home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Daftar Gandum dan Biji-bijian Gluten Free untuk Penderita Penyakit Celiac

Daftar Gandum dan Biji-bijian Gluten Free untuk Penderita Penyakit Celiac

Gluten dalam makanan dapat memicu sistem kekebalan di dalam tubuh penderita penyakit celiac untuk merusak usus kecil. Sehingga, bagi Anda yang menderita penyakit celiac, Anda harus menghindari makanan tertentu yang mengandung gluten. Biji-bijian merupakan makanan yang biasanya mengandung gluten, tapi tidak semua biji-bijian. Biji-bijian apa saja yang gluten free dan masih bisa dikonsumsi penderita penyakit celiac?

Penderita penyakit celiac harus makan makanan gluten free

Penderita penyakit celiac mempunyai sistem kekebalan tubuh yang abnormal. Sistem kekebalan tubuhnya tidak dapat mengenali gluten sebagai zat makanan. Sehingga, sistem kekebalan tubuh pada penderita penyakit celiac akan bereaksi jika ada protein gluten masuk ke dalam tubuh.

Saat penderita penyakit celiac mengonsumsi makanan yang mengandung gluten, vili-vili (jaringan kecil) dalam usus bisa rusak dan menyebabkan peradangan pada lapisan usus. Hal ini membuat usus tidak dapat menyerap nutrisi dalam makanan dengan baik. Akibatnya, Anda bisa mengalami kekurangan nutrisi-nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Pada anak kecil, hal ini tentu dapat mengganggu pertumbuhan dan perkembangannya.

Biji-bijian yang harus dihindari penderita penyakit celiac

Gluten merupakan protein yang biasanya ditemukan dalam biji-bijian (tapi tidak semua), sehingga sulit bagi penderita penyakit celiac untuk memilih biji-bijian mana yang harus dihindarinya. Anda tidak bisa menghindari semua biji-bijian saat punya penyakit celiac. Karena biji-bijian termasuk sumber makanan yang penting bagi tubuh. Di dalamnya terkandung karbohidrat, berbagai vitamin dan mineral, serta serat.

Bagi Anda yang mempunyai penyakit celiac, Anda perlu mengetahui mana biji-bijian yang mengandung gluten dan mana yang tidak. Sehingga, Anda tidak perlu menghindari semua biji-bijian. Berikut ini merupakan jenis biji-bijian yang harus dihindari penderita penyakit celiac:

  • Gandum, termasuk dalam bentuk tepung gandum (tepung terigu, tepung durum, tepung, semolina, dan tepung farina), dedak gandum, biji gandum,
  • Barley
  • Rye (gandum hitam)

Mungkin mudah bagi Anda untuk bisa menghindari gluten dari biji-bijian tersebut. Namun, akan sulit bagi Anda untuk mengetahui adanya kandungan gluten pada makanan olahan. Anda mungkin perlu menanyakan makanan tersebut terbuat dari apa, dari tepung apa, memakai campuran apa saja, dan sebagainya saat ingin mengonsumsi makanan olahan, seperti biskuit, kue, kue basah, siomay, dan lainnya. Pastikan makanan olahan yang Anda makan bebas gluten atau biji-bijian yang mengandung gluten.

Bagaimana dengan oat?

Sebenarnya oat tidak mengandung gluten dan tidak membahayakan bagi banyak orang dengan penyakit celiac. Namun, biasanya proses produksi oat bersentuhan atau terkontaminasi dengan gandum, mulai dari masa panen sampai pengolahannya di pabrik (dari alat-alatnya yang sama). Jadi, bagi Anda penderita penyakit celiac dan ingin mengonsumsi oat, sebaiknya pilih produk oat dengan klaim “bebas gluten” atau “gluten-free”.

Jangan lupa untuk selalu membaca daftar “bahan-bahan” yang ada dalam kemasan produk. Pastikan produk oat atau apapun itu yang Anda beli tidak mengandung gluten.

Biji-bijian yang bisa dikonsumsi oleh penderita penyakit celiac

Beberapa jenis biji-bijian yang tidak mengandung gluten dan bisa dikonsumsi oleh Anda yang mempunyai penyakit celiac adalah:

  • Beras putih, merah, maupun hitam
  • Sorgum
  • Kedelai
  • Tapioka
  • Jagung
  • Singkong
  • Ararut atau garut
  • Soba
  • Jawawut
  • Quinoa

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Web MD. Celiac Disease-What Happens. [online] WebMD. Available at: http://www.webmd.com/digestive-disorders/celiac-disease/celiac-disease-what-happens [Accessed 11 Apr. 2017].

(2014). Grains to Avoid if you Have Celiac Disease. [online] Available at: http://www.eatright.org/resource/health/diseases-and-conditions/celiac-disease/celiacs-avoid-these-grains [Accessed 11 Apr. 2017].

Kim, S., Kerr, M., and Cherney, K. (2015). Gluten Allergies Food List: What to Avoid & What to Eat. [online] Available at: http://www.healthline.com/health/allergies/gluten-food-list?m=0#what-to-eat4 [Accessed 11 Apr. 2017].

Picco, M. F. (2015). Celiac disease diet: How do I get enough grains? – Mayo Clinic. [online] Available at: http://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/celiac-disease/expert-answers/celiac-disease/faq-20058118 [Accessed 11 Apr. 2017].

Foto Penulis
Ditulis oleh Arinda Veratamala Diperbarui 07/01/2021
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
x