home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Pentingnya Mindful Eating, Makan dengan Kesadaran Penuh

Pentingnya Mindful Eating, Makan dengan Kesadaran Penuh

Makan merupakan sebuah aktivitas yang pastinya Anda lakukan setiap hari, aktivitas yang selalu Anda tunggu-tunggu di pagi, siang, dan malam hari. Seringnya, Anda tidak menyadari apa saja dan berapa banyak makanan yang Anda makan hari ini, apalagi jika Anda makan sambil mengerjakan hal lain. Kebiasaan ini bahaya jika dilakukan terus-menerus karena bisa menyebabkan kenaikan berat badan yang tidak Anda sadari. Oleh karena itu, Anda perlu kesadaran saat makan, penerapan mindful eating mungkin diperlukan.

Apa itu mindful eating?

Perlu Anda ketahui bahwa makan merupakan suatu proses kompleks yang melibatkan pikiran dan organ pencernaan. Anda membutuhkan waktu sekitar 20 menit setelah makan untuk merasa kenyang. Jadi, jika Anda makan terlalu cepat, Anda lebih mungkin untuk melewatkan perasaan kenyang Anda, yang pada akhirnya Anda akan makan berlebihan sebelum Anda berhenti untuk makan. Untuk itu, Anda perlu menerapkan kesadaran penuh saat makan. Inilah yang dinamakan dengan mindful eating.

Mindful eating didasarkan pada kesadaran saat Anda makan, artinya Anda memperhatikan sepenuhnya apa saja yang Anda makan, berapa banyak, emosi Anda saat makan, isyarat fisik saat makan, dan sebagainya. Kesadaran membantu Anda untuk mengenali dan mengatasi emosi dan sensasi fisik, seperti lapar dan kenyang.

Apa yang yang jadi bagian dari mindful eating?

Mindful eating melibatkan:

  • Makan secara perlahan, artinya Anda tidak buru-buru saat mengunyah makanan
  • Makan tanpa gangguan, aktivitas yang Anda lakukan saat makan ya hanya makan saja, tidak sambil melakukan aktivitas lainnya
  • Makan hanya saat Anda merasa benar-benar lapar dan berhenti makan saat Anda merasa kenyang. Anda bisa mengetahui isyarat fisik yang diberikan oleh tubuh Anda.
  • Membedakan antara rasa lapar sebenarnya dengan rasa tidak lapar yang dapat memicu makan
  • Melibatkan indra Anda saat makan, Anda memerhatikan warna, aroma, suara, tekstur, dan rasa saat Anda makan
  • Belajar untuk mengatasi rasa bersalah dan kecemasan karena makanan
  • Tujuan makan adalah untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan
  • Memerhatikan dampak makanan terhadap perasaan Anda
  • Menghargai makanan yang Anda makan

Mindful eating dapat membantu Anda menurunkan berat badan

Banyak ahli yang sudah membuktikan bahwa mindful eating dapat membantu dalam menurunkan berat badan dan juga membantu pasien dalam menerapkan diet penyakit tertentu. Lilian Cheung, seorang ahli gizi dan dosen di Harvard School of Public Health telah membuktikan bahwa mindful eating dapat membantu menurunkan berat badan. Selain itu, Stephanie Meyers, ahli gizi di Dana-Farber Cancer Institute, juga menggunakan mindful eating dalam diet pasien kanker dengan berbagai cara berbeda.

Penelitian juga menunjukkan bahwa makan lebih lambat dan penuh kesadaran saat makan dapat membantu Anda menangani masalah berat badan dan mungkin juga bisa membuat Anda menjauh dari makanan olahan dan makanan yang kurang sehat lainnya.

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Obesity menunjukkan bahwa mindful eating dapat membantu penurunan berat badan pada orang obesitas. Hal ini dilakukan dengan cara mengubah perilaku makan dan mengurangi stres partisipan yang terlibat dalam penelitian ini.

Selain untuk mengatasi obesitas, mindful eating juga dapat diterapkan untuk mengatasi perilaku makan menyimpang, seperti binge eating. Banyak penelitian yang sependapat dengan hasil ini. Salah satunya adalah penelitian dalam jurnal Eating Behaviors yang menunjukkan bahwa mindful eating efektif dalam mengurangi binge eating dan emotional eating.

Perubahan cara pikir Anda terhadap makanan dapat mengubah kesadaran, meningkatkan kontrol diri, dan emosi positif pada saat Anda makan. Dengan cara ini, maka perilaku makan Anda bisa lebih terkontrol dan rencana Anda untuk menurunkan berat badan bisa lebih berhasil.

Bagaimana cara untuk mulai menerapkan mindful eating?

Jika Anda ingin coba menerapkannya, mulailah secara bertahap. Fokus dan melakukannya dengan kesadaran penuh pada saat makan adalah kunci dalam menerapkan mindful eating.

Berikut ini merupakan tips untuk mulai melakukan mindful eating:

  • Sebelum Anda mengambil makanan, sebaiknya tanyakan pada diri Anda sendiri apakah saat ini Anda benar-benar lapar? Apakah makanan tersebut sehat?
  • Makan dengan perlahan dan tidak terburu-buru
  • Kunyah makanan secara menyeluruh, sampai benar-benar lembut baru menelannya
  • Jauhkan gangguan pada saat makan, seperti tidak sambil menonton TV, kerja, atau memegang handphone Anda. Usahakan untuk selalu makan di meja makan untuk menghindari gangguan.
  • Diam saat makan, tidak sambil berbicara
  • Fokus pada bagaimana makanan membuat Anda kenyang
  • Berhenti makan saat Anda sudah merasa kenyang

Untuk memulainya, cobalah mulai terapkan tips tersebut satu kali sehari saat Anda makan. Jika Anda sudah berhasil melakukannya, Anda bisa tingkatkan ke lebih dari satu kali makan dalam sehari. Lama-kelamaan, kesadaran ini akan timbul lebih alami dan menjadi kebiasaan.

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Bjarnadottir, Adda. (2016). Mindful Eating 101 – A Beginner’s Guide. [online] Authority Nutrition. Available at: https://authoritynutrition.com/mindful-eating-guide/ [Accessed 17 Nov. 2016].

Harvard Health Publications. (2011). Mindful eating – Harvard Health. [online] Harvard Health. Available at: http://www.health.harvard.edu/staying-healthy/mindful-eating [Accessed 17 Nov. 2016].

Daubenmier, J., Kristeller, J., Hecht, F., Maninger, N., Kuwata, M., Jhaveri, K., Lustig, R., Kemeny, M., Karan, L. and Epel, E. (2011). Mindfulness Intervention for Stress Eating to Reduce Cortisol and Abdominal Fat among Overweight and Obese Women: An Exploratory Randomized Controlled Study. Journal of Obesity, 2011, pp.1-13. [online] Available at: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/21977314/ [Accessed 17 Nov. 2016].

Katterman, S., Kleinman, B., Hood, M., Nackers, L. and Corsica, J. (2014). Mindfulness meditation as an intervention for binge eating, emotional eating, and weight loss: A systematic review. Eating Behaviors, 15(2), pp.197-204. [online] Available at: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/24854804 [Accessed 17 Nov. 2016].

Foto Penulis
Ditulis oleh Arinda Veratamala pada 28/11/2016
Ditinjau oleh dr. Andreas Wilson Setiawan
x