5 Keuntungan Jika Punya Postur Tubuh Ideal Bagi Kesehatan

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 8 September 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Memperbaiki postur tubuh bukan hanya sekadar membenarkan posisi tubuh dalam melakukan suatu gerakan. Namun, menjadi bagian dari gaya hidup sehat. Sebab postur tubuh ideal memberikan pengaruh pada kesehatan fisik dan mental Anda. Penasaran apa saja manfaatnya memiliki postur tubuh ideal? Simak ulasannya berikut ini.

Manfaat memiliki postur tubuh ideal untuk kesehatan Anda

Postur tubuh adalah posisi saat Anda melakukan berbagai gerakan, seperti duduk, berbaring, berdiri, berlari, dan masih banyak lagi. Ketika Anda memiliki postur tubuh yang baik dan ideal, beban dan ketegangan yang diberikan pada otot dan ligamen lebih sedikit.

Namun sebaliknya, jika postur tubuh buruk maka tekanan pada otot dan ligamen akan lebih besar diberikan. Ini akan berdampak buruk bagi kesehatan jika Anda tak kunjung memperbaiki postur tubuh.

Berikut manfaat memiliki postur tubuh ideal pada kesehatan Anda.

1. Melancarkan pernapasan

Postur tubuh yang baik membuat pernapasan Anda menjadi lebih lancar. Berdiri atau duduk dengan postur yang benar, memungkinkan paru-paru mengambil lebih banyak oksigen sekitar 30 persen.

Selain itu, diafragma dan tulang rusuk lebih sedikit mendapat tekanan sehingga lebih efektif dalam mengatur aliran oksigen dan karbon dioksida ke seluruh tubuh

Sementara bila postur tubuh bungkuk saat duduk, aliran udara menjadi terhambat. Pasalnya diafragma mendapat lebih banyak tekanan dan tulang rusuk menjadi lebih sempit menyediakan ruangan peredaran udara.

Nah, bila ini terjadi, asupan oksigen yang seharusnya Anda dapatkan menjadi berkurang. Jika dibiarkan, sel dan jaringan bisa saja kekurangan oksigen dan akhirnya muncul gangguan fungsi tubuh.

2. Jadi lebih fokus

Postur tubuh yang baik dapat melancarkan pernapasan, juga berefek pada otak Anda. Saat oksigen tercukupi dengan baik, membuat otak jadi bekerja lebih efektif, sehingga Anda lebih fokus.

Saat sore hari, biasanya stamina dan tingkat fokus Anda menjadi menurun. Anda mulai mengantuk dan menguap. Hal ini sebenarnya tanda bahwa tubuh kekurangan oksigen. Jadi, bila postur tubuh baik, oksigen yang masuk lebih banyak, maka Anda akan jadi lebih fokus meski sudah sore hari.

3. Mengurangi sakit kepala

Bila Anda sering merasakan sakit kepala tegang, postur tubuh yang buruk bisa jadi penyebabnya. Sakit kepala ini menyebabkan adanya tekanan di sekitar dahi atau bagian belakang kepala dan leher.

Dilansir dari Prevention, Alynn Dukart, ahli terapis fisik dan kebugaran di Mayo Clinic menjelaskan bahwa sakit kepala tegang biasanya disebabkan oleh ketegangan pada otot leher, otot punggung atas, dan otot rahang dan salah satu pemicunya adalah postur kepala dan bahu yang terlalu menjorok ke depan saat duduk.

Untuk mengatasi sakit kepala ini, pastikan Anda mengatur kembali posisi tubuh Anda dengan menyamakan bahu atas dan telinga di posisi sejajar. Kemudian, pijat dengan lembut area sekitar belakang telinga ke bagian bahu atas. Regangkan kedua tangan Anda ke belakang punggung dengan tangan saling menggenggam. Ini membantu Anda mengurangi ketegangan pada otot.

4. Mengurangi pegal dan nyeri pada sendi

Memiliki postur tubuh yang buruk menyebabkan tekanan pada sendi dan otot di sekitarnya. Tekanan tersebut seiring waktu bisa menyebabkan rasa pegal, nyeri atau bahkan cedera.

Biasanya rasa pegal dan nyeri sering muncul di sekitar leher, bahu, punggung, atau pinggul. Postur berdiri yang buruk dan cara berjalan yang salah bisa menyebabkan tendinitis dan taji tumit.

Oleh karena itu, supaya tidak merasa pegal dan nyeri pada sendi, Anda harus memperbaiki postur tubuh. Tindakan tersebut bisa meluruskan dan menyeimbangkan otot serta mengurangi tekanan pada sendi yang sering menyebabkan terjadinya cedera.

5. Mengurangi stres

Sebuah penelitian di University of Auckland menemukan bahwa duduk tegak bisa mengurangi stres dan meningkatkan semangat, sementara duduk dengan posisi membungkuk bisa menimbulkan rasa bosan, mengantuk, gugup, dan juga takut.

Peneliti sepakat bahwa memperbaiki posisi tubuh dengan benar bisa memengaruhi banyak hal dalam tubuh, seperti hormon dan fungsi sistem saraf yang mengubah suasana hati serta meningkatkan tekanan darah.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Manfaat dan Cara Mempraktikan Postur Tubuh yang Baik untuk Tulang Belakang

Mempraktekkan postur tubuh yang baik setiap hari dapat membantu Anda menjaga kesehatan punggung. Tetapi, tahukah Anda bagaimana caranya?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Kesehatan Muskuloskeletal 23 Februari 2021 . Waktu baca 7 menit

Mengenal Khasiat Adaptogen, Zat Penangkal Stres di Dalam Tanaman Herbal

Adaptogen adalah zat dalam kandungan obat herbal. Katanya sih, obat herbal dengan adaptogen punya khasiat yang banyak. Sebenarnya apa sih adaptogen itu?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Pengobatan Herbal dan Alternatif, Herbal A-Z 22 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

3 Kebiasaan Buruk di Masa Muda yang Bisa Picu Sarkopenia Saat Tua Nanti

Sarkopenia adalah hilangnya massa otot yang umum terjadi di usia senja. Usut punya usut, sarkopenia bisa disebabkan oleh gaya hidup tak sehat semasa muda.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Kemal Al Fajar
Kesehatan Muskuloskeletal, Gangguan Muskuloskeletal 19 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

Benarkah Permen Karet yang Mengandung Xylitol Bisa Cegah Gigi Berlubang?

Kandungan xylitol dalam permen karet bebas gula diklaim dapat membantu mencegah gigi berlubang. Berikut penjelasannya.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Perawatan Oral, Gigi dan Mulut 17 Februari 2021 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

gejala asam lambung

9 Cara Sederhana untuk Memelihara Kesehatan Lambung

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 2 Maret 2021 . Waktu baca 6 menit
obat vertigo

Berbagai Pilihan Obat Vertigo: Mana yang Paling Efektif?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 26 Februari 2021 . Waktu baca 12 menit
berapa kali berhubungan intim agar bisa hamil

Berapa Kali Berhubungan Intim agar Anda Bisa Cepat Hamil?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 25 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit
akibat stres dan makanan

Mengapa Stres Bisa Bikin Nafsu Makan Naik Turun?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Dipublikasikan tanggal: 25 Februari 2021 . Waktu baca 5 menit