7 Jenis Buah yang Boleh Dimakan Ketika Sakit Tipes

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 2 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Berhubung tipes merupakan jenis penyakit yang menginfeksi sistem pencernaan, Anda tidak disarankan untuk mengonsumsi makanan sembarangan. Termasuk ketika mengonsumsi buah. Ada beberapa buah yang boleh dan tidak boleh dimakan untuk penderita tipes. Apa saja? Simak ulasan selengkapnya dalam artikel ini.

Kenapa orang yang sakit tipes harus menjaga asupan makanan?

Tipes atau bahasa medisnya disebut dengan demam tifoid adalah penyakit menular yang menyerang sistem pencernaan akibat terinfeksi bakteri Salmonella typhi. Selama terserang penyakit ini, sistem pencernaan orang yang sakit tipes mengalami peradangan.

Ketika seseorang yang sakit tipes dibiarkan mengonsumsi makanan sembarangan dan tidak menjaga asupannya dengan tepat, komplikasi serius bisa saja terjadi. Komplikasi tipes paling umum adalah perdarahan di usus serta perforasi usus, yaitu kondisi ketika dinding usus muncul lubang-lubang.

Itu sebabnya, pemilihan asupan makanan yang tepat sangat penting ketika seseorang sakit tipes. Ini tidak hanya untuk menghindari komplikasi, tapi juga sekaligus mendukung pengobatan tipes agar Anda cepat pulih.

Buah yang baik untuk penderita tipes

Salah satu pantangan makanan yang tidak boleh dikonsumsi sementara waktu oleh orang yang sedang sakit tipes adalah makanan yang mengandung kadar serat tinggi. Pasalnya, makanan yang mengandung serat tinggi sulit dicerna dan dapat mengiritasi usus.

Berikut ini ada kumpulan jenis buah yang tidak mengandung serat tinggi dan aman untuk penderita tipes. Meski rendah serat, buah-buahan ini tetap mengandung vitamin dan mineral penting, sehingga bisa membantu proses pemulihan orang yang sakit tipes. Buah-buahan tersebut di antaranya:

1. Pisang

nutrisi pisang hijau vs pisang kuning

Buah pisang, terutama pisang yang sudah matang sangat baik dikonsumsi untuk orang yang sakit tipes. Tekstur pisang matang yang umumnya lembek dan lebih lembut membuat makanan ini dapat dengan mudah melewati saluran pencernaan.

Tidak hanya itu, tipes biasanya juga disertai dengan diare. Kandungan kalium dalam pisang akan membantu menggantikan elektrolit yang keluar dari tubuh Anda ketika diare.

2. Melon

rock melon australia

Melon merupakan buah yang mengandung serat paling sedikit dibanding dengan jenis buah segar lainnya. Meskipun rendah serat, melon mengandung banyak nutrisi yang tidak kalah menyehatkan.

Satu porsi buah melon (100 gram) mengandung 36 kalori dengan 3% serat pangan, 1% protein, 1% zat besi, dan 5% kalium. Berbagai kandungan tersebut bisa membantu orang yang sakit tipes untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya sehingga bisa mempercepat proses pemulihan.

3. Alpukat

alergi alpukat

Dikutip dari laman John Hopkins Medicine, alpukat adalah makanan super yang mengandung serat dan nutrisi penting. Kandungan buah tersebut dapat membantu meningkatkan fungsi pencernaan Anda yang terganggu akibat bakteri penyebab tipes.

Dalam jumlah 100 gram, alpukat mengandung 160 kalori dengan 19% lemak, 3% karbohidrat, dan 4% protein. Buah ini baik untuk Anda yang mengidap tipes karena tinggi kalori dan nutrisi, sehingga dapat membantu pemulihan kondisi kesehatan Anda.

4. Semangka

manfaat kulit semangka

Kandungan utama dalam daging buah semangka adalah air. Lantaran mengandung banyak air, semangka memilliki kandungan serat yang rendah. Ini berarti semangka merupakan buah yang baik untuk penderita tipes.

Sama halnya dengan melon, meski memiliki serat yang rendah semangka tetap mengandung sejumlah nutrisi yang tidak kalah menyehatkan dibandingkan dengan buah lainnya. Tidak hanya itu, semangka adalah sumber antioksidan yang sangat sangat baik untuk tubuh.

