6 Keuntungan Jika Punya Postur Tubuh Ideal bagi Kesehatan

6 Keuntungan Jika Punya Postur Tubuh Ideal bagi Kesehatan

Memperbaiki postur tubuh bukan sekadar membenarkan posisi tubuh saat melakukan suatu gerakan. Ini seharusnya menjadi bagian dari hidup sehat. Sebab, postur tubuh yang ideal bisa memberikan pengaruh pada kesehatan fisik dan mental Anda. Penasaran apa saja manfaatnya memiliki postur tubuh ideal? Simak ulasannya berikut ini.

Bagaimana postur tubuh yang ideal?

efek postur tubuh buruk

Postur tubuh adalah posisi saat Anda melakukan berbagai gerakan, seperti duduk, berbaring, berdiri, berlari, dan masih banyak lagi.

Postur tubuh berfungsi untuk mengatur keseimbangan tubuh dan mencegah tubuh terjatuh akibat tarikan gravitasi.

Laura Deon, MD, psikiatris dari Rush University Medical Center, menyatakan bahwa postur tubuh yang baik dapat ditandai dengan posisi kepala yang lurus sejajar dengan panggul, tidak condong ke depan, sisi kanan, atapun sisi kiri.

Selain itu, pundak berada pada posisi turun ke bawah, sedangkan punggung, pinggul dan dengkul pada posisi netral dengan kaki berjarak selebar bahu.

Dengan begitu, berat badan tubuh bisa ditopang sama rata oleh seluruh bagian tubuh.

Manfaat memiliki postur tubuh ideal untuk kesehatan Anda

postur tubuh ideal

Ketika Anda memiliki postur tubuh yang baik dan ideal, beban serta ketegangan yang diberikan pada otot dan ligamen akan lebih sedikit.

Berikut sejumlah manfaat memiliki postur tubuh ideal pada kesehatan Anda.

1. Melancarkan pernapasan

Postur tubuh yang ideal membuat pernapasan Anda menjadi lebih lancar. Berdiri atau duduk dengan postur yang benar, memungkinkan paru-paru mengambil lebih banyak oksigen saat bernapas.

Selain itu, diafragma dan tulang rusuk lebih sedikit mendapat tekanan sehingga lebih efektif dalam mengatur aliran oksigen dan karbon dioksida ke seluruh tubuh

Sementara bila postur tubuh bungkuk saat duduk, aliran udara menjadi terhambat. Pasalnya, diafragma mendapat lebih banyak tekanan dan tulang rusuk menjadi lebih sempit menyediakan ruangan peredaran udara.

Nah, bila ini terjadi, asupan oksigen yang seharusnya Anda dapatkan menjadi berkurang. Jika dibiarkan, sel dan jaringan bisa saja kekurangan oksigen dan akhirnya muncul gangguan fungsi tubuh.

2. Menjadi lebih fokus

Pernapasan yang lebih lancar karena postur tubuh yang ideal juga bisa berefek pada otak Anda.

Saat oksigen tercukupi dengan baik, otak jadi bekerja lebih efektif sehingga Anda pun bisa lebih fokus.

Saat sore hari, biasanya stamina dan tingkat fokus akan semakin menurun. Anda mungkin akan mulai mengantuk dan menguap.

Hal ini sebenarnya tanda bahwa tubuh kekurangan oksigen. Jadi, bila postur tubuh baik dan ideal, oksigen yang masuk lebih banyak, maka Anda jadi lebih fokus meski sudah memasuki sore hari.

3. Mengurangi sakit kepala

Bila Anda sering merasakan sakit kepala tegang, postur tubuh yang buruk bisa jadi penyebabnya.

Sakit kepala ini menyebabkan adanya tekanan di sekitar dahi atau bagian belakang kepala dan leher.

Dilansir dari NHS, sakit kepala tegang biasanya disebabkan oleh ketegangan pada otot leher, otot punggung atas, dan otot pundak.

Salah satu pemicunya adalah postur kepala dan bahu yang terlalu menjorok ke depan saat duduk ataupun berdiri.

Untuk mengatasi sakit kepala ini, pastikan Anda mengatur kembali posisi tubuh Anda dengan menyamakan bahu atas dan telinga di posisi sejajar.

Selanjutnya, pijat dengan lembut area sekitar belakang telinga ke bagian bahu atas.

Regangkan kedua tangan Anda ke belakang punggung dengan tangan saling menggenggam. Ini membantu Anda mengurangi ketegangan pada otot.

4. Mengurangi pegal dan nyeri pada sendi

Memiliki postur tubuh yang buruk menyebabkan tekanan pada sendi dan otot di sekitarnya. Tekanan tersebut seiring waktu bisa menyebabkan rasa pegal, nyeri, bahkan cedera.

Biasanya, rasa pegal dan nyeri sering muncul di sekitar leher, bahu, punggung, atau pinggul. Postur berdiri yang buruk dan cara berjalan yang salah bisa menyebabkan tendinitis dan taji tumit.

Oleh karena itu, supaya tidak merasa pegal dan nyeri pada sendi, Anda sebaiknya memperbaiki postur tubuh agar lebih ideal.

Upaya ini bisa membantu meluruskan dan menyeimbangkan otot serta mengurangi tekanan pada sendi yang sering menyebabkan terjadinya cedera.

5. Mengurangi stres

Sebuah penelitian di University of Auckland menemukan bahwa duduk tegak bisa mengurangi stres dan meningkatkan semangat.

Orang yang duduk dengan tegak merasa tidak mudah lelah dan memiliki tingkat kecemasan yang lebih rendah. Mereka juga cenderung berbicara lebih banyak.

Selain dari sisi psikologis, menerapkan postur tubuh yang ideal saat duduk tegak juga bisa meningkatkan tekanan darah yang ditandai dengan tekanan nadi yang lebih tinggi.

Sementara duduk dengan posisi membungkuk bisa menimbulkan rasa bosan, mengantuk, gugup, dan takut. Bahkan, posisi tubuh ini identik sebagai gejala depresi.

6. Menjaga kesehatan leher dan pinggul

Postur tubuh yang terjaga dengan baik dan ideal bisa mencegah leher dan pinggul menjadi kaku pada posisi yang tidak normal.

Contohnya, jika Anda terlalu sering menudukan kepala, posisi pundak bisa menjadi condong ke depan. Selain itu, hal ini juga bisa memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pinggul

Kesimpulan

Peneliti sepakat bahwa memperbaiki posisi tubuh dengan benar dan ideal bisa memengaruhi banyak hal dalam tubuh, seperti hormon dan fungsi sistem saraf yang mengubah suasana hati serta meningkatkan tekanan darah.
Namun sebaliknya, jika postur tubuh buruk, maka tekanan pada otot dan ligamen akan lebih besar diberikan. Ini bisa berdampak buruk bagi kesehatan jika Anda tak kunjung memperbaiki postur tubuh.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Carla Pramudita Susanto

General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Reikha Pratiwi · Tanggal diperbarui 5 hari lalu

Iklan
Iklan
Iklan
Iklan