home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Bagaimana Bekerja sesuai Passion Bisa Bantu Kesehatanmu?

Bagaimana Bekerja sesuai Passion Bisa Bantu Kesehatanmu?

Bekerja dilakukan demi memenuhi kebutuhan hidup. Namun banyak orang merasa jenuh atau merasa pekerjaan yang dilakukan tidak menyenangkan sama sekali. Sebagian dari mereka akhirnya mencoba membuka usaha atau mencari pekerjaan lain sesuai keingin. Jika pekerjaan yang dipilih tepat dan mampu bekerja sesuai passion maka bisa bermanfaat bagi kesehatan.

Manfaat bekerja sesuai passion terhadap kesehatan

Ada banyak manfaat saat bekerja di institusi pemerintahan atau perusahaan, salah satunya adalah pendapatan bulanan. Selain itu, sejumlah perusahaan juga memberi keuntungan tambahan seperti bonus tahunan dan cuti berbayar.

Namun setiap pekerjaan memiliki target dan tekanan tertentu. Apabila pekerjaan yang dilakukan tidak sesuai kegemaran, tekanan dapat menjadi beban. Oleh karena itu, penting untuk bekerja sesuai dengan passion supaya mendapatkan manfaat-manfaat di bawah ini.

1. Meningkatkan kualitas bekerja

Keterlibatan Anda dalam pekerjaan menjadi salah satu poin penting untuk mendapat manfaat dari bekerja sesuai passion. Ketika Anda menyenangi pekerjaan yang digeluti, maka Anda mampu untuk lebih berkonsentrasi saat mengerjakan tugas sehari-hari dan lebih produktif.

Anda tidak akan menjalani pekerjaan dengan setengah-tengah. Karena Anda menyenangi pekerjaan tersebut, Anda dapat mencurahkan energi untuk mendapat hasil yang Anda harapkan. Sehingga kualitas pekerjaan Anda akan lebih baik.

2. Menjalani hari dengan kebahagiaan

Tekanan tidak selalu berarti buruk. Tekanan dapat berubah menjadi tantangan yang memotivasi untuk lebih baik ketika Anda bekerja sesuai passion.

Meski sedang dihadapkan dengan tugas yang sulit, bila hati Anda bahagia, tugas tersebut tetap bisa Anda kerjakan dengan penuh semangat dan tidak terasa berat.

3. Mencegah stres

Stres merupakan sinyal bagi tubuh agar bersiap menghadapi sesuatu. Sebenarnya, stres juga bisa menjadi motivasi, seperti saat belajar untuk menghadapi ujian. Namun, reaksi stres seperti napas dan detak jantung lebih cepat serta tegang otot yang terjadi terlalu sering dapat mengganggu fungsi tubuh.

Stres kronis membuat tubuh selalu terjaga sehingga tidak pernah menerima sinyal agar kembali berfungsi dengan sewajarnya. Masalah kesehatan yang dapat terjadi karena stres kronis adalah gangguan pencernaan, gejala-gejala depresi, dan gangguan kecemasan. Bekerja sesuai passion dapat membantu Anda mencegah stres kronis saat bekerja.

4. Bantu menjaga sistem kekebalan tubuh

Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan mental, bekerja sesuai passion juga bermanfaat untuk kesehatan fisik, salah satunya adalah menjaga kekebalan tubuh.

Menjalani pekerjaan yang menyenangkan akan membuat Anda lebih bahagia. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa perasaan bahagia dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat.

Kaitan di antara keduanya sebenarnya belum diketahui secara pasti. Namun kemungkinannya, orang yang bahagia cenderung lebih sering melakukan kebiasaan yang membuat tubuh tetap sehat, misalnya menjalani pola makan sehat serta melakukan aktivitas fisik secara teratur.

5. Menurunkan risiko terserang penyakit kronis

Menurut National Institute of Mental Health, tubuh dan pikiran yang sering mengalami stres dapat meningkatkan risiko penyakit kronis.

Pada awalnya, stres meningkatkan tekanan darah. Seiring waktu, stres dan tekanan darah tinggi dapat menyebabkan masalah pada jantung. Bahaya diabetes turut membayangi seseorang dengan stres yang berlarut-larut.

Dengan demikian, bekerja sesuai passion dapat membantu melewati hari lebih mudah dan ceria. Alhasil, risiko terserang penyakit kronis juga dapat diminimalisasi. Hidup bahagia adalah salah satu kunci hidup sehat.

Bagaimana bila pekerjaan belum sesuai dengan passion?

Tak semua orang bisa mendapatkan pekerjaan impiannya dengan mudah. Bahkan, banyak orang yang belum benar-benar mengetahui passion mereka yang sesungguhnya. Mungkin sebagian dari Anda juga ada yang masih terjebak pada pekerjaan yang tidak disenangi.

Kendati demikian, bukan berarti Anda tidak bisa bahagia bila tidak bekerja sesuai dengan passion. Anda masih bisa melakukan berbagai cara yang membuat pekerjaan jadi lebih menyenangkan.

Pertama-tama, pikirkanlah hal-hal positif yang bisa Anda dapatkan dari tempat bekerja. Misalnya letak kantor yang tidak jauh dari tempat tinggal atau waktu bekerja yang tidak terlalu lama. Dengan membentuk pikiran positif, Anda tidak akan merasa terlalu buruk menghadapi pekerjaan saat ini.

Kemudian, bangunlah hubungan yang baik dengan rekan kerja Anda. Ini akan membantu Anda dalam pekerjaan, terutama bila Anda harus bekerja sama. Rekan kerja yang baik juga dapat memberi Anda semangat untuk pergi bekerja, walau tugas yang Anda dapatkan tak terlalu menyenangkan.

Meski demikian, jangan terlalu terlarut untuk menyenangkan semua kolega Anda. Anda tak perlu menghabiskan waktu atau terus berkumpul dengan kolega yang membuat Anda tidak nyaman.

Selain itu, fokuskan perhatian Anda pada tugas yang Anda senangi. Dalam satu pekerjaan, Anda tentu tak akan selamanya melakukan satu jenis pekerjaan. Bila ada satu hal yang lebih Anda sukai dalam pekerjaan Anda, bicarakanlah dengan atasan untuk menyesuaikan tugas-tugas yang akan diberikan.

Ingat, Anda boleh berhenti bila pekerjaan sudah terlalu memakan waktu, tenaga, dan mental.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Fatigue. (2015). Better Health Channel. Retrieved 16 November 2021, from https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/conditionsandtreatments/fatigue

Happiness & Health. (2011). Harvard Health Publishing. Retrieved 16 November 2021, from https://www.hsph.harvard.edu/news/magazine/happiness-stress-heart-disease/

The Happiness-Health Connection. (2012). Harvard Health Publishing. Retrieved 16 November 2021, 2020, from https://www.health.harvard.edu/healthbeat/the-happiness-health-connection

5 Things You Should Know About Stress. (n.d.). National Institute of Mental Health. Retrieved 16 November 2021, from https://www.nimh.nih.gov/health/publications/stress/index.shtml

Six Ways Happiness Is Good For Your Health. (n.d.). Greater Good. Retrieved 16 November 2021, from https://greatergood.berkeley.edu/article/item/six_ways_happiness_is_good_for_your_health

More Than Jobs Satisfaction. https://www.apa.org/monitor/2013/12/job-satisfaction(2013). American Psychological Association. Retrieved 16 November 2021, from

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Winona Katyusha Diperbarui seminggu yang lalu
Ditinjau secara medis oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.