-hari.

Asupan vitamin C yang cukup dapat melindungi tubuh dari serangan penyakit. Namun, ini bukanlah satu-satunya manfaat vitamin C. Zat gizi yang identik dengan buah-buahan ini juga bermanfaat bagi jaringan kulit, peredaran darah, bahkan saraf pada otak.

Berikut berbagai kebaikan yang bisa Anda dapatkan dari vitamin C.

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Vitamin C membantu meningkatkan kekebalan tubuh dengan cara mendorong produksi sel darah putih yang disebut limfosit dan fagosit. Sebagai antioksidan, vitamin ini juga melindungi sel kekebalan tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Selain itu, vitamin C membantu memperkuat pertahanan kulit. Kulit ternyata tidak hanya melindungi tubuh dari udara dan lingkungan. Organ terbesar pada tubuh manusia ini juga menghalau bakteri, jamur, dan mikroba sejenis yang bisa menyebabkan penyakit.

2. Menjaga kulit tetap sehat dan kencang

Vitamin C dapat ditemukan pada lapisan dermis dan epidermis kulit. Hal ini bukan tanpa alasan, sebab vitamin C memiliki manfaat dalam menjaga kesehatan kulit. Zat gizi inilah yang mendorong produksi kolagen dan melindungi sel kulit dari kerusakan.

Kolagen adalah protein utama yang membentuk struktur kulit Anda. Produksinya dapat menurun akibat penuaan dan radikal bebas dari lingkungan. Vitamin C-lah yang akan membantu menjaga produksi kolagen tetap stabil sehingga kulit senantiasa sehat.

3. Mencegah anemia defisiensi besi

Anemia defisiensi besi adalah anemia yang terjadi bila sel darah merah tidak memiliki cukup zat besi. Padahal, sel darah merah memerlukan zat besi untuk mengikat oksigen dan mengedarkannya ke seluruh tubuh.

Anda dapat mencegah kondisi tersebut dengan memenuhi kebutuhan vitamin C. Asam askorbat bekerja dengan meningkatkan penyerapan zat besi, khususnya dari sumber nabati yang zat besinya lebih sulit diserap oleh tubuh.

4. Membantu mengontrol tekanan darah

tidur siang tekanan darah
Sumber: Cleveland Clinic

Jika Anda menderita hipertensi, cobalah menambahkan makanan kaya vitamin C ke dalam menu harian Anda. Pasalnya, berbagai penelitian menunjukkan bahwa asupan vitamin C dapat membantu menurunkan tekanan darah, bahkan pada pasien hipertensi.

Menurut sebuah penelitian pada 2012, konsumsi suplemen vitamin C bisa menurunkan tekanan darah sistolik sebesar 4,9 mmHg dan diastolik sebesar 1,7 mmHg. Supaya manfaatnya lebih optimal, jangan lupa imbangi dengan menurunkan asupan garam.

5. Menurunkan kolesterol

Vitamin C juga memiliki manfaat bagi penderita penyakit kolesterol tinggil. Beberapa penelitian terdahulu menemukan bahwa konsumsi vitamin C sebanyak 500 miligram per hari dapat menurunkan kadar kolesterol LDL dan trigliserida.

LDL (low-density lipoprotein) dan trigliserida adalah kolesterol ‘jahat’ yang bisa memicu pembentukan plak pada pembuluh darah. Vitamin C membantu mencegahnya dengan menjaga kadar kedua kolesterol tersebut agar tetap terkendali.

6. Membantu mencegah penyakit asam urat

Penyakit asam urat disebabkan oleh kadar asam urat yang tinggi dalam darah. Asam urat lalu membentuk kristal pada persendian sehingga menimbulkan nyeri dan bengkak. Menariknya, asam askorbat memiliki potensi untuk mencegah penyakit ini.

Menurut sebuah laporan penelitian, konsumsi suplemen vitamin C selama 30 hari dapat menurunkan kadar asam urat darah secara drastis. Bahkan, orang yang rutin meminum suplemen vitamin C berisiko 44% lebih rendah untuk terkena penyakit asam urat.

