home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

7 Makanan untuk Mempercepat Pembakaran Lemak

7 Makanan untuk Mempercepat Pembakaran Lemak

Metabolisme tubuh Anda menentukan seberapa cepat tubuh Anda membakar kalori yang masuk. Semakin lambat metabolisme, semakin lama pula kalori dan lemak di dalam tubuh dibakar. Ini tentu menghambat tujuan Anda jika ingin menurunkan berat badan.

Namun tahukah Anda bahwa beberapa makanan berikut dipercaya bisa meningkatkan metabolisme tubuh, yang pada dasarnya dapat membantu Anda membakar lemak dan menjaga tubuh untuk tetap sehat? Makanan apa saja? Simak di bawah ini.

1. Dada ayam

Salah satu cara yang paling menarik untuk meningkatkan metabolisme Anda adalah dengan menambahkan massa otot. Men’s Fitness menjelaskan bahwa otot terbuat dari jaringan dengan tingkat aktivitas tinggi yang menuntut lebih banyak dalam mempertahankan energi dibandingkan lemak. Dada ayam baik untuk metabolisme, karena ia memiliki lemak yang rendah, dan juga mengandung nutrisi penting untuk membantu Anda pulih lebih cepat antara beberapa sesi olahraga

2. Green tea

Green tea atau teh hijau merupakan salah satu makanan terbaik dalam meningkatkan metabolisme. Teh hijau kaya akan EGCG dan flavonoid, keduanya merupakan antioksidan yang dapat memicu metabolisme. Dosis kecil kafein dalam teh akan merangsang sistem saraf pusat, dan itu akan mempercepat tubuh Anda membakar kalori.

3. Produk susu rendah lemak

Produk susu rendah lemak kaya akan kalsium dan memainkan peran penting dalam regulasi metabolisme energi. Sumber kalsium yang sangat baik adalah susu, keju, dan yogurt rendah lemak. Makanan ini menyediakan nutrisi tambahan yang sangat penting untuk kesehatan dan untuk meningkatkan pemecahan lemak, sehingga dapat membantu menurunkan berat badan. Selain itu, produk susu rendah lemak juga mengandung protein berkualitas tinggi yang dapat membantu menekan nafsu makan. Makanan protein berkualitas tinggi mengandung semua asam amino yang membentuk blok bangunan protein. Sebaliknya, kekurangan kalsium dalam tubuh dapat memicu pelepasan hormon kalsitriol, yang dapat merangsang penyimpanan lemak

4. Cabai

Jika makanan Anda pedas, itu baik untuk metabolisme Anda. Cabai merah dan hijau mengandung capsaicin, yaitu zat gizi yang memberikan rasa pedas. Capsaicin akan membuat tubuh Anda membakar kalori jauh lebih banyak setelah Anda selesai makan. Anda akan mendapatkan detak jantung dan metabolisme bergerak lebih cepat akibat nutrisi pedas yang menakjubkan ini.

5. Ikan

Ikan seperti sarden, salmon, tuna, dan mackerel yang kaya asam lemak omega-3 ini memiliki efek positif pada metabolisme. Menurut American Heart Association, orang harus makan ikan yang berlemak setidaknya 2 kali seminggu. Satu porsi tunggal ikan matang adalah 3,5 ons. Satu porsi sarden sebanyak 3,2 ons memberikan 1,34 gram atau 55,8% dari harian nilai asam lemak omega-3. Satu porsi ikan salmon sebanyak 4 ons memberikan 1,47 gram atau 61,2% dari nilai harian asam lemak omega-3. Satu porsi ikan tuna sebanyak 4 ons memberikan 0.33 gram atau 13,8% dari nilai harian yang direkomendasikan untuk asam lemak omega-3.

Jenis-jenis ikan tersebut dapat meningkatkan kadar enzim pembakar lemak dan menurunkan enzim penyimpanan lemak. Selain itu, asam lemak omega-3 dapat menurunkan kadar leptin (hormon pengendali berat badan) pada tubuh, sehingga memungkinkan tubuh Anda untuk membakar kalori lebih cepat.

6. Buah-buahan

Buah-buahan seperti blueberry dan stroberi yang tinggi serat dapat membantu Anda membakar lemak lebih banyak dengan memindahkan makronutrien melalui sistem pencernaan. Asupan serat harian yang direkomendasikan adalah 38 gram untuk pria dan 25 gram untuk wanita hingga usia 50 tahun.Secangkir blueberry mentah mengandung 3,6 gram serat, sehingga hal itu memenuhi 14% serat harian wanita dan 9% serat harian pria. Satu cangkir irisan stroberi mengandung 3,3 gram serat, yang dapat memenuhi serat harian sebanyak 17% untuk wanita dan 11& untuk pria.

Makanan yang banyak mengandung vitamin C seperti buah jeruk dapat membantu tubuh Anda membakar lemak dengan cepat dan meningkatkan metabolisme. Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti Scripps Clinic, buah jeruk termasuk limau, lemon, jeruk, dan grapefruit memiliki sifat kimia yang dapat membantu menurunkan kadar insulin, sehingga dapat membantu penurunan berat badan. Buah-buahan ini juga sarat dengan kalsium, folat, serat, vitamin A, dan vitamin C. Selain itu, ia juga dikemas dengan phytochemical kuat yang memainkan peran penting dalam perkembangan sistem kekebalan yang kuat.

7. Sayuran

Seperti gandum utuh, bayam juga memiliki serat yang sangat baik untuk tubuh. Bayam menawarkan beberapa nutrisi penting lainnya yang dapat membantu meningkatkan pembakaran kalori, terutama zat besi. Mineral tersebut mengirim oksigen melalui darah, sehingga penting untuk meningkatkan metabolisme. Selain bayam, brokoli dan sayuran hijau gelap lainnya juga banyak mengandung klorofil, yang merupakan salah satu nutrisi untuk meningkatkan metabolisme.

BACA JUGA:

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

The Best Foods to Eat to Boost Your Metabolism and Burn Fat http://healthyeating.sfgate.com/foods-eat-boost-metabolism-burn-fat-5405.html. Accessed August 18, 2016.

Top 10 Foods that Boost Metabolism https://www.healthambition.com/foods-that-boost-metabolism/. Accessed August 18, 2016.

10 Nutritious Foods That are Metabolism Boosters http://www.cheatsheet.com/life/top-10-foods-to-boost-your-metabolism.html/?a=viewall. Accessed August 18, 2016.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Adinda Rudystina Diperbarui 18/12/2020
Ditinjau secara medis oleh dr. Andreas Wilson Setiawan