home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Kenali Tanda-tanda Perasaan Insecure, Serta Cara Mengatasinya

Kenali Tanda-tanda Perasaan Insecure, Serta Cara Mengatasinya

Setiap orang pasti pernah mengalami rasa tidak percaya diri, ragu terhadap diri sendiri, hingga merasa insecure. Jika diartikan secara harfiah, insecure berarti rasa tidak aman, bisa karena situasi dan kondisi Anda sendiri, atau karena keberadaan orang lain di sekitar Anda. Namun, benarkah insecure memiliki makna yang sama dalam dunia medis? Simak penjelasan mengenai apa yang dimaksud dengan insecure, apa penyebab munculnya perasaan tersebut dan cara mengatasinya di bawah ini.

Apa itu insecure?

insecure

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, hampir semua orang pernah merasa insecure. Bahkan, orang yang terlihat sangat percaya diri sekalipun, mungkin pernah memiliki perasaan ini. Biasanya, perasaan ini muncul karena rasa tak percaya diri yang terus-menerus dirasakan, bisa dari satu aspek hingga berbagai aspek dalam hidup.

Rasa insecure dapat memengaruhi seseorang dalam menjalin hubungan dengan orang lain hingga melakukan pekerjaan sehari-hari. Orang yang memiliki perasaan ini mungkin akan sering berganti-ganti pasangan karena merasa pasangannya bisa sewaktu-waktu meninggalkannya atas segala kekurangannya.

Perasaan ini juga bisa menyebabkan seseorang tak melakukan tanggung jawabnya dengan baik, karena terlalu sibuk dengan perasaan tidak mampu dan tidak cakap yang sebenarnya mungkin hanya terjadi di dalam kepalanya saja.

Ya, perasaan ini membuat orang tersebut cenderung berpikiran negatif terhadap beragam aspek dalam hidupnya. Mulai dari merasa tidak pantas bergaul dengan kalangan tertentu, tidak bisa meraih tujuan hidupnya, tidak diterima di masyarakat, dan tidak ada yang memberinya dukungan.

Sering kali, perasaan insecure juga muncul bersamaan dengan rasa cemas. Saat merasa insecure dengan berbagai tantangan dalam hidup, Anda mungkin juga merasa takut, khawatir, dan ragu terhadap diri sendiri.

Hal ini membuat Anda cenderung menghindar untuk menghadapi berbagai situasi atau kondisi yang mungkin berpotensi menimbulkan rasa stres. Pasalnya, saat itu Anda merasa tidak memiliki keberanian dan kemampuan untuk menghadapinya.

Berbagai penyebab munculnya perasaan insecure

cacingan

Lalu apakah insecure bisa tiba-tiba muncul tanpa sebab? Tentu saja tidak. Perasaan ini bisa jadi muncul karena suatu hal di masa lalu yang membuat rasa percaya kemampuan diri berkurang atau bahkan hilang sama sekali. Berikut adalah beberapa kondisi yang mungkin menjadi penyebab Anda merasa insecure:

1. Terlalu fokus terhadap kekurangan diri

Setiap orang memiliki kekurangan serta kelebihan, dan tidak ada yang terlahir sempurna di dunia. Sayangnya, tidak semua orang dapat berpikir demikian, bahkan Anda mungkin salah satu orang yang tidak bisa menerima fakta tersebut.

Alih-alih mencintai diri sendiri atas kelebihan yang dimiliki, Anda memilih untuk fokus terhadap kekurangan-kekurangan tersebut. Hal ini kemudian memicu Anda untuk berusaha mengoreksi hingga mengkritik diri sendiri secara berlebihan.

Dari situlah muncul perasaan insecure, karena timbul rasa khawatir orang lain akan menyadari kekurangan-kekurangan tersebut dan memberikan kritikan layaknya Anda mengkritik diri sendiri.

2. Kebutuhan atas pujian dari orang lain

Siapa sih yang tidak senang jika diberi pujian? Anda tentu akan merasa senang dan makin percaya diri saat diberikan pujian oleh orang lain. Sebenarnya, tidak ada masalah dengan pujian yang diberikan oleh orang lain.

Namun, jika baru merasa percaya diri setelah dipuji, hal ini bisa menimbulkan perasaan insecure. Pasalnya, Anda baru percaya atas kelebihan yang dimiliki, yakin terhadap diri sendiri, setelah orang lain memberikan validasi atau mengakuinya.

Sementara itu, jika orang lain tidak menyatakan pujian seperti yang diharapkan, Anda akan merasa insecure dan ragu terhadap kelebihan yang ada pada diri sendiri. Padahal, untuk percaya dan yakin terhadap kelebihan yang dimiliki, Anda tidak harus mendapatkan konfirmasi dari orang lain terlebih dahulu.

3. Pola asuh orangtua yang salah

Menurut sebuah artikel yang dimuat pada Psychalive, pola orangtua dalam mengasuh Anda sejak kecil berperan besar terhadap muncul atau tidaknya perasaan insecure.

Perasaan ini bisa muncul jika orangtua sudah terbiasa memberikan kritikan kepada Anda sejak kecil. Bahkan, kebiasaan orangtua mengkritik diri sendiri di hadapan anak juga berpotensi menularkan perasaan insecure tersebut kepada anak.

Salah satu contohnya, ucapan orangtua, “Masa begitu saja kamu tidak bisa?” dapat memicu Anda untuk memberikan kritikan yang sama terhadap diri sendiri saat beranjak dewasa. Seolah-olah memberikan contoh bahwa hal ini wajar untuk dilakukan.

Cara mengatasi perasaan insecure

senyum bikin bahagia

Meski normal dan pasti dialami oleh setiap orang, bukan berarti perasaan ini baik untuk dipelihara. Maka dari itu, cobalah sebisa mungkin melawan insecure setiap kali perasaan itu menghantui pikiran Anda. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar bisa menghalau rasa insecure yang kerap muncul:

1. Mencari tahu dan menyelesaikan akar masalah

Untuk bisa terbebas dari perasaan ini, cari tahu apa sumber dari pikiran-pikiran tersebut. Jika mengetahui penyebab munculnya insecure, Anda tentu akan lebih mudah untuk mengatasi dan menyelesaikannya.

Contohnya, jika perasaa ini muncul karena suatu hal yang terjadi di masa lalu, cobalah untuk berdamai dengan hal tersebut terlebih dahulu. Selain itu, jika perasaan ini muncul karena terlalu sering mendengarkan kritikan tak mendasar dari orang lain, lebih baik hindari orang tersebut agar terbebas juga dari perasaan insecure.

2. Memusatkan diri terhadap kelebihan yang dimiliki

Alih-alih fokus terhadap kekurangan, lebih baik fokus terhadap kelebihan yang Anda miliki. Bahkan, jika perlu, ubah pola pikir Anda mengenai kekurangan-kekurangan tersebut. Artinya, jangan menganggapnya sebagai kekurangan, dan jadikan hal tersebut kelebihan. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah mengusir perasaan insecure.

3. Melakukan terapi jika diperlukan

Jika ternyata rasa insecure yang Anda miliki tak kunjung menghilang, cobalah untuk menjalani terapi yang mungkin dapat memberikan dampak positif terhadap diri. Terapi ini tidak selalu bersama dengan para ahli, melainkan Anda juga bisa melakukannya sendiri di rumah.

Salah satu contohnya, menuliskan perasaan insecure yang Anda alami setiap hari. Tumpahkan perasaan tersebut ke dalam tulisan. Biasanya, menulis dapat membantu Anda “melepaskan” perasaan-perasaan negatif yang mungkin selama ini menumpuk, termasuk perasaan yang tak nyaman ini.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

How to Overcome Insecurity: Why Am I So Insecure? Retrieved 13 January 2021, from https://www.psychalive.org/how-to-overcome-insecurity/

Self-Esteem Check: Too Low or Just Right? Retrieved 13 January 2021, from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/adult-health/in-depth/self-esteem/art-20047976

Insecurity. Retrieved 13 January 2021, from https://www.goodtherapy.org/blog/psychpedia/insecurity

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Annisa Hapsari Diperbarui 31/01/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Tania Savitri