7. Menurunkan risiko penyakit kronis

Menangkal radikal bebas dengan antioksidan
Menangkal radikal bebas dengan antioksidan

Vitamin C memiliki manfaat sebagai antioksidan alami. Antioksidan merupakan zat yang melindungi berbagai sel tubuh dari efek radikal bebas. Tanpa perlindungan antioksidan, sel tubuh lebih rentan mengalami kerusakan atau mutasi yang berbahaya.

Kerusakan atau mutasi sel dapat menimbulkan sejumlah penyakit, mulai dari penyakit jantung, pengerasan pembuluh darah, hingga kanker. Asupan vitamin C memang tidak secara langsung mencegah penyakit tersebut, tapi berpotensi menurunkan risikonya.

8. Mempercepat penyembuhan luka

Asam askorbat secara tidak langsung turut berperan dalam penyembuhan luka. Proses penyembuhan luka membutuhkan banyak protein, salah satunya kolagen. Jika produksi kolagen menurun, luka tentu lebih lama sembuh dari seharusnya.

Vitamin C merangsang produksi, pematangan, dan pelepasan kolagen pada jaringan yang terluka. Hal ini membantu mempercepat pembentukan jaringan baru yang akan menutup luka. Dengan begitu, luka akan lebih cepat sembuh.

9. Mengurangi risiko penyakit mata

Asupan vitamin C diyakini memiliki manfaat bagi kesehatan mata. Salah satu penelitian dalam jurnal Cochrane Database of Systematic Reviews contohnya, mengungkapkan bahwa asam askorbat berpotensi memperlambat proses terjadinya katarak.

Penelitian lain dalam jurnal yang sama pun menyebutkan bahwa asupan vitamin C dan mineral membantu mencegah degenerasi makula. Penyakit ini terjadi ketika bagian retina yang disebut makula mengalami kerusakan.

Dikenal sebagai vitamin untuk sistem imun, vitamin C sebenarnya menyimpan sederet manfaat yang mungkin belum banyak diketahui. Untuk mendapatkan khasiat tersebut, Anda hanya perlu menambahkan sumber vitamin C ke dalam menu sehari-hari.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Benarkah Suntik Putih Ampuh dan Aman untuk Mencerahkan Kulit?

Selain krim dan losion pemutih, ada satu tren dunia kecantikan yang diklaim bisa mencegah keriput dan memutihkan kulit dengan instan: suntik putih.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Perawatan Kulit, Kesehatan Kulit 17 Desember 2020 . Waktu baca 6 menit

Benarkah Vitamin C Bisa Membuat Warna Kulit Lebih Cerah?

Banyak orang menjalani suntik vitamin C dan memakai produk berbahan vitamin C untuk memutihkan kulit. Tapi apa benar vitamin C bisa mencerahkan kulit?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Kesehatan 24 November 2020 . Waktu baca 4 menit

Agar Tidak Keliru, Ketahui Aturan Pemberian Vitamin untuk Anak

Ada banyak vitamin anak yang dijual di pasaran. Namun, perlukah pemberian vitamin untuk anak? Seberapa penting vitamin untuk kesehatan si kecil?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Anak 6-9 tahun, Gizi Anak, Parenting 15 November 2020 . Waktu baca 10 menit

Bantu Cegah Penyakit, Ini Peran Vitamin C, D, dan Kalsium di Sistem Imun

Demi fungsi sistem imun yang optimal, tubuh butuh asupan nutrisi termasuk vitamin dan mineral. Ketahui peran nutrisi untuk dukung sistem imun dan sumbernya.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Roby Rizki
Nutrisi, Hidup Sehat 1 November 2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

manfaat dan kandungan nutrisi buah matoa

Kenalan dengan Buah Matoa, Si Manis yang Punya Segudang Manfaat

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. William
Dipublikasikan tanggal: 4 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit
gejala demam berdarah dbd pada anak

Berbagai Gejala Demam Berdarah atau DBD yang Tidak Boleh Diabaikan

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 2 Februari 2021 . Waktu baca 8 menit
vitamin untuk otak

Daftar Nutrisi dan Vitamin yang Bisa Bantu Menjaga Kesehatan Otak

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 6 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
minum vitamin pagi atau malam

Lebih Baik Minum Vitamin Pagi Hari atau Malam Hari?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Dipublikasikan tanggal: 5 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit