Benarkah Bisa Cepat Kurus Jika Tidak Makan Setelah Jam 6 Malam?

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 18 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Bagi Anda yang sedang melakukan diet untuk menurunkan berat badan, pasti sering mendengar anjuran bahwa sebaiknya tidak makan malam setelah jam 6 sore. Sebagian besar orang percaya jika makan malam setelah jam tersebut hanya membuat angka timbangan berat badan bertambah. Tapi, apakah benar tidak makan malam setelah jam 6 sore mampu membuat diet Anda berhasil? Atau justru menghancurkan diet Anda selama ini? Berikut adalah penjelasannya.

Apa yang terjadi pada tubuh saat kita tidak makan malam setelah jam 6 sore?

Berhenti makan setelah pukul 6 sore tidak menjamin berat badan Anda akan turun. Perubahan berat badan tergantung dengan kalori yang masuk – yang Anda dapatkan dari makanan atau minuman – serta kalori yang dibakar ketika Anda melakukan aktivitas fisik atau olahraga. Sehingga, seberapapun kuatnya Anda menahan diri untuk tidak makan malam setelah jam 6 sore, berat badan Anda akan tetap saja naik jika kalori dari makanan yang masuk ke dalam tubuh lebih besar ketimbang kalori yang dipakai untuk berolahraga.

Ya, pada akhirnya berat badan Anda hanya akan turun jika Anda mengatur porsi makan serta melakukan olahraga yang teratur, jam makan bukanlah penyebab utamanya.

Bahkan sebuah penelitian menemukan bahwa mengonsumsi makanan ringan yang mengandung protein dan serat tinggi dapat membantu proses pencernaan menjadi lebih cepat dan meningkatkan pembentukan sel-sel otot tubuh. Walaupun responden dalam penelitian tersebut tidak mengalami penurunan berat badan, namun kadar lemak dalam tubuhnya berkurang dan berat badan lebih didominasi oleh massa otot.

Sedangkan studi lain yang dimuat dalam Medicine and Science in Sports and Excercise pada tahun 2012, menyebutkan makanan dan minuman yang sehat dapat membuat tidur Anda lebih nyenyak dan meningkatkan pembakaran kalori dalam tubuh.

Apakah ini artinya saya boleh makan malam setelah jam 6?

Sabar dulu, bukan berarti Anda bisa makan apapun sepuasnya di malam hari. Membatasi makan makanan di malam hari masih menjadi hal yang baik bagi kesehatan Anda. Kebiasaan makan di malam hari membuat Anda cenderung makan berlebihan. Apalagi ketika mengalami susah tidur, makanan sering menjadi pelarian orang untuk menghabiskan waktu malamnya, sehingga Anda makan tidak terkendali dan akhirnya kalori yang masuk terlalu banyak.

Hal ini adalah alasan utama mengapa makan malam bisa menaikkan berat badan. Saat malam hari, Anda akan sering mengonsumsi makanan dengan cara yang lebih santai, seperti di depan televisi, atau sambil tiduran di tempat tidur kesayangan Anda, hingga Anda tidak menyadari seberapa banyak makanan yang telah Anda makan saat itu.

Makanan seperti apa yang boleh dimakan setelah jam 6 sore?

Sebenarnya, perut Anda harus diisi ulang setiap 4-5 jam sekali – tetapi bukan dalam jumlah kalori yang besar. Jadi tidak masalah jika Anda mengonsumsi makanan ringan setelah jam 6 sore, yang terpenting adalah bagaimana cara Anda mengatur pembagian porsi kalori dalam sehari.

Apabila Anda ingin menurunkan berat badan, maka Anda harus menurunkan asupan kalori Anda hingga 500 kalori per hari. Sedangkan di malam hari, Anda dapat menyisakan 100-200 kalori untuk camilan sehat.

Makanan yang Anda bisa makan setelah jam 6 sore yaitu makanan yang mengandung protein tinggi, karbohidrat kompleks, serta serat tinggi. Hindari makanan yang mengandung gula, garam, serta lemak tinggi, seperti minuman bersoda atau cemilan yang tinggi kalori.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

7 Hal yang Bisa Terjadi Pada Tubuh Jika Anda Berhenti Minum Pil KB

Pil KB berhubungan dengan hormon. Itu sebabnya, saat Anda memutuskan untuk berhenti minum pil KB akan muncul berbagai efek samping. Apa saja?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Kesehatan Seksual, Kontrasepsi 4 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit

Kenali Tanda dan Cara Mengatasi Anak Hiperaktif

Sebagai orangtua, Anda perlu tau bedanya anak yang aktif dan hiperaktif. Yuk, kenali tanda dan cara mengatasi anak hiperaktif!

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Kesehatan Anak, Parenting 4 Maret 2021 . Waktu baca 6 menit

Mengapa Sebagian Orang Mudah Dihipnotis, Sementara yang Lain Tidak?

Anda mungkin waspada ketika berjalan sendirian, takut dihipnotis oleh orang tak dikenal. Tahukah Anda tidak semua orang mudah dihipnotis?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Penyakit Saraf Lainnya 4 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit

7 Manfaat Kesehatan yang Bisa Anda Dapat dari Buah Mangga

Kandungan mangga yang manis dan asam menyegarkan menjadikan buah musiman ini bintangnya rujak. Apa saja manfaat mangga untuk kesehatan?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Fakta Gizi, Nutrisi 4 Maret 2021 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

cara pakai termometer

Mengenal 4 Jenis Termometer yang Paling Umum, dan Cara Pakainya

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 5 Maret 2021 . Waktu baca 3 menit
apa itu lucid dream

Sedang Mimpi Tapi Sadar? Begini Penjelasan Fenomena Lucid Dream

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Dipublikasikan tanggal: 5 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit

Mata Kucing Pada Anak? Waspada Gejala Kanker Mata

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 5 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit
manfaat goji berry

5 Manfaat Goji Berry untuk Kesehatan, Termasuk untuk Diet

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 5 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit