home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Diet Kenyang, Rahasia Dewi Hughes Pangkas BB Sampai 80 Kilogram

Diet Kenyang, Rahasia Dewi Hughes Pangkas BB Sampai 80 Kilogram

Masih ingat dengan Dewi Hughes, presenter kondang yang dulu menghiasi TV? Penampilannya bikin pangling karena berhasil menurunkan berat badannya dari 150 kg menjadi 75 kg dalam setahun. Penasaran seperti apa caranya diet ala Dewi Hughes?

Awalnya karena saraf kejepit dan sering pusing

mengatasi saraf terjepit hamil

Sudah bukan rahasia umum lagi berat badan yang terus dibiarkan naik berisiko menyebabkan penyakit. Inilah yang sempat dialami oleh Dewi Hughes dalam beberapa tahun belakangan.

Tergolong obesitas, presenter reality show lawas “Mimpi Kali Yee” ini dulunya sering mengalami pusing kambuhan dan sakit pinggang akibat saraf terjepit yang tidak mempan diobati dengan pereda nyeri. Sakitnya bahkan membuat Dewi harus bed rest total.

Saraf terjepit sendiri bisa terjadi ketika saraf menerima terlalu banyak tekanan dari jaringan di sekitarnya, seperti tulang, tulang rawan, otot, atau tendon. Salah satu faktor risikonya yakni kondisi obesitas.

Maka dari itu, untuk mengatasi masalah sarafnya, orang-orang yang obesitas sering dianjurkan untuk menurunkan berat badan agar lemak dan otot di tubuh tidak memberi tekanan ekstra pada saraf.

Hal ini juga dialami oleh Dewi Hughes. Dari sanalah ia akhirnya menjalani diet rendah karbohidrat secara ketat, tapi sayangnya tidak kunjung membuahkan hasil yang berarti.

Berangkat dari kegagalan ini, Dewi Hughes mulai bertekad mengubah pola pikirnya secara keseluruhan dengan merancang sendiri program diet kenyang yang sukses memangkas drastis berat badannya.

Diet ala Dewi Hughes dibantu dengan hipnoterapi

diet ala dewi hughes
Sumber: Instagram @hughes.dewi

Perempuan kelahiran Bali 2 Maret 1971 ini berinisiatif membuat program ‘diet kenyang’ dengan memanfaatkan ilmu hipnoterapi yang pernah dipelajarinya.

Dalam kasus Dewi Hughes sekarang, hipnoterapi digunakan dengan tujuan mengubah kebiasaan makannya menjadi lebih sehat. Ia berpendapat bahwa jika ingin sukses menurunkan berat badan, tekad harus berakar dari kekuatan pikiran yang mantap.

Hipnoterapi termasuk metode pengobatan agar seseorang mampu mengubah perilaku dan kebiasaan jangka panjangnya. Bentuk terapi ini sudah ada sejak tahun 1700-an untuk membantu mereka yang memiliki masalah dalam kebiasaan dan pola pikir.

Para praktisi mempercayai bahwa pikiran alam bawah sadar dan pikiran sadar bisa bekerja sama untuk fokus dan lebih terbuka terhadap sugesti untuk melakukan perubahan yang lebih baik.

Begitu juga untuk menurunkan berat badan. Seseorang harus mencari tahu terlebih dahulu apa tujuan yang ingin ia capai sembari menekankan tekad. Dengan cara ini, diharapkan targetnya akan lebih jelas dan lebih mudah untuk digapai.

Bagi Dewi Hughes, ia harus meluruskan pola pikirnya dengan mengubah tujuan untuk hidup lebih sehat ketimbang ingin kurus saja. Ia pun mengatakan tekad menurunkan berat badannya tidak boleh datang semata karena keinginan untuk kurus saja.

Menurutnya, karena kalau sebatas mau kurus, kita akan melakukan segala cara tanpa pikir panjang. Contohnya yakni dengan sibuk membuat daftar makanan yang dimakan dan pantangannya, batasan kalori, porsi, dan frekuensi berapa kali makannya.

Cara diet seperti itu malah rentan membuat Anda cepat menyerah di tengah jalan.

