home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Apakah Kebutuhan Vitamin C dalam Tubuh Meningkat saat Sakit atau Sama Saja?

Apakah Kebutuhan Vitamin C dalam Tubuh Meningkat saat Sakit atau Sama Saja?

Kebutuhan asupan nutrisi per hari tetap perlu dijaga. Daya tahan tubuh membutuhkan nutrisi agar tetap bekerja aktif melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit. Salah satu nutrisi yang dikenal dapat meningkatkan sistem imun adalah vitamin C. Namun, apakah kebutuhan vitamin C dalam tubuh bertambah ketika sakit? Simak penjelasannya berikut ini.

Berapa banyak kebutuhan vitamin C harian pada umumnya?

kebutuhan vitamin c

Tubuh tidak dapat memproduksi vitamin C sehingga Anda perlu mengonsumsi sumber makanan yang mengandung nutrisi ini. Fungsi vitamin C dalam tubuh di antaranya:

  • Menjaga fungsi sistem imun
  • Penyerapan zat besi
  • Kesehatan kulit

Berdasarkan RDA (Recommended Dietary Allowance), total kebutuhan vitamin C harian dalam tubuh adalah 90 miligram untuk laki-laki dan 75 miligram untuk wanita.

Lalu apakah kebutuhan vitamin C saat sakit jadi meningkat?

Dari sebuah jurnal yang diterbitkan pada tahun 2017 menyatakan, sejumlah penelitian yang dilakukan pada berbagai spesies hewan menemukan bahwa vitamin C dapat membantu mencegah dan mengurangi infeksi yang disebabkan oleh bakteri atau virus.

Karena tak hanya satu spesies hewan saja yang menjadi objek penelitian, besar kemungkinan manfaat vitamin C juga dapat mempengaruhi risiko dan keparahan sebuah infeksi pada manusia.

Dalam jurnal tersebut, Dr. Harri Hemila menganalisis dua hasil penelitian yang mencari tahu hubungan antara dosis vitamin C dan durasi dari saat sakit atau lebih spesifiknya saat pilek.

Kedua penelitian menunjukkan terdapat hubungan penting antara dosis vitamin C dan durasi saat seseorang sakit. Menambah asupan vitamin C sebanyak 6-8 gram per hari ternyata dapat mempercepat proses pemulihan.

Maka dari itu, bukan tidak mungkin jika mengonsumsi vitamin C harian dalam jumlah yang lebih tinggi akan semakin membantu mempercepat penyembuhan saat sakit pilek.

Mengapa vitamin C dapat bantu tubuh pulih lebih cepat saat sakit?

kombinasi vitamin c dan echinacea

Perlu diingat, vitamin C dapat membantu pemulihan saat sakit tetapi tidak dapat mencegah sebuah penyakit.

Menambah asupan vitamin C dapat memberikan manfaat seperti mengurangi gejala yang dirasakan saat sakit dan mempersingkat pemulihan rata-rata hingga 8% pada orang dewasa dan 14% pada anak-anak. Namun Anda perlu mendapat asupan vitamin C, misalnya dari suplemen, secara rutin dan bukan saat sakit saja.

Ketika sebuah infeksi terjadi dalam tubuh, kadar vitamin C dalam sistem imun secara cepat akan menurun. Secara logika, kebutuhan vitamin C dalam tubuh jadi meningkat.

Pada kondisi sebaliknya, kekurangan vitamin C juga dapat membuat sistem imun melemah dan meningkatkan risiko terjadinya infeksi.

Dengan alasan tersebut, menambah asupan vitamin C saat sakit karena terjadi infeksi merupakan langkah yang tepat.

Apakah aman menambah asupan vitamin C harian?

Pada umumnya, vitamin C yang berasal dari makanan seperti buah dan sayur pasti aman untuk tubuh. Untuk sebagian besar orang, tambahan asupan vitamin C dari suplemen dalam dosis yang direkomendasikan ahli medis atau dokter juga termasuk aman.

Jika berinisiatif untuk menambah asupan vitamin C harian dengan mengonsumsi suplemen, batas dosis tertinggi vitamin C untuk orang dewasa adalah 2000 miligram. Apabila Anda melebihi batas tersebut, risiko gangguan kesehatan akan meningkat, contohnya seperti batu ginjal, mual, dan diare.

Anda perlu memenuhi kebutuhan vitamin C dalam tubuh setiap hari. Hal ini dikarenakan ketika sakit, vitamin C dapat membantu meringankan gejala dan mempercepat pemulihan asalkan Anda sudah rutin menambah asupan vitamin C.

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Harvard Health Publishing. (2017, January 13). Can vitamin C prevent a cold? – Harvard Health. Retrieved April 17, 2020, from https://www.health.harvard.edu/cold-and-flu/can-vitamin-c-prevent-a-cold

ScienceDaily: University of Helsinki. (2017). Larger doses of vitamin C may lead to a greater reduction in common cold duration. Retrieved April 17, 2020, from https://www.sciencedaily.com/releases/2017/03/170330115246.htm

Gunnars, K. (2018, April 24). Vitamin C for Colds — Does It Actually Work? Retrieved April 17, 2020, from https://www.healthline.com/nutrition/does-vitamin-c-help-with-colds#section2

Robinson, J. (Ed.). (2007). Vitamin C for the Common Cold. Retrieved April 17, 2020, from https://www.webmd.com/cold-and-flu/cold-guide/vitamin-c-for-common-cold#1

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Roby Rizki Diperbarui 28/01/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto
x