Pilihan Obat Keseleo di Apotek dan Perawatannya di Rumah

Pilihan Obat Keseleo di Apotek dan Perawatannya di Rumah

Keseleo atau terkilir yang sering terjadi di pergelangan kaki umumnya ditandai dengan rasa nyeri, bengkak, memar, dan menurunkan kemampuan gerak. Untungnya, ada berbagai obat keseleo atau terkilir dan cara mengobati lainnya yang bisa Anda pilih pada ulasan berikut.

Obat-obatan untuk mengatasi keseleo

Pada dasarnya, tidak ada obat khusus untuk menangani keseleo. Namun, beberapa obat pereda nyeri bisa digunakan untuk mengatasi nyeri otot yang mungkin timbul akibat keseleo.

Anda bisa memilih obat pereda nyeri dalam bentuk topikal (krim, gel, atau semprot) maupun oral (minum).

Namun, melansir Harvard Health Publishing, sebuah studi pada 2020 menyebutkan bahwa cedera yang terjadi jangka pendek (nyeri yang berlangsung kurang dari empat minggu) direkomendasikan menggunakan obat topikal.

Adapun obat-obat pereda nyeri topikal yang tersedia mungkin memiliki berbagai kandungan yang berbeda dengan cara kerjanya masing-masing.

Berikut adalah berbagai kandungan obat pereda nyeri topikal yang umum digunakan untuk mengobati keselo atau terkilir, termasuk yang terjadi di kaki.

  • Diclofenac, yang biasa digunakan untuk meredakan nyeri dan peradangan pada otot akibat terkilir serta terbukti dapat meningkatkan fungsi otot, serta mempercepat waktu pemulihan.
  • Metil salisilat, merupakan analgesik topikal yang sering digunakan sebagai counterirritant, yaitu yang bertindak sebagai pengalih perhatian pada titik nyeri.
  • Menthol, sering dikombinasikan dengan metil salisilat untuk memberikan sensasi dingin dan membantu meredakan nyeri.
  • Capsaicin, senyawa yang umum ditemukan dalam cabai dan dapat memberi sensasi hangat atau panas untuk membantu mengurangi rasa sakit.
  • Aspirin atau asam asetilsalisilat, aspirin berbentuk krim dapat mengurangi reaksi peradangan dan nyeri ketika diserap ke dalam kulit.

Selain obat topikal, non-steroidal anti inflammatory drugs (NSAIDs) oral, seperti ibuprofen dan naproxen, juga dapat digunakan untuk membantu meredakan rasa sakit, peradangan, dan pembengkakan akibat keseleo.

Paracetamol atau acetaminophen juga bisa digunakan sebagai obat nyeri otot akibat terkilir.

Jika ingin menggunakan obat pereda nyeri untuk keseleo tersebut, ikutilah petunjuk penggunaannya, seperti menggunakan dosis yang tepat.

Obat keseleo ini bisa Anda beli secara bebas di apotek terdekat.

Selain konsumsi obat, bagaimana cara mengobati keseleo di rumah?

kaki keseleo atau patah tulang

Mengingat keseleo sering kali bisa ditangani secara mandiri di rumah, ada cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi keseleo selain menggunakan obat.

Cara menangani keseleo saat di rumah bisa dilakukan dengan beberapa metode berikut ini.

1. Istirahatkan bagian yang keseleo

Hal yang perlu Anda lakukan adalah mengistirahatkan bagian kaki yang terkilir dan hindari segala kegiatan yang berpotensi menyebabkan rasa nyeri otot akibat keseleo menjadi semakin parah.

Meski begitu, cobalah untuk tetap bergerak semampu Anda agar otot dan sendi tak kaku serta untuk mencegah terjadinya atrofi otot.

2. Kompres dingin dengan es

Jika keseleo, alih-alih menggunakan obat, Anda juga bisa mengompres menggunakan es yang dibungkus kain atau handuk di bagian yang sakit.

Lakukan selama 15 – 20 menit setiap 2 – 3 jam sekali paling tidak hingga 1 – 2 hari. Hindari mengompres es langsung ke bagian tubuh Anda karena berisiko menimbulkan radang dingin.

3. Gunakan perban

Jika Anda memilih untuk tidak mengonsumsi obat keseleo, cobalah untuk membalut bagian tubuh yang terkilir menggunakan perban.

Menggunakan perban saat keseleo mampu mengatasi pembengkakan yang terjadi. Namun ingat, jangan membungkus area yang terkilir terlalu ketat karena dapat menghambat sirkulasi darah.

4. Angkat bagian yang terasa sakit

Untuk membantu meredakan pembengkakan, selama 48 jam pertama setelah cedera, angkat bagian tubuh yang keseleo hingga lebih tinggi dari jantung saat Anda berbaring.

Hal ini dilakukan agar gaya gravitasi bisa membantu mengurangi pembengkakan yang terjadi dengan mengalirkan kelebihan cairan.

Kapan harus pergi ke dokter jika keseleo?

kaki bengkak setelah melahirkan

Meski keseleo bisa diatasi dengan minum obat bebas beli di apotek atau perawatan mandiri di rumah, ada beberapa kondisi yang mengharuskan Anda pergi ke dokter.

Anda disarankan untuk berkonsultasi ke dokter jika gejala keseleo yang muncul tak membaik atau semakin parah dengan cara-cara mengobati di atas.

Melansir Mayo Clinic, jika gejalanya parah, Anda mungkin mengalami kerusakan yang signifikan pada ligamen atau justru mengalami patah tulang di pergelangan kaki atau kaki bagian bawah.

Meski begitu, sebelum menentukan pengobatan yang tepat, dokter mungkin akan melakukan diagnosis terlebih dahulu. Misalnya dengan bantuan sinar-X atau MRI.

Setelah memahami tingkat keparahan dari cedera otot atau keseleo yang dialami, dokter mungkin akan melakukan perawatan atau pengobatan yang sesuai dengan kondisi.

Pada tingkatan yang parah, dokter mungkin akan menyarankan Anda untuk menjalani operasi untuk mengatasi cedera yang dialami.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Carla Pramudita Susanto

General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Ihda Fadila · Tanggal diperbarui 03/10/2022

Iklan
Iklan
Iklan
Iklan