Cara diet ala Dewi Hughes untuk menurunkan berat badan

Dewi Hughes yang dulu dan sekarang (sumber: kapanlagi.com)

Setelah tahu latar belakang diet kenyang, kini saatnya kupas tuntas langkah demi langkah cara diet ala Dewi Hughes ini. Ternyata, rahasianya yakni santai saja untuk makan setiap kali merasa lapar. Jangan paksa menahan lapar.

Walau begitu, Anda harus lebih dulu bisa membedakan mana lapar palsu (false hunger) dan mana yang betulan lapar. Menu makannya juga tidak bisa sembarangan atau asal kenyang.

Sebisa mungkin tetaplah berprinsip pada pemenuhan gizi seimbang yang terdiri dari sumber karbohidrat, protein, lemak sehat, vitamin, dan mineral. Buktinya Dewi sampai saat ini tetap masih makan daging, ikan, dan telur.

Namun bedanya, selama diet kenyang ia mewajibkan diri sendiri untuk:

  • menghindari segala bentuk gula dan garam, minyak dan lemak jahat seperti dalam gorengan, bahan pengawet, bumbu instan, hingga makanan dan minuman kemasan,
  • selalu memasak makanannya sendiri,
  • memperbanyak menu lauk sayuran setiap waktu makan,
  • membiasakan makan buah segar dan/atau minum jus murni sebagai camilan setiap dua jam sekali, serta
  • mengurangi makan nasi atau tidak sama sekali; ganti dengan karbohidrat kompleks dari umbi-umbian seperti kentang dan singkong.

Buah-buahan, sayuran segar, serta umbi-umbian memang pilihan menu makan yang efektif dan tepat bagi Anda yang ingin menjaga pola makan.

Ketiganya merupakan sumber makanan tinggi serat yang tak mudah larut sehingga membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan membantu menangkis keinginan ngemil makanan manis.

Menurut Dewi, tidak ada batasan porsi makan buah dan sayur setiap hari dalam diet kenyang. Anda boleh makan buah dan sayur sebanyak mungkin hingga merasa kenyang.

Meski demikian, penting untuk Anda pahami bahwa tidak semua orang mungkin cocok untuk menjalani pola makan ini. Setiap orang membutuhkan asupan kalori dan jumlah nutrisi yang berbeda-beda.

Maka, sebaiknya konsultasi dulu dengan dokter atau ahli gizi terpercaya jika Anda ingin mengikuti diet ala Dewi Hughes.

Banyak minum air putih dan air kelapa

Rahasia diet ala Dewi Hughes yang lain yakni rajin minum air putih setiap hari. Triknya, ia minum satu gelas 30 menit setelah bangun pagi dan 1 gelas lagi dalam 30 menit kemudian.

Di sela-sela waktunya, aktris yang bermain peran di film Petualangan Sherina ini juga menyempatkan minum air kelapa murni untuk membilas racun-racun dalam tubuh.

Kunci suksesnya, menurut Dewi, yaitu bukan mau kurus, tapi mau sehat dengan menerapkan gaya hidup yang tepat. “Anggap kurus itu bonus,” tutupnya.

Simpel dan mudah, bukan? Tertarik untuk mencoba?

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Terungkap! Begini Analisa Ahli Gizi Soal Diet Kenyang Dewi Hughes. (2017). Jawa Pos. Retrieveed 24 March 2021, from https://www.jawapos.com/kesehatan/diet-fitness/21/05/2017/terungkap-begini-analisa-ahli-gizi-soal-diet-kenyang-dewi-hughes

Hypnotherapy for Weight Loss: How is it Different than Hypnosis? (2013). Wellness Institute. Retrieved 24 March 2021, from https://web.wellness-institute.org/blog/bid/258748/Hypnotherapy-for-Weight-Loss-How-is-it-Different-than-Hypnosis

Pinched Nerve. (2019). Mayo Clinic. Retrieved 24 March 2021, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/pinched-nerve/symptoms-causes/syc-20354746

What’s the Difference Between Soluble and Insoluble Fiber? (2021). Cleveland Clinic. Retrieved 24 March 2021, from https://health.clevelandclinic.org/whats-the-difference-between-soluble-and-insoluble-fiber/

 

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Ajeng Quamila Diperbarui 16/06/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Patricia Lukas Goentoro