Mengenal Jenis-jenis Serat dan Mana yang Terbaik untuk Diet

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 18 Desember 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Mungkin Anda sering mendengar kebaikan dan manfaat dari makanan yang mengandung serat yang tinggi. Ya, bila saat ini Anda sedang dalam program menguruskan badan, maka makanan berserat tinggi harus masuk ke dalam daftar makanan Anda. Meskipun begitu, semua orang pada dasarnya butuh asupan serat. Tapi, tahukah Anda jika serat ada berbagai macam? Berikut adalah jenis serat yang harus Anda ketahui.

Berbagai jenis serat dan fungsinya masing-masing

Serat sebenarnya termasuk ke dalam kelompok karbohidrat. Jika Anda pernah jenis karbohidrat kompleks, maka serat adalah salah satunya. Fungsi serat di dalam tubuh adalah untuk mempermudah pekerjaan organ pencernaan Anda, mengikat lemak dan kolesterol di dalam tubuh, mengendalikan gula darah, serta baik untuk membuat angka timbangan berat badan Anda stabil atau bahkan menurun.

Semua itu bisa Anda dapat bila mengonsumsi makanan berserat. Tapi sebelum itu, Anda juga harus tahu jika serat ada dalam beberapa jenis. Jenis serat juga memengaruhi bagaimana serat tersebut dicerna di dalam tubuh. Dan setiap serat mempunyai fungsinya masing-masing.

Serat larut air

Seperti namanya, jenis serat ini memang bersifat larut di dalam air. Sehingga ketika makanan yang mengandung serat larut ini dicerna, maka serat akan menyerap air dan berubah bentuk menjadi gel. Serat larut air memiliki beberapa manfaat yang spesifik seperti, menjaga kesehatan jantung karena mengikat kolesterol, mencegah kenaikan gula darah, serta membuat berat badan terkendali. Contoh makanan yang mengandung serat larut air adalah apel, kacang-kacangan, wortel, dan berbagai jenis jeruk.

Serat tidak larut air

Kebalikan dari serat larut air, justru di dalam tubuh jenis serat ini tidak menyatu dengan air dan langsung melewati sistem pencernaan. Oleh karena itu, sebagian besar serat tidak larut air dapat membantu pergerakan kotoran di dalam usus. Berbagai sumber makanan yang mengandung serat tidak larut seperti kembang kol, kentang,

Jadi jenis serat mana yang baik dan cocok untuk saya?

Dalam keadaan normal dan sehat, tentu Anda membutuhkan kedua serat tersebut, sebab masing-masing serat memiliki fungsinya sendiri pada tubuh Anda. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengonsumsi berbagai macam dan sayuran, agar kebutuhan kedua jenis serat tersebut terpenuhi.

Namun, bila Anda mengalami gangguan pencernaan tertentu seperti, diare, sembelit (sulit BAB), atau irritable bowel syndrome (IBS), Anda harus menyesuaikan sifat dari serat dengan gejala medis yang sedang dialami.

Misalnya, untuk gejala diare, maka Anda lebih baik untuk mengonsumsi makanan yang mengandung serat larut air, sebab sifat jenis serat ini yang menarik air sehingga membantu meredakan diare. Sedangkan apabila Anda mengalami susah BAB, sebaiknya Anda memakan makanan sumber serat tidak larut air. Jenis serat tidak larut akan mempermudah sisa-sisa makanan bergerak di dalam usus.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Tiba-tiba Sakit Kepala Setelah Keramas, Apa Penyebabnya?

Kalau muncul migrain atau sakit kepala setelah keramas, Anda mungkin bertanya-tanya apa artinya. Nah, ini dia berbagai penyebabnya. Simak baik-baik, ya!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan Otak dan Saraf, Sakit Kepala 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Waspada Brazilian Blowout, Teknik Meluruskan Rambut dengan Formalin

Smoothing sudah menjadi cara lama untuk meluruskan rambut. Sekarang ada tren Brazilian blowout dengan metode baru. Benarkah lebih aman dilakukan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Perawatan Rambut & Kulit Kepala, Kesehatan Kulit 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Cara Mengatasi Mimisan dengan Cepat, Mulai dari Bahan Alami hingga Obat Medis

Mimisan bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja, tapi Anda tak perlu panik. Berikut adalah berbagai obat mimisan alami yang ampuh hentikan perdarahan.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan THT, Gangguan Hidung 14 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit

5 Penyebab Bercak Putih di Puting Susu dan Cara Mengatasinya

Pernahkah Anda memiliki bintik atau bercak putih di puting susu atau sekitarnya? Tak usah khawatir, kenali penyebab dan cara mengatasinya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Kesehatan Wanita, Penyakit pada Wanita 14 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

cara merangsang istri

Untuk Para Suami, Ini 10 Trik Memanjakan Istri Agar Lebih Bergairah

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
olahraga untuk mantan penderita sembuh dari pasien kanker survivor

Panduan Olahraga untuk Mantan Penderita Kanker

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
telat datang bulan

Berapa Lama Telat Datang Bulan Dapat Menjadi Pertanda Kehamilan?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
mengatasi kesepian

5 Langkah Mengatasi Kesepian, Agar Hidup Lebih Semangat

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit