Mana yang Lebih Sehat, Makan Saat Lapar atau Sebelum Lapar?

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 18 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Rasa lapar pada dasarnya merupakan suatu mekanisme tubuh untuk memberikan sinyal bahwa energi tubuh sudah mulai berkurang, sehingga perlu diisi kembali dengan mengonsumsi bahan makanan. Meskipun demikian, masih terdapat berdebatan kapankah sebaiknya kita makan, apakah saat lapar atau sudah harus makan sebelum lapar?

Bagaimana lapar dapat terjadi?

Rasa lapar dipicu oleh hormon yang berasal dari saluran pencernaan yaitu leptin dan ghrelin. Perubahan kadar keduanya disesuaikan dengan ketersediaan cadangan makanan dalam tubuh. Hormon ghrelin adalah pemicu rasa lapar dan keinginan makan. Kadarnya meningkat sebelum makan dan akan turun beberapa jam setelah makan. Sedangkan hormon leptin merupakan pemicu rasa kenyang yang kadarnya meningkat saat energi tubuh sudah terpenuhi dari makanan, sehingga dapat memberikan rasa kenyang.

Baik makan saat lapar ataupun sebelum lapar merupakan metode mengatur pola makan, sehingga tidak terlalu mempengaruhi penyerapan makanan. Hal yang membedakan antara keduanya adalah efek tubuh terhadap rasa lapar dan bagaimana respon kita terhadap rasa lapar tersebut.

Manfaat makan hanya saat merasa lapar

Terdapat dua alasan mengapa pola makan kita sebaiknya hanya mengikuti rasa lapar

Membatasi kalori harian – rekomendasi untuk makan hanya saat sedang lapar, bertujuan untuk mengurangi konsumsi kalori harian, terutama bagi orang yang sedang menjalani diet. Bagi beberapa orang, memakan makanan bukan dipicu oleh rasa lapar, namun melainkan akibat ketagihan makanan manis atau asin serta kebiasaan mengemil, sehingga mengonsumsi kalori berlebih dari yang dibutuhkan. Meskipun sedikit sulit, namun cara ini juga bermanfaat dalam mengubah kebiasaan mengemil pada seseorang.

Menyesuaikan kalori yang dikeluarkan untuk beraktivitas – mekanisme lapar hanya terjadi saat tubuh kekurangan energi, sehingga saat lapar merupakan waktu yang tepat untuk kembali mengisi energi. Konsumsi kalori lebih mungkin diperlukan saat banyak melakukan kegiatan yang melibatkan aktivitas fisik dan kemampuan berpikir dalam sehari. Sehingga, hanya makan saat lapar adalah metode mengatur pola makan yang tepat jika Anda kurang aktif terutama dalam beraktivitas fisik.

Meskipun demikian, kita juga perlu mengenali rasa lapar dan memastikannya hal tersebut bukanlah sekadar “ngidam” untuk memakan sesuatu. Hal ini dapat dilakukan dengan tidak langsung memutuskan untuk mengambil makanan, melainkan menunggu sekitar 10 – 15 menit. Jika tidak ada tanda merasa lapar seperti penurunan konsentrasi dan suara perut, atau jika rasa lapar kemudian hilang, artinya Anda tidak benar-benar merasa lapar.

Manfaat makan sebelum lapar

Terdapat beberapa alasan mengapa mengonsumsi makanan sebelum tubuh memberikan sinyal lapar itu lebih baik, di antaranya:

Merespon rasa lapar lebih bijak – pada kenyataannya, rasa lapar sering kali mempengaruhi keputusan kita dalam memilih makanan. Saat merasa sangat lapar, kita cenderung memilih makanan yang dengan rasa yang kuat seperti manis, asin dan berlemak, hal ini dapat memicu ketagihan dan memakan makanan berlebih. Sebaliknya, makan sebelum lapar juga akan mempengaruhi penilaian tentang makanan yang akan dikonsumsi dan membuat kita lebih mudah memilih makanan yang lebih sehat.

Mengurangi risiko makan terlalu cepat –  di samping mempengaruhi keputusan dalam pemilihan makanan, makan sebelum lapar juga mempengaruhi bagaimana seseorang menikmati makanan. Seseorang yang makan sebelum lapar lebih mungkin untuk makan perlahan dan berhenti makan lebih cepat karena kadar hormon ghrelin belum terlalu tinggi.

Baik untuk memperbaiki jadwal makan – kesibukan dan banyaknya aktivitas sering kali membuat kita melewatkan waktu makan. Meskipun sering kali tidak merasa lapar, hal ini tetap berdampak buruk bagi kesehatan dan mempengaruhi kinerja tubuh. Hal ini dapat diperbaiki dengan makan sebelum lapar namun sesuai jadwal pada waktu pagi, siang dan sore.

Jadi, mana yang lebih baik?

Masing-masing metode mengatur pola makan mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing sehingga harus disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing individu. Makan hanya saat lapar kemungkinan akan sulit bagi beberapa orang, termasuk yang mengalami sindrom metabolik sepeti diabetes atau mengalami obesitas, karena tubuhnya lebih “kebal” terhadap hormon rasa kenyang atau leptin. Selain itu, kualitas nutrisi harus diperhatikan dalam menerapkan keduanya dengan konsumsi makanan berserat dan tinggi protein untuk mempertahankan rasa kenyang dalam waktu yang cukup.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

7 Resep Kreasi Kale yang Bukan Cuma Salad

Tertarik ingin mulai makan kale, tapi banyak restoran yang hanya menyediakan salad? Kenapa tidak coba buat sendiri kreasi lauk-pauk lezat di rumah.

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Resep Sehat, Nutrisi 22 Desember 2020 . Waktu baca 11 menit

Daftar Makanan Sumber Energi yang Tak Akan Bikin Gemuk

Jika Anda masih ingin berdiet ria tanpa harus kehabisan tenaga, beragam pilihan makanan sumber energi ini tetap aman untuk dimakan tanpa harus takut gemuk.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Fauzan Budi Prasetya
Fakta Gizi, Nutrisi 22 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit

6 Makanan Paling Sehat untuk Sarapan

Saat sarapan, yang penting bukan porsinya, tapi apa yang kita makan. Pastikan salah satu (atau lebih) makanan ini ada di menu makan Anda setiap pagi.

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Tips Makan Sehat, Nutrisi 22 Desember 2020 . Waktu baca 7 menit

6 Buah yang Sebaiknya Dihindari Saat Sarapan

Buah memang baik untuk kesehatan, tetapi ada buah yang perlu Anda hindari pada waktu tertentu. Apa saja buah yang perlu dihindari saat sarapan?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Tips Makan Sehat, Nutrisi 21 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

olahraga untuk mantan penderita sembuh dari pasien kanker survivor

Panduan Olahraga untuk Mantan Penderita Kanker

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
makanan untuk penderita maag makanan untuk penderita asam lambung

11 Makanan dan Minuman Terbaik untuk Penderita Sakit Maag

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 11 Januari 2021 . Waktu baca 8 menit
4 Alternatif Pengganti Kopi Anda di Pagi Hari

4 Alternatif Sehat Pengganti Kopi di Pagi Hari

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Monika Nanda
Dipublikasikan tanggal: 5 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
sarapan tidak sehat

5 Jenis Makanan yang Sebaiknya Dihindari Saat Sarapan

Ditulis oleh: Monika Nanda
Dipublikasikan tanggal: 30 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit