home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Mana yang Lebih Sehat, Daging Ayam Kampung Atau Ayam Negeri?

Mana yang Lebih Sehat, Daging Ayam Kampung Atau Ayam Negeri?

Daging ayam adalah sumber protein yang baik. Ditambah lagi dengan kandungan lemak yang cenderung lebih rendah ketimbang daging sapi. Nah, saat Anda membeli daging ayam, jenis ayam apa yang Anda pilih? Apakah daging ayam kampung atau ayam negeri? Keduanya ternyata punya kandungan gizi yang berbeda. Lantas dari dua jenis ayam tersebut, manakah yang lebih sehat?

Perbedaan ayam kampung dan ayam negeri

Cara pemeliharaan ayam

Ayam kampung dipelihara oleh peternak dengan dilepas bebas. Ayam akan mencari makannya sendiri atau peternak akan memberikan makan biasa seperti sisa nasi kering. Ayam kampung dipelihara tanpa diberi perlakuan khusus. Ayam kampung bisa dipanen setelah enam bulan.

Sementara ayam negeri dirawat atau dipelihara oleh peternak dalam kandang atau ruangan besar. Ayam ini dirawat dan dipelihara dengan perlakuan khusus agar mendapatkan hasil daging yang unggul.

Biasanya peternak akan memberikan suntik hormon pertumbuhan dan antibiotik pada ayam negeri ini. Antibiotik diberikan untuk menghindari ayam dari bakteri yang dapat mengganggu pertumbuhannya.

Hormon dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan secara cepat. Tidak hanya ukuran yang dapat membesar dengan cepat, ayam yang disuntik hormon menghasilkan telur lebih banyak.

Hal ini tentu saja dapat menguntungkan pihak produsen atau peternak karena tidak perlu menunggu waktu yang lama untuk dapat melakukan panen dan dapat mengurangi biaya ternak. Berbeda dengan ayam kampung, ayam jenis ini sudah bisa dipanen setelah tiga bulan.

Kandungan nutrisi daging ayam

Sebenarnya jika dibandingkan dengan kandungan nutrisi seperti kalori dan proteinnya, kedua jenis ayam ini tak jauh berbeda. Keduanya sama-sama merupakan sumber protein yang baik. Kedua daging ini juga mengandung mineral penting untuk tubuh seperti kalsium, fosfor, zat besi, dan beberapa vitamin seperti vitamin A dan vitamin B1.

Nah, untuk kandungan lemaknya sendiri mungkin daging ayam negeri cenderung lebih banyak memiliki lemak karena selama diternakkan diberikan suntikan hormon. Tentu hal ini akan memengaruhi kadar lemak dalam daging ayam.

Kandungan lemak juga tergantung dengan pakai kulit atau tidak. Daging ayam dengan kulit, entah itu ayam kampung atau negeri, memiliki 50 kalori lebih besar ketimbang daging tanpa kulit.

Lalu daging ayam mana yang lebih sehat?

Kedua jenis ayam ini merupakan sumber protein yang baik dan dibutuhkan oleh tubuh. Namun karena proses pemeliharaan dan perawatan ayam negeri yang disuntik hormon dan antibiotik, membuat manfaat kesehatan dari jenis ayam ini diragukan.

Suntik hormon dan antibiotik pada ayam negeri dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Hormon yang sering disuntikkan ke ayam adalah hormon steroid, berupa estrogen, progesteron, dan testoteron.

Pada manusia, hormon tersebut merupakan hormon yang mengatur dan berhubungan dengan sistem reproduksi. Oleh karena itu, memakan daging yang mengandung hormon dapat mengganggu kesehatan, khususnya kesehatan reproduksi.

Efek dari mengonsumsi ayam yang disuntik dapat mempercepat pubertas pada anak perempuan, meningkatkan risiko terkena kanker payudara dan risiko kanker prostat pada pria.

Cara memasak daging ayam juga memengaruhi kandungan gizinya

Meski begitu, terlepas dari cara perawatan ayam tersebut, yang bisa membuat daging ayam lebih sehat atau tidak adalah bagaimana cara Anda mengolahnya.

Daging ayam memang lebih rendah kandungan lemaknya dibandingkan dengan daging sapi. Namun, tetap saja daging ini mengandung lemak. Kandungan lemak pada daging ayam banyak terdapat pada bagian bawah kulitnya. Sebaiknya Anda mengolah daging ayam tanpa kulit untuk mengurangi kadar lemak berlebih.

Selain itu, untuk mengurangi lemak dari ayam, Anda bisa memilih teknik memasak seperti mengukus, memanggang, atau menumisnya, dibandingkan dengan menggoreng. Karena minyak yang dipakai untuk menggoreng juga menyumbang kadar lemak dan kalori yang tinggi pada daging tersebut.

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Data Komposisi Pangan Indonesia http://www.panganku.org/id-ID/view diakses 28 Maret 2018.

Organic or Free Range- Is There a Difference? http://organictrust.ie/info/organic_or_free_range_is_there_a_difference diakses 28 Maret 2018

The Burning Question: Do I Need to Buy Organic Chicken? http://www.health.com/health/article/0,,20480417,00.html diakses 28 Maret 2018

When you hit the poultry aisle while doing the grocery shopping, should you go organic, or do you opt for free-range or neither? http://www.news.com.au/lifestyle/food/organic-versus-free-range-whats-eating-your-chicken-choice/news-story/99fe1ea9a0c6604096ff8ed257b3d7fd diakses 28 Maret 2018

Hormones in Our Poultry: Is It for Real? https://www.uaex.edu/publications/pdf/FSA-8007.pdf diakses 29 Maret 2018.

The Effects of Growth Hormones in Food. http://www.livestrong.com/article/98816-effects-growth-hormones/ diakses 29 Maret 2018.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Andisa Shabrina Diperbarui 18/12/2020
Ditinjau secara medis oleh dr Damar Upahita
x