Kandungan air yang banyak pada buah semangka dapat menggantikan cairan dalam tubuh Anda ketika mengidap tipes. Oleh karena itu, semangka dapat mencegah Anda kehilangan terlalu banyak cairan tubuh dan mempercepat proses pemulihan.

5. Buah naga

manfaat buah naga

Buah yang satu ini memiliki daging yang lembut dan tidak memiliki rasa yang tajam, sehingga dapat menjadi pilihan untuk penderita tipes. Gejala tipes berupa tidak nafsu makan dapat Anda atasi dengan mengonsumsi buah ini.

Sehingga, buah naga bisa dengan mudah dicerna oleh orang yang sakit tipes. Selain dari teksturnya, buah naga pun memiliki kandungan nutrisi yang sangat banyak yang mempercepat proses penyembuhan orang yang sakit tipes.

Dikutip dari Cleveland Clinic, buah naga mengandung vitamin C yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh Anda. Buah naga juga dapat meningkatkan bakteri baik di usus yang dapat memperbaiki kondisi pencernaan Anda ketika sakit tipes.

6. Anggur

Buah anggur kaya akan antioksidan berupa flavonoid dan resveratrol. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Linus Pauling Institute, resveratrol dalam buah anggur bermanfaat untuk menangkal dampak yang disebabkan oleh peradangan serta pencegahan beberapa penyakit tertentu, termasuk tipes.

Sebelum mengonsumsi buah ini, pastikan anggur yang Anda makan adalah anggur manis dan sudah matang, ya.

7. Buah lainnya

konsumsi buah kognitif janin

Selain buah yang sudah disebutkan di atas, beberapa buah lain yang juga baik dikonsumsi untuk orang sakit tipes, yaitu aprikot, blewah matang, persik, jeruk manis, dan pepaya. Jika Anda mengalami sembelit, Anda bisa minum jus buah yang disaring untuk mengurangi kadar seratnya dan dibuangnya ampasnya.

Konsultasikan ke dokter atau perawat terlebih dahulu untuk memastikan buah terbaik yang bisa Anda konsumsi sesuai dengan kebutuhan Anda.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

9 Cara Jitu Mengatasi Nyeri Haid Tanpa Obat

Sebelum terburu-buru mengambil obat, ikutilah tips-tips berikut untuk mengurangi nyeri haid Anda.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Kesehatan Wanita, Menstruasi 2 Maret 2021 . Waktu baca 6 menit

5 Khasiat Minyak Daun Basil untuk Kesehatan Tubuh

Selain digunakan sebagai bumbu masak rica-rica, daun basil juga bisa diekstrak menjadi minyak yang baik untuk kesehatan tubuh Anda.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Herbal A-Z 2 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit

Tips Membedakan Sakit Perut Karena Gas dan Karena Penyakit Lain

Sakit perut merupakan gejala dari masalah pencernaan yang sering muncul. Namun, apa bedanya sakit perut karena gas dan karena penyakit lain?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Monika Nanda
Kesehatan Pencernaan, Radang Usus Buntu 2 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit

Begini Cara Memilih Multivitamin yang Aman dan Sesuai untuk Anda

Banyak jenis multivitamin yang ada di pasaran. Tapi yang manakah yang sesuai dengan Anda? Berikut cara memilih multivitamin yang tepat.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Fakta Gizi, Nutrisi 2 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit


Direkomendasikan untuk Anda

tanaman untuk kamar

Selain Mempercantik Kamar, 7 Tanaman Ini Juga Bisa Bantu Tidur Nyenyak

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 2 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit
mulut bayi berjamur

Ciri-ciri Infeksi Jamur (Oral Thrush) di Mulut Anda

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 2 Maret 2021 . Waktu baca 9 menit
Bekas luka

Cara Menghilangkan Bekas Luka dengan Langkah yang Tepat

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 2 Maret 2021 . Waktu baca 6 menit
terapi oksigen pengobatan ppok

Terapi Oksigen untuk Mengatasi Masalah Sesak Napas

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Shylma Na'imah
Dipublikasikan tanggal: 2 Maret 2021 . Waktu baca 8